Cara Mudah Membuat Kue Ulang Tahun Vanilla Buttercream

Ulang tahun adalah waktu untuk bernyanyi, balon, dan (tentu saja) kue. Beberapa dari kita memiliki kue favorit khusus, salah satukue yang banyak disukai yaitu kue vanilla buttercream. Meskipun ada di mana-mana disetiap toko roti, versi buatan sendiri yang terbuat ekstrak vanili ini akan membuat kalian terkejut karena rasanya tidak kalah dengan kue-kue yang biasa kita beli di toko-toko. Pada artikel kali ini kami akan memberikan resep kue ulang tahun vanilla buttercream yang bisa kalian buat sendiri dengan mudah untuk merayakan ulang tahun teman, saudara ataupun keluarga tersayang!



Bahan:

3 dan 2/3 cangkir ( 420g ) tepung kue 

1 sendok teh garam

1 sendok teh baking powder

3/4 sendok teh soda kue

1 dan 1/2 cangkir ( 345g ) mentega tawar, dilunakkan hingga suhu kamar

2 cangkir (400g ) gula pasir

3 butir telur besar + 2 putih telur tambahan , pada suhu kamar 

1 sendok makan ekstrak vanili murni

1 dan 1/2 cangkir (360ml) buttermilk, pada suhu kamar 

Vanilla Buttercream

1 dan 1/2 cangkir (345g) mentega tawar, dilunakkan hingga  suhu kamar

6 cangkir (720g) gula halus

1/3 cangkir (80ml) susu murni atau krim kental

1 dan 1/2 sendok teh ekstrak vanili murni

1/8 sendok teh garam

Instruksi:

Panaskan oven sampai 350 ° F (177 ° C). Olesi tiga loyang berukuran 9 inci, lapisi dengan kertas roti, lalu olesi kertas roti. Kertas roti membantu kue terlepas dari wajan dengan mulus.

Membuat kue:  Kocok tepung kue, garam, baking powder, dan soda kue bersamaan. Sisihkan.

Menggunakan mixer kocok mentega dan gula bersama-sama dengan kecepatan tinggi sampai lembut dan tercampur, sekitar 3 menit. Kikis sisi dan bagian bawah mangkuk dengan spatula karet sesuai kebutuhan. Kocok 3 butir telur, 2 putih telur, dan ekstrak vanili dengan kecepatan tinggi hingga tercampur, kurang lebih 2 menit. Kikis sisi dan bagian bawah mangkuk sesuai kebutuhan. Dengan kecepatan rendah mixer, tambahkan bahan kering sampai tercampur. Dengan pengaduk yang masih rendah, tuangkan buttermilk dan aduk hingga tercampur. Anda mungkin perlu mengocok semuanya dengan tangan untuk memastikan tidak ada gumpalan di dasar mangkuk. Adonan akan menjadi agak kental.

Tuang adonan secara merata ke dalam loyang kue. Timbang untuk memastikan keakuratan, jika diinginkan. Panggang sekitar 23-26 menit atau sampai kue matang. Untuk menguji kematangan, masukkan tusuk gigi ke bagian tengah kue. Jika keluar bersih, itu sudah selesai. Biarkan kue benar-benar dingin dalam loyang yang diletakkan di rak kawat. Kue harus benar-benar dingin sebelum dibekukan dan dihias

Membuat frosting:  Dalam mangkuk besar dengan mixer kocok mentega dengan kecepatan sedang sampai lembut, sekitar 2 menit. Tambahkan gula halus, susu, ekstrak vanila, dan garam dengan pengaduk. Tingkatkan ke kecepatan tinggi dan kocok selama 2 menit. Tambahkan lebih banyak gula penganan jika frosting terlalu encer, tambahkan lebih banyak susu jika frosting terlalu kental, atau sedikit garam ekstra jika frosting terlalu manis.

Merakit dan menghias: Dengan menggunakan pisau bergerigi besar, potong lapisan tipis dari bagian atas kue untuk membuat permukaan yang rata. Tempatkan 1 lapisan kue di atas dudukan kue, meja putar kue, atau piring saji Anda. Tutupi bagian atasnya secara merata dengan sekitar 1 dan 1/2 cangkir frosting. Lapisi dengan lapisan kue ke-2 dan tutupi bagian atasnya dengan sekitar 1 dan 1/2 cangkir frosting secara merata. Taburi dengan lapisan kue ketiga. Oleskan sisa frosting di seluruh bagian atas dan samping. Saya menggunakan dan merekomendasikan spatula icing untuk mengaplikasikan frosting.

Dinginkan kue setidaknya selama 1 jam sebelum dipotong. Ini membantu kue menahan bentuknya saat dipotong.

Tutupi sisa kue dengan rapat dan simpan di lemari es hingga 5 hari.

Bagaimana? Bikin kue ulang tahun sendiri semudah itu, ternyata. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog saya, ya! Terima kasih. 

Comments