Tips Memilih Layanan Fisioterapi di Jakarta

Ketika akan memilih tempat yang menyediakan layanan fisioterapi, Anda bisa untuk memilih tempat terbaik. Dimana salah satu pertimbangan pentingnya adalah dengan memilih tempat yang menawarkan peralatan yang lengkap. Ketika melakukan fisioterapi, tenaga medis atau ahli fisioterapi penting untuk menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut juga didukung dengan alat fisioterapi yang dapat digunakan. Sehingga nantinya dengan penggunaan alat tersebut akan bisa mendapatkan kondisi yang lebih baik dan juga cepat. 


Bagi Anda yang akan memilih layanan fisioterapi di Jakarta, bisa untuk mempertimbangkan tempat yang memberikan layanan dengan menyiapkan alat fisioterapi lengkap seperti berikut ini:

1. Ultrasound

Jenis alat fisioterapi pertama yang mempunyai manfaat yang dapat digunakan adalah ultrasound atau USG. Alat ini akrab dan terkenal sebagai alat untuk mendeteksi kehamilan. Akan tetapi selain manfaat tersebut, USG juga mempunyai manfaat atau kegunaan ketika melakukan fisioterapi. Dimana ultrasound mempunyai manfaat untuk memancarkan gelombang suara dengan intensitas tinggi. 

Untuk fisioterapi sendiri USG ini akan dapat untuk mengobati berbagai gangguan tulang dan otot yang terjadi. Seperti misalnya alat ini akan dapat membantu bagi yang mempunyai otot terkilir, otot tegas, dan juga cidera yang dapat terjadi karena olahraga.

2. Stimulasi listrik

Alat selanjutnya yang dapat digunakan untuk membantu layanan fisioterapi adalah stimulasi listrik dan TENS. Alat ini merupakan jenis yang akan membantu untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan. Terutama rasa sakit yang akan dialami di sekitar jaringan yang terluka. 

Stimulasi listrik dan TENS mempunyai manfaat untuk menggunakan energi listrik dengan baik. Sehingga dapat untuk merangsang sistem saraf yang akan dapat untuk dirasakan pada tubuh. Hal tersebut akan merangsang kontraksi otot yang membuatnya mengembalikan fungsi otot seperti semula.

3. Traksi

Alat selanjutnya yang bermanfaat untuk membantu fisioterapi adalah traksi. Alat ini mempunyai bentuk seperti meja dengan tenaga mekanik. Adapun untuk fungsi dari alat ini adalah dapat untuk mengobati nyeri punggung bawah dan juga nyeri leher. Sehingga akan sangat bermanfaat bagi yang merasakan masalah pada kedua bagian tersebut. 

Traksi mempunyai cara kerja dengan memisahkan sendi dan ruang diskus. Sehingga hal tersebut akan dapat mengurangi tekanan dan juga bisa meminimalisir sakit yang dirasakan. Traksi mempunyai berapa jenis yang dipunyai. Untuk pertama adalah traksi lumbal yang membuat pasien untuk berbaring di atas meja traksi. Selanjutnya dalah traksi servikal yang dapat melakukan terapi sambil duduk hingga berbaring.


4. Kompres panas

Peralatan selanjutnya yang bisa bermanfaat ketika melakukan fisioterapi adalah kompres panas. Alat ini mempunyai manfaat utama untuk pertolongan pertama saat cedera. Dengan menggunakan kompres panas akan dapat untuk meningkatkan sirkulasi darah lebih baik ke jaringan luka. Sehingga hal tersebut juga akan membantu untuk mengendurkan otot dan meredakan nyeri yang dirasakan. Kompres panas ini biasanya berisi air panas, campuran pasir, silika, dan juga tanah liat.

5. Terapi sinar

Peralatan selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan layanan fisioterapi wilayah Jakarta terbaik adalah terapi sinar. Alat ini mempunyai manfaat untuk memberikan cahaya dengan panjang gelombang. Sehingga alat ini akan dapat untuk meningkatkan proses penyembuhan jaringan menjadi lebih cepat. 

Alat terapi sinar ini juga mempunyai manfaat karena tidak akan menimbulkan rasa sakit ketika digunakan. Sehingga hal tersebut akan dapat untuk dimanfaatkan dengan baik untuk membantu proses fisioterapi menjadi lebih nyaman dan juga cepat.


Comments