Gejala Sakit Kanker Kelenjar Getah Bening yang Sering Dianggap Remeh

Sakit kanker kelenjar getah bening, atau disebut juga limfoma merupakan jenis kanker yang tumbuh pada jaringan limfoid (kelenjar getah bening). Munculnya kanker ini bisa diakibatkan juga karena penyebaran kanker sebelumnya dari organ yang lain. Tentu saja, kanker getah bening juga sangat berbahaya. Namun sayangnya, jenis kanker ini baru akan disadari setelah sampai di tahap akhir. 

Sebenarnya jika disadari sejak awal, maka pasien bisa mendapatkan peluang kesembuhan yang sangat tinggi lho. Sebab setelah di stadium akhir, sangat kecil peluang untuk bisa sembuh. Itulah kenapa kita harus mengetahui, apa saja sih gejala sakit kanker kelenjar getah bening? 

sakit kanker kelenjar getah bening


Di bawah ini adalah gejala kanker getah bening yang paling umum, biasanya masyarakat bahkan tidak menyadari dan mengabaikannya. Apa saja? 

1. Area Kelenjar Membengkak 

Yang pertama adalah munculnya sebuah benjolan atau pembengkakan, pada area kelenjar getah bening pasien. misalnya di selangkangan, leher, dan ketiak. Secara medis disebut sebagai limfadenopati dan menjadi tahap awal dari tubuh untuk melawan infeksi di dalam rubuh. 

Tidak hanya karena kanker getah bening saja, namun juga ada banyak penyebab dari pembengkakan area kelenjar getah bening itu, contohnya penyakit yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh atau konsumsi beberapa jenis obat, antibiotik adalah salah satunya.

Kita bisa mengenali benjolan tersebut berbahaya atau tidak adalah dengan menekannya, tidak perlu kuat-kuat karena cukup ditekan sebentar, jika terasa tidak sakit dan ada beberapa benjolan di area yang sama, maka bisa jadi itu adalah kelenjar getah bening.

Pembengkakan akibat kanker getah bening biasanya dapat dikenali dengan cara menekan benjolan tersebut. Jika saat ditekan tidak terasa sakit dan benjolan terasa lebih dari satu atau bergerombol, bisa jadi itu adalah gejala kanker getah bening.

2. Merasa Kelelahan

Para penderita kanker getah bening bisa mengalami kesulitan dalam bernapas, dan menjadi mudah merasa lelah. Selain itu napas jadi terengah-engah. Walaupun tak melakukan apapun sepanjang hari, pasien akan merasa sangat lelah tanpa alasan yang jelas. 

3. Turun Berat Badan Secara Drastis

Bisa turun berat badan adalah impian bagi yang memiliki berat badan berlebih, namun tentu saja dengan cara yang sehat dan tanpa masalah. Namun bagi penderita kanker getah bening, salah satu gejalanya adalah turun berat badan dalam jangka waktu yang cepat serta tanpa penyebab apapun. Itu karena sel kