Ciri-Ciri Anak Sehat yang Harus Kita Ketahui

Kelebihan Bank Syariah Dibanding Bank Konvensional

Ibu-ibu biasa pakai bank untuk apa? Simpan uang alias nabung? Transfer buat belanja online atau buat bayar tagihan? Sama dong, saya juga begitu. Hehe. Nah sekarang, saya sedang cari arti dari bank syariah, karena ada banyak kelebihan tabungan syariah yang lebih menguntungkan.

Jadi, bukan hanya karena ada alasan agama saja tapi juga keunggulan dari segi finansialnya oke punya. Dulu saya pikir, yang pindah atau menggunakan tabungan syariah itu untuk alasan agama saja dan bukan untuk alasan finansial. Tetapi ternyata, kalau bisa dapat kedua keuntungannya kenapa tidak?

Menurut ulasan mengenai bank syariah di internet yang saya baca, ternyata setidaknya ada 4 kelebihan bank syariah kalau dibandingkan dengan bank konvensional. Apa saja, sih?


Tanpa Minimum Saldo dan Bebas Biaya Admin

Kalau kita memilih untuk buka tabungan di bank syariah, maka kita bisa mendapatkan keuntungan bebas biaya administrasi bulanan. Utamanya untuk pemegang rekening dengan akad wadiah dan sangat meringankan untuk orang yang nilai setorannya kecil. Jadi di bank syariah itu tersedia akad khusus, bagi nasabah yang ingin menyimpan uang di bank dalam jangka waktu lama dan tidak berniat untuk bagi hasil.

Beda banget dengan bank biasa, mereka menerapkan biaya administrasi sekitar 7000 sampai dengan 12000 Rupiah per bulannya. Memang sih, ada juga bank konvensional yang bebas biaya admin, tapi hanya untuk nasabah yang melakukan setoran awal dengan saldo minimum yang besar, sehingga hanya nasabah kalangan atas yang mendapatkan fasilitas ini.

Sementara itu di bank syariah, semua kalangan nasabah bisa mendapatkan fasilitas bebas biaya admin.

Produk Unik yang Tak Ada di Bank Konvensional

Yang membuat tabungan syariah berbeda dengan yang lain adalah produk khusus yang tidak dimiliki oleh bank pada umumnya. Misalnya tabungan qurban, wakaf dan juga tabungan haji. Semuanya bisa ditemukan di bank syariah. Tentu saja dengan berbagai keistimewaan, misalnya fasilitas untuk mendapatkan porsi haji, dan notifikasi pengingat saldo.

Ada Sistem Bagi Hasil

Tak ada bunga dalam tabungan di bank syariah, namun ada sistem bagi hasil. Yang disebut sistem bagi hasil adalah semakin tinggi pendapatan bank, maka semakin besar pula bagi hasil yang akan diterima oleh nasabah. Tentu saja ini membedakannya dengan bank konvensional dengan bunganya, sebab bunga bank ditentukan oleh kebutuhan dana bank itu sendiri.

Akad yang Sesuai Ketentuan Islam

Yang menjadi kunci dalam membedakan antara konvensional dan syariah adalah akad. Dalam tabungan syariah terdapat akad yang berbeda dengan tabungan konvensional pada umumnya. Jenis akadnya juga beragam, tujuannya supaya sesuai dengan tujuan dan sifat transaksi keuangan yang beragam pula.

Jika dilihat secara umum, setidaknya ada dua jenis akad, yaitu:

Akad Mudharabah

Akad yang mana nasabah  menyimpan uang di bank syariah untuk dikelola dan kemudian bank akan membagi hasil keuntungan. Yang jelas, bank akan mengelola dan menginvestasikan uang nasabah [ada industri dengan prinsip syariah.

Karena bank hanya berperan sebagai wakil nasabah saja untuk investasi, maka jika mengalami kerugian dalam investasi, maka nasabah yang menanggungnya.

Akad Wadiah

Nasabah menyimpan uang di bank hanya untuk ditabung saja dan tak menginginkan bagi hasil, juga tak ingin kena administrasi. Nasabah bisa tetap bertransaksi dengan menggunakan ATM di mana pun.

Nah, itulah dia arti dari bank syariah dan kelebihannya yang bisa kita rasakan. Bagaimana, tertarik untuk berpindah ke bank syariah?


Comments