Cara Merawat Rambut Rebonding yang Simple

Cara merawat rambut rebonding agak tricky, sih. Beda dengan perawatan rambut biasa, yang cukup dengan shampo, kondisioner dan sesekali masker rambut. Bagaimana dengan rambut hasil rebonding, seperti apa cara merawatnya?

Walaupun rambut yang lurus bukanlah patokan kecantikan, tetapi banyak wanita yang lebih suka memiliki rambut lurus karena memberikan kesan yang lebih feminim. Bagi yang memiliki rambut lurus sejak lahir, maka tak perlu melakukan apapun untuk mendapatkan rambut lurus tersebut. Sementara itu yang terlahir dengan rambut ikal atau keriting, maka perlu teknik khusus untuk membuat rambut menjadi lurus alami, salah satunya dengan melakukan rebonding.

Banyak yang memilih untuk merebonding rambut karena bosan dengan penampilannya, jadi ingin style baru yang segar. Meluruskan rambut bukan cuma membutuhkan teknik khusus saja, namun juga perawatan yang spesial juga.

cara merawat rambut rebonding


Bagaimana cara merawat rambut rebonding?

Jangan keramas sebelum tiga hari

Yang pertama adalah jangan membasahi rambut alias keramas dalam waktu tiga hari. Maksudnya adalah supaya bahan kimia yang digunakan untuk meluruskan rambut, akan meresap dan membuat rambut lurus dalam jangka waktu yang lebih lama lagi. Kalau memaksa keramas dalam jangka waktu kurang dari tiga hari, siap-siap saja rambut kembali ikal atau keriting dalam jangka waktu cepat.

Selalu gunakan shampo dan kondisioner

Nah, setelah tiga hari kemudian baru bisa keramas dengan menggunakan shampo dan kondisioner juga. Lebih baik memilih produk yang berformula lembut, kemudian biarkan sejenak sebelum dibilas. Setelah itu dibilas saja dengan menggunakan air biasa, jangan air hangat.

Hindari mengikat rambut

Kadang kita ingin mengikat rambut karena gerah, atau risih, namun setelah merebonding rambut baiknya dihindari, ya! Walaupun cuaca terasa sangat gerah dan keringat mengucur, hindari mengikat rambut. Sebab dengan mengikat rambut menggunakan karet atau ikat rambut lainnya yang ketat, maka bisa mengubah bentuk rambut, bahkan menyebabkan rontok. Sementara itu jika saat mandi dan tak ingin rambut basah, bisa gunakan shower cap, atau gunakan jepit rambut yang longgar saja.

Jangan pakai pengering rambut

Banyak orang yang suka menggunakan pengering rambut, supaya setelah keramas bisa cepat kering rambutnya. Namun rambut kita setelah direbonding akan sangat rentan panas dan suhu tinggi. Supaya bisa terhindar dari rambut yang kering dan bercabang, baiknya hindarkan pengering rambut, ya! Lebih baik gunakan  cara alami saja untuk mengeringkan rambut, hindari juga curling iron.

Jangan mengecat rambut

Selain mengubah rambut, mengganti warna rambut pun sangat berisiko untuk rambut kita. Maka bagi yang baru merebonding rambut, baiknya baru mengecat rambut lagi setelah 6 bulan kemudian.

Memotong rambut dengan rutin

Baiknya buatlah jadwal salon khusus dengan para pegawai, tujuannya supaya kita bisa langsung memangkas ujung rambut per sebulan sekali, cara merawat rambut rebonding yang unik ini memiliki fungsi untuk hindari rambut yang bercabang.

Selalu pakai air biasa

Saat keramas, jangan sampai menggunakan air hangat karena bisa mengambil kelembapan dalam rambut, hingga rambut menjadi kering. Kemudian semua sisa produk perawatan rambut dibilas bersih, supaya tak ada rontok, ketombe dan gatal.

Gunakan sisir dengan gigi jarang

Untuk menyisir rambut yang kusut, gunakan sisir bahan kayu yang giginya jarang. Hindari bahan lain sebab pasti membuat rambut jadi rontok.

Jangan panas-panasanan langsung

Setelah rambut menjadi lurus dengan menggunakan rebonding, maka jagalah rambut dari paparan sinar matahari langsung. Baiknya gunakan payung atau pakai topi jika ingin keluar rumah. Boleh juga menggunakan serum rambut.

Perawatan rutin

Rambut yang sudah direbonding membutuhkan nutrisi yang tinggi dan juga kelembapan yang tinggi juga, supaya terhindar dari rontok atau kering. Kita bisa gunakan masker rambut, bisa juga melakukan spa rambut. Supaya lebih hemat, bisa pakai kondisioner tanpa bilas.

Itulah dia cara merawat rambut rebonding, supaya hasilnya tetap bagus dan cantik sampai 12 bulan.


Comments

Post a comment