Pinjaman Usaha yang Bisa Dicicil untuk Usaha Rumahan

Belakangan ini saya lihat video di salah satu aplikasi hits, tentang entrepeneur muda dengan usaha mereka yang sukses. Ngeliatnya jadi berasa ikutan semangat gitu, jadi terinspirasi untuk bikin usaha sendiri. Tapi ya itu, selain susah cari ide usaha juga susah buat cari pinjaman usaha alias modal. Modal yang terkumpul pun enggak bisa digunakan seenaknya, alias kita harus punya strategi supaya modal itu enggak habis sebelum bisa balik modal.

Soalnya saya ada pengalaman soal modal yang keburu habis sebelum balik modal, akhirnya cari pinjaman modal usaha lain, ujung-ujungnya keteteran karena belum pandai mengelola keuangannya. Berbisnis enggak semudah itu, kawan. Hicks. Tapi bukan berarti enggak bisa dipelajari sama sekali ya Bosku, sebab enggak ada hal yang enggak bisa dipelajari di dunia ini, begitu pula berbisnis sendiri. 

Belajar usaha sendiri itu sebenernya gampang, asal ada yang membimbing. Bisa jadi kita ikut kerja di tempat orang, belajar usahanya di sana sekaligus praktek. Bisa juga dengan ikut berbagai workshop dan seminar tentang usaha, atau belajar lewat buku dan berbagai materi yang ada di internet. Pelajari dengan tekun, dan praktek terus. Trial error pasti ada, tapi kalau enggak tahu gagal pasti susah untuk sampai ke sukses. Jadi jangan patah semangat, ya!

pinjaman usaha

Bagaimana Caranya Kita Bisa Dapat Pinjaman Modal Usaha?

Percaya enggak sih, kalau yang paling sulit dari memulai usaha adalah modal? Yup, karena ide bisnis harus dibarengi dengan modal supaya bisa berkembang. Memang sih, ada usaha yang bisa kita jalankan dengan modal kecil, walau jadi reseller sekalipun. Seenggaknya bermodal kuota dan ponsel lah yaa untuk jadi reseller itu.

Lalu gimana caranya dong supaya kita bisa dapat pinjaman modal usaha? 

1. Jual aset

Ini jadi cara pertama untuk dapat modal usaha yang paling aman dan mudah, sebab yang kita jual adalah aset milik sendiri dan enggak perlu syarat apapun seperti tenggat waktu pelunasan hutang atau sejenisnya. Kita bisa menjual perhiasan, alat elektronik, kendaraan, atau tanah untuk dijadikan modal usaha. Kalau usaha yang kita jalankan berhasil, Insyaallah aset itu bisa kita beli lagi kok!

2. Pinjam ke saudara

Enggak punya aset yang nilainya besar untuk dijadikan modal usaha? Bisa coba cara yang satu ini. Cobalah untuk cari pinjaman usaha pada orangtua, atau saudara, bisa juga pada teman. Pastikan sudah punya gambaran yang jelas tentang usaha yang bakal dikerjakan, ya? Supaya kita bisa meyakinkan orang tersebut untuk meminjamkan uangnya. Setelah dapat modalnya, mulai usaha dengan giat, supaya bisa cepat kembalikan pinjaman.

3. Partner

Nah kalau yang ini, kita bisa bergabung dengan teman yang punya modal dengan sistem bagi hasil. Bisa jadi dia yang punya modal, kita yang punya ide usaha dan siap menjalankannya, nanti bagi hasil. Kan asyik, tuh! Tapi pastikan ada perjanjian hitam di atas putih yang resmi, dan harus dipatuhi oleh keduanya, supaya enggak jadi masalah di masa yang akan datang. 

Sebenarnya kita juga bisa mengajukan bantuan ke pemerintah atau ajukan pinjaman ke bank, tapi kan syarat dan berbagai dokumen pelengkapnya juga enggak sedikit. Apalagi buat usaha yang baru mau mulai, pastinya repot banget.

pinjaman usaha

Pinjaman Modal Usaha Lewat GoModal

Cara yang disebutkan di atas enggak ada yang nyantol? Sepertinya GoModal adalah jurus pamungkasnya. Pinjaman GoModal ini adalah program pinjaman modal usaha spesial untuk mitra usaha GoJek terpilih, di mana ia sudah terintegerasi sama fitur GoFood. Apa tujuannya? Jelas, untuk membantu mengembangkan usaha mitranya dong.

