Ciri-Ciri Anak Sehat yang Harus Kita Ketahui

Infeksi Jamur Bikin Kuku Rusak Parah

Kuku yang sehat itu tidak berwarna dan tidak mudah patah, namun dengan tubuh yang kekurangan nutrisi atau kuku yang terlalu sering dicat atau digigiti, maka kondisinya bisa rusak, lho. Selain itu, bisa juga terkena infeksi jamur dan bisa membuat penampilan kuku menjadi rusak parah.

Biasanya para perokok dan yang mengidap diabetes memiliki risiko terkena infeksi oleh jamur pada kuku mereka. Juga para wanita yang senang menggunakan kuku palsu dan tidak higienis saat melakukan proses pemasangan kuku palsu, juga berisiko mengalami infeksi jamur.

infeksi jamur pada kuku

Apa saja gejala infeksi jamur kuku?

- Ketebalan kuku akan berbeda, sebab kuku yang terinfeksi menjadi lebih tebal ketimbang kuku normal

- Warna kuku yang tadinya bening menjadi kekuningan dan kusam, juga ada bercak putih yang makin membesar

- Kuku yang biasanya kuat menjadi rapuh, serta sangat mudah untuk patah

- Kulit sekitar kuku yang terinfeksi jamur Tinea unguium tampak kering dan pecah-pecah

Jika kuku tangan maupun kaki menunjukkan gejala tersebut, maka sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut. Adapun beberapa langkah pengobatan yang akan dilakukan dokter ialah :

- Supaya sel kuku yang terinfeksi akan mengelupas, maka dokter akan menggunakan krim topikal pada permukaan kuku kita

- Kuku akan dilapisi secara topikal, supaya jamur tidak jadi berkembangbiak

- Memberikan pil anti jamur untuk dikonsumsi

- Kuku yang sudah rusak karena jamur akan dilepaskan. Terlebih pada kondisi kuku yang sudah terkena infeksi parah, maka dokter selalu menyarankan supaya kuku diangkat keseluruhannya, sehingga kuku yang baru bisa tumbuh dengan baik.

Kalau sampai kuku di jari tangan atau kaki terkena infeksi jamur, jangan dulu merasa panik. Kita bisa melakukan pengobatan dan pastikan tahu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan jamur yang lebih parah. Yaitu :

- Mencuci tangan dan kaki

Bukan sembarangan mencuci tangan dan kaki hanya dengan air saja, melainkan menggunakan sabun yang antiseptik. Jika menggunakan sabun yang antiseptik, maka formulanya akan membantu kita membunuh aneka macam kuman yang bisa menyebabkan masalah kesehatan, juga ampuh mencegah terjadinya serangan jamur.

- Menggunting kuku

Salah satu cara lainnya yang bisa digunakan untuk menjaga supaya kuku tetap sehat, adalah dengan menggunting setidaknya seminggu dua kali. Tujuannya supaya tidak ada mikroorganisme yang ada di bagian dalam kuku. Sebab kuku yang panjang menjadi tempat bersembunyi kuman dan bibit jamur.

- Menjaga kuku tetap kering

Jika setiap hari menggunakan sarung tangan atau sepatu, maka pastikan jika benda tersebut selalu dalam keadaan kering. Sebab jika kaus kaki, sepatu atau sarung tangan dalam kondisi basah dan bahkan kotor, bisa menyebabkan masalah pada kuku. Cuci benda-benda tersebut secara teratur, pastikan kering sebelum dipakai kembali dan bisa juga disemprot desinfektan sebelum digunakan.

- Jangan asal menggunakan alat manicure dan pedicure

Bagi kaum hawa yang suka mempercantik kuku di salon, pastikan memilih salon yang higienis dan melakukan sterilisasi pada alat-alat yang biasa digunakan. Sebab penyebaran infeksi jamur sangat besar risikonya di salon kuku yang jorok. Jauh lebih baik jika kita melakukan manicure dan pedicure di rumah, dengan menggunakan alat-alat milik sendiri.

Itulah dia beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah serangan jamur pada kuku, baik itu kuku tangan ataupun kuku kaki. Selain itu, mengonsumsi vitamin C dan vitamin E pun sangat baik untuk menjaga kesehatan kuku kita.


Comments