Ibu Hamil Wajib Hindari Aktivitas Ini untuk Kesehatan Janin

Bagi ibu hamil muda yang suka membersihkan rumah, berhati-hatilah dalam beraktivitas. Karena ada pekerjaan rumah tangga yang tidak boleh dilakukan oleh wanita hamil muda. Beberapa pekerjaan rumah dapat membahayakan kesehatan janin dan anda.

Kehamilan menyebabkan seorang wanita bertambah berat badannya. Saat janin berkembang, begitu pula tubuh wanita hamil. Hal tersebut diyakini akan membuat ibu hamil kesulitan untuk menyeimbangkan tubuh dan leluasa bergerak, terutama saat melakukan pekerjaan rumah. 

Oleh karena itu, ada beberapa pekerjaan rumah tangga yang sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu hamil muda, antara lain:

1. Memindahkan Barang Berat

Ternyata ibu hamil tidak boleh memindahkan atau mengangkat benda berat. Menurut Asosiasi Kehamilan Amerika Serikat, mengangkat benda berat dapat meningkatkan risiko ketegangan otot, hernia, berat badan bayi lahir rendah, dan persalinan prematur.

2. Membersihkan Tempat Sampah

Wanita hamil disarankan untuk tidak membersihkan tong atau tempat sampah untuk menghindari risiko toksoplasmosis akibat paparan dari kotoran yang ada di tempat sampah. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, wanita hamil dapat menularkan toksoplasmosis ke janin sehingga berpengaruh ke kesehatan janin. Setelah lahir, bayi yang mengalami toksoplasmosis dapat mengalami gejala seperti kebutaan, kerusakan otak dan mata, serta cacat intelektual.

3. Berdiri atau Duduk yang Terlalu Lama

Berbagai pekerjaan rumah yang mengharuskan ibu hamil duduk atau berdiri terlalu lama ternyata dihindari. Pasalnya, kedua jenis aktivitas tersebut diyakini bisa menyebabkan masalah pada pembuluh darah dan pergelangan kaki yang bengkak.

4. Membersihkan Kotoran Hewan Peliharaan

Membersihkan kotoran hewan peliharaan, seperti kucing, dapat meningkatkan risiko toksoplasmosis. Seperti yang telah dijelaskan, toksoplasmosis dapat ditularkan dari ibu ke janin. Oleh karena itu, anda bisa meminta suami ataupun orang lain untuk membersihkan kotoran hewan di dalam dan sekitar rumah serta tempat yang perlu dibersihkan.

5. Aktivitas yang Memiliki Risiko untuk Jatuh

Setelah trimester pertama perut ibu hamil akan membesar. Hal itu akan mengakibatkan pusat gravitasi tubuh akan bergeser. Hindari segala macam pekerjaan rumah tangga yang dapat meningkatkan risiko terjatuh agar Anda dan janin tetap aman.

6. Aktivitas yang Mengharuskan Naik Turun Tangga

Setiap aktivitas apapun yang mengharuskan wanita hamil untuk menaiki atau menuruni tangga harus segera dihindari. Karena bertambahnya berat badan saat hamil akan menggeser pusat gravitasi tubuh, sehingga memudahkan ibu hamil kehilangan keseimbangan. Wanita hamil akan lebih mudah terjatuh saat menaiki dan menuruni tangga.

7. Mengusir Hama dengan Racun Serangga

Apakah Anda takut atau jijik dengan kehadiran hama di rumah Anda, seperti kecoa dan semut? Demi keselamatan Anda sendiri, jangan pernah mencoba membunuh mereka dengan semprotan racun serangga. Racun semprot dapat terhirup oleh wanita hamil dan menimbulkan risiko kesehatan. Minta orang lain untuk menjauhkan serangga atau hama dari rumah Anda.

8. Mengecat Rumah

Jika ibu hamil ingin mengecat dinding rumah, maka perlu menunggu hingga bayinya lahir. Hanya sedikit orang yang tahu bahwa cat yang diaplikasikan pada dinding bisa mengeluarkan asap. Menghirup asap ini dipercaya dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin.

Sebelum melaksanakan berbagai pekerjaan rumah tangga yang diperbolehkan selama hamil ataupun menghindari hal yang tidak diperbolehkan ada baiknya ibu hamil datang ke dokter kandungan dan berkonsultasi terkait hal – hal tersebut. Selain itu anda juga harus rajin – rajin mencari informasi terpercaya melalui klikdokter.com tentang kesehatan janin.


Comments

  1. Nice info. Bakalan saya ingat kalau istri udah hamil nanti.

    ReplyDelete

Post a Comment