Bahkan GoModal ini sudah diluncurkan sejak September 2018 silam dan berhasil membantu mitra usaha GoJek untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah atau UMKM mereka. Wow, berfaedah sekali, bukan? 

Kalau ada yang tanya, apa sih kelebihannya pakai GoModal ini untuk pinjaman usaha? Banyak banget, lah! Yang pertama jelas legal dan terpercaya, soalnya ini terintegerasi dengan GoBiz yang notabene super app dari GoJek bagi para pengusaha. Lalu apa lagi keuntungannya? 

1. Fasilitas Pinjaman yang Lengkap

Cuma GoModal yang menyediakan fasilitas pinjaman usaha dengan nilai yang besar, hingga 150 juta Rupiah, lho. Hebatnya lagi, dana pinjaman itu bisa dicicil lewat aplikasi GoBiz selama 2, 3, 6 bahkan sampai 12 bulan. 

2. Mudah Pengajuannya

Kita tau kalau ingin mengajukan pinjaman ke perbankan itu ribet sekali persyaratan administrasinya, tapi di GoModal  sangat simple dan bahkan bisa diajukan di rumah lewat aplikasi GoBiz saja. 

3. Proses Pencairannya Cepat

Untuk yang butuh modal cepat, maka yang satu ini benar-benar mengerti. Sebab rata-rata hanya butuh 13 jam saja untuk pencairan dana di hari kerja. 

4. Praktis Bayar Cicilan

Ini nih yang asyik, sebab pembayaran pinjaman GoModal bisa dilakukan harian dan langsung dipotong dari saldo GoBiz kita. Jadinya terasa lebih ringan untuk nyicil pembayaran hutang dan enggak terasa bisa cepat lunas deh. 

Karena untuk sementara waktu, memang cuma Mitra Usaha Gojek yang terintegerasi dengan layanan GoFood serta  sudah lolos kualifikasi saja yang bisa melakukan pendaftaran fitur GoModal. Maka jika ingin dapat pinjaman modal dari GoModal ini, mendingan daftar terlebih dulu menjadi mitra GoJek dan manfaatkan GoFood untuk jualan. Selain memiliki kesempatan untuk mendapatkan pinjaman usaha dari GoModal, juga bisnis kuliner kita pun  bisa lebih cepat laris di platform GoFood.


Comments

  1. Alhamdulillah selalu ada jalan memulai usaha ya, Mbak Nuniek. Termasuk dengan pinjaman modal dari GoModal GoBiz. Apalagi syarat mudah. Terus bisa dicicil dengan saldo harian, jadi lebih ringan.

    ReplyDelete
  2. Senangnya jadi Mitra Usaha Gojek ya..selain terintegerasi dengan layanan GoFood juga bisa melakukan pendaftaran fitur GoModal untuk menambah modal usahanya. Salut akan banyak manfaatnya!

    ReplyDelete
  3. Pinjaman modal gini, jika dikelola dengan baik, Insya Allah bisa bermanfaat untuk mengembangkan usaha yaa mbak. Jangan sampai keburu habis tanpa manfaat.

    ReplyDelete
  4. Wah GoModal nih ngebantu banget ya kak untuk pelaku umkm jadi bisa kembangkan usaha tanpa tkt kurang modal..mantab solusinya ditengah pandemi spti ini

    ReplyDelete
  5. dengan meminjam dari gomodal diharapkan bisa dapat membantu perekonomian masyarakt hehe

    ReplyDelete
  6. Kira kira bunganya sampai berapa persen ya mba? Tertarik sih , tapi maju mundur kalau belum tahu bunganya

    ReplyDelete
  7. Wah saya baru tau, kebetulan mau kembangin usaha nih.

    ReplyDelete

Post a comment