Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Pengalaman kehamilan pertama saya benar-benar menguras tenaga dan emosi. Waktu itu saya masih sangat muda, di awal 20-an dan belum punya akses untuk informasi seputar kehamilan, apalagi cara mengatasi mual saat hamil muda. Hehe. Saya pikir cuma sakit maag, dan sama sekali enggak mengira kalau saya sedang hamil. Flek yang muncul pun saya kira tanda-tanda menstruasi. 

Duh, bener-bener saya itu minim informasi banget!

Suami dan keluarga pun enggak menyadari kehamilan saya, mereka pun mengira saya sakit maag karena memang langganan dengan penyakit yang satu itu. Setiap pagi, saya muntah dengan hebat dan sesekali di siang, sampai malam hari. Baru minum air, muntah lagi. Jangan ditanya kalau makan gimana, saya hampir enggak makan sama sekali.


Saat periksa ke dokter, beliau bertanya apakah saya haid atau tidak? Saya jawab, iya. Haha. Karena itu saya diberi obat maag dan penambah darah, karena saya letoy sekali, katanya kekurangan zat besi. Payah sekali pokoknya, padahal bukan menstruasi itu...

Sebulan lamanya saya bedrest dan hampir enggak bisa makan apapun, saya malah pengennya makan sayur asem dan jelas saja ditolak mentah-mentah oleh semua keluarga. Haha. Ingat betul, yang masuk dan enggak dikeluarkan lagi adalah susu murni hangat pakai gula aren, cuma itu.

Yang bikin saya bingung, walau mual-muntah nyaris tanpa jeda, tapi badan ya segar-segar saja dan perut juga tidak melilit seperti saat sakit maag biasa. Setelah sebulan lebih, baru saya sadar kalau ada perubahan dalam tubuh, perut bagian bawah agak buncit. 

Saat itu, kami baru sadar kalau ternyata saya ini sedang hamil muda. Haha. 

Cara Mengatasi Mual ala Nuniekkr.com


Setelah tahu saya hamil, keinginan untuk makan sayur asem enggak ditahan-tahan lagi oleh siapapun dan alhasil, hampir selama kehamilan saya terus menerus makan sayur yang satu itu. Bisa dibilang, saya ini ngidam sayur asem dan sangat konsisten sampai hari H. Hehe.

Di kehamilan kedua, saya harus lebih berhati-hati dan jangan ngasal seperti pengalaman kehamilan pertama. Saya sudah lebih dewasa, akses informasi kesehatan ibu dan anak juga sudah banyak sekali, pusat layanan kesehatan juga dekat rumah sehingga jauh lebih mudah ketimbang saat di rumah yang lama. 

Saat merasakan mual-mual, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi mual saat hamil muda.  Yaitu : 

1. Menyesap permen mint

Ini ampuh kalau mau pergi keluar rumah, cukup sediakan beberapa buah permen mint dan bisa dikonsumsi kapan pun si perut mulai bergejolak mual. 

2. Mencium aroma kayu putih

Bukan cuma perlengkapan yang akan dibawa saat bepergian, di rumah pun harus menyediakan aroma kayu putih. Apalagi jika ada kombinasi dengan herbal aromaterapi lainnya, seperti di Mama’s Choice Herbal Oil (akan saya jelaskan di bawah).

3. Konsumsi air jahe

Yang satu ini bukan cuma mengatasi mual, tapi juga menghangatkan badan dan membangun mood menjadi lebih bagus. Jangankan emak-emak yang lagi ngidam, untuk emak-emak yang pusing dengan bocah yang lagi ‘pinter-pinternya’ pun cocok banget. Bisa meredakan stres juga.
Tapi ya itu dia, pas lagi hamil muda bawaannya pasti males untuk begini begitu, termasuk mengiris-ngiris jahe lalu direbus. Maunya yang langsung jadi, tapi walaupun produk instan harus jelas khasiatnya dan bukan abal-abal. 

Tentang Mama’s Choice Supplement Pregnancy


Syukur Alhamdulillah, di kehamilan kedua semua terasa lebih mudah. Terlebih ada Mama’s Choice Pregnancy Supplement Morning Sickness Relief yang oke banget. Merupakan minuman sehat yang diolah modern dan higienis, tanpa bahan buatan dan bermanfaat untuk mengatasi mual dan muntah selama kehamilan. 


 
Ada tiga bahan utama yang ada dalam produk ini, yaitu : 

Jahe

Herbal yang satu ini sudah terkenal sejak dulu sebagai anti mual, juga bisa tingkatkan imunitas tubuh dan bisa meningkatkan nafsu makan. Cocok sekali bukan, dengan kondisi bumil yang mual-mual dan malas makan di trimester awal?

Lemon

Rasanya asam segar, melegakan tenggorokan dan juga mengatasi gangguan pencernaan, yakni sembelit. Nah, ibu hamil kan banyak yang mengalami kondisi seperti ini, nih!

Vitamin B6

Merupakan vitamin yang akan tingkatkan metabolisme energi, juga mendukung pembentukan jaringan dan juga otak janin yang sedang kita kandung. 

