Ciri-Ciri Anak Sehat yang Harus Kita Ketahui

Rasanya semua emak pun punya satu impian yang sama, yaitu anak sehat.  Punya segalanya, tapi anak enggak tumbuh dengan sempurna dan ceria, rasanya sedih banget ya gak sih. Hehe. Maka karena itu, emak-emak seantero jagat raya harus tahu, apa aja sih yang jadi indikator anak yang sehat? Supaya bisa mendeteksi dini kalau si kecil tumbuh dengan sehat atau tidak. 

Kalau si anak tumbuh dengan baik, ya Alhamdulillah. Lanjutkan dan pertahankan. Kalau misal anak tumbuh kurang optimal? Maka kita harus berkonsultasi dengan ahli supaya bisa memberikan yang terbaik untuk anak.

anak sehat

Apa saja sih indikator anak yang sehat?

Tumbuh Sesuai Usianya

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) yang juga sekaligus dokter spesialis gizi klinik, Yustina Ani Indriastuti. Anak yang sehat itu status gizinya juga baik. 

Seperti apa gizi yang baik? yaitu anak tumbuh sesuai dan ideal dengan usianya. Hal itu pun jadi tanda bahwa ia terbebas dari penyakit yang mengganggu pertumbuhan anak dan terhindar dari stunting. Gampangnya, emak bisa mengecek dan melakukan pantauan terhadap tumbuh kembang si kecil pakai KMS alias Kartu Menuju Sehat.

Kemampuan Motorik dan Kecerdasannya Berkembang

Ini juga penting, Mak. Jadi perhatikan apakah kemampuan motorik dan kecerdasan anak sudah berkembang sesuai dengan usianya atau belum? Jika kemudian ditemukan ada tahapan yang tidak tercapai, atau terlewati, bisa langsung konsultasi pada dokter dan mencari tahu solusi yang paling tepat.

Melakukan Kontak Mata Ketika Diajak Bicara

Perlu emak tahu, bahwa anak yang sehat akan responsif setiap diajak bicara oleh siapapun. Supaya bisa menstimulasi hal ini dengan baik, maka harus rajin mengajak si kecil ngobrol dalam kondisi apapun. 

Memiliki Nafsu Makan Baik

Jika anak kita sehat Mak, maka saat waktu makan akan disambut dengan antusias. Ia juga akan menyantap makanan yang disajikan tanpa drama, atau gangguan mengunyah yang biasa dialami anak.

Bibir dan Lidah Tidak Kering

Coba perhatikan, apakah bibir dan lidahnya berwarna kemerahan dan tetap lembap? Itu tandanya produksi saliva atau air liurnya baik-baik saja. Jadi kalau anak sehat, pada bagian lidah bebas dari bercak putih karena jamur, dan warnanya pun merah. 

Napasnya Tidak Bau

Hal ini disampaikan Departemen Kesehatan Republik Indonesia tahun 1993 silam, yang menjadi salah satu tanda anak sehat adalah pernapasannya tidak akan berbau. Itu karena gigi dan mulutnya sehat serta terawat.

BAB Teratur

Apabila anak kita biasa BAB secara teratur, maka itu tandanya sistem pencernaannya sehat. Jadi penuhi kebutuhan cairan dan juga seratnya setiap hari, ya. Biasanya standar untuk anak-anak, BAB yang wajar adalah sekali sehari.

Tidur Nyenyak

Apabila kebutuhan nutrisi si anak cukup, maka ia akan tidur dengan nyenyak. Hal itu pun akan memaksimalkan pertumbuhannya. Tak hanya itu saja, dengan tidur yang nyenyak dan berkualitas, akan membantu anak untuk meningkatkan konsentrasinya saat bermain dengan teman-teman sebayanya. 

Gimana, mak? Apakah anak-anak kita sudah memiliki semua ciri anak sehat yang disebutkan di atas? Jangan lupa untuk dipantau lewat KMS, ya? Jadi kita tahu apakah anak kita punya berat badan yang ideal? Tinggi ideal? Atau perkembangannya sudah cukup baik?

Selain itu, sajikan makanan 4 sehat 5 sempurna dalam tiap menu makanannya ya. Tak perlu yang mahal-mahal, terpenting adalah semua vitamin dan mineral yang dibutuhkannya cukup untuk pertumbuhan anak sehat yang optimal. 

Comments

  1. Halo mb Nuniek.. udah lama gak BW ke sini. gmn kabarnya. Met Idul Adha ya.

    Btw trims ulasannya, kebetulan lagi pny balita nih

    ReplyDelete

Post a comment