Semuanya adalah bahan-bahan natural yang jelas aman  dan sangat bermanfaat buat bumil semua. Bahkan dari uji terhadap 35 ibu hamil, sebanyak 82,9% mama mengaku bahwa produk ini mampu kurangi mual dan muntah selama mengandung. 

Bahkan bukan cuma atasi mual dan muntah, tapi juga memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. 
 
Mama’s Choice Supplement Pregnancy dikemas dalam packaging yang manis sekali, warna merah jambu dan dalam satu kotak berisi 15 sachet. Cara mengonsumsinya cukup dengan menyeduh satu sachet dengan secangkir air hangat, diaduk sebentar dan bisa langsung dikonsumsi. Warna minuman ini agak kekuningan, cenderung pucat dan itu menandakan tidak ada pewarna tambahan seperti pada minuman instan kebanyakan. Supaya lebih menarik, katanya. Padahal pewarna, pewangi dan pengawet buatan itu sama sekali tidak bagus, apalagi untuk ibu hamil. 



Aroma jahe yang khas langsung menguar saat diseduh dengan air hangat, dan saat dicicipi ada sensasi rasa asam dari lemon yang memuaskan ngidam bumil akan makanan atau minuman kecut. Rasa hangat jahe ditambah dengan asam segar lemon dan manis yang enggak nyangkut di tenggorokan, alhasil membuat suplemen kehamilan ini idola ibu-ibu hamil kekinian. Termasuk saya. Hihi.

Jadi enggak salah dong kalau pregnancy supplement yang satu ini jadi cara mengatasi mual saat hamil muda? Saya sih setuju sekali!

#KurangiWorry Bersama Produk Mama’s Choice


Enggak bisa dipungkiri, untuk ibu hamil tak boleh sembarangan dalam menggunakan produk, atau konsumsi makanan dan minuman. Sebab dalam tubuhnya sedang berkembang sesosok bayi, buah cinta yang dititipkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’alla. Namanya juga titipan dari yang Maha Kuasa, ditambah lagi prosesnya dilalui dengan cinta kasih dan pengharapan, tentu ingin berikan yang terbaik sejak dalam kandungan, bukan?

Salah satunya dengan teliti dalam menggunakan barang, atau mengonsumsi sesuatu. Harus memperhatikan berbagai aspek penting, yakni enggak berisiko untuk kesehatan, harganya terjangkau dan jelas tidak membahayakan bagi janin. 

Mama’s Choice menjawab tantangan itu!

Jadi, Mama’s Choice adalah produk yang spesial untuk ibu hamil dan menyusui, yang terbuat dari bahan terbaik yang aman, halal dan juga natural. Enggak perlu khawatir dengan toksin yang biasanya menghantui, sebab produk Mama’s Choice telah terbukti aman 100%. Dengan memilih produk Mama’s Choice, maka berkurang deh satu kekhawatiran utama bumil dan busui akan produk yang digunakan. 
Alhamdulillah.

Selama kehamilan, ada beberapa produk yang direkomendasikan untuk digunakan dan benar-benar membantu melewati masa-masa krusial ini. Apa saja?

- Mama’s Choice Herbal Oil. Merupakan minyak pijat untuk mengatasi pegal dan linu, khususnya untuk ibu hamil dan menyusui. Di dalamnya terkandung minyak kayu putih, lavender dan juga grapeseed yang menciptakan aroma menenangkan serta rasa hangat yang nyaman. Ini idola banget, asli!


 
- Mama’s Choice Pasta Gigi Non Flouride. Pasta gigi yang bisa membantu ibu hamil mengatasi mual, terutama saat menggosok gigi. Warnanya juga unik, lho, hijau asli dari klorofil dan juga mintnya itu memberikan sensasi segar. Aman juga saat enggak sengaja tertelan, hehe. 
 


- Mama’s Choice Mouthwash. Setelah gosok gigi, dilanjut dengan berkumur menggunakan mouthwash. Enggak sakit di mulut dan meninggalkan napas yang segar, juga mulut yang terasa bersih. Yang paling oke selain menjaga kesehatan gigi dan mulut, juga ampuh membasmi aroma tak sedap setelah muntah-muntah. 


 
Semua produk yang disebutkan di atas adalah 100% natural, jadi aman banget untuk digunakan dalam jangka panjang!

Buat yang belum menggunakan produk dari Mama’s Choice, yakin masih mau bertahan dengan produk yang lama? Coba dicek dulu ingredientsnya, Mommies...takutnya ada bahan toksin yang nyelip di sana dan mengintai kesehatan kita dan bayi yang sedang dikandung. Duh, jangan sampai ya!

Nah mommies, buat yang pengen hijrah ke produk Mama’s Choice yang aman, halal dan natural, semua produknya bisa ditemukan di Shopee, yak! Kalau belanja minimal 150k di Mama's Choice Official Store, maka bisa dapat diskon sebesar 25k dengan kode voucher MAMAALBI. Pakai huruf besar semua, dan cara ngeredeemnya lewat Profile - Voucher saya - masukkan kode vouchernya, dan siap belanja, deh!

Lumayan banget yekan diskonnya? Bisa buat beli rujak uleg super pedess dua porsi. Hehe. 

Comments

  1. Seneng banget sekarang mama's Choice banyak produknya. Sehat selalu ya mbak

    ReplyDelete

Post a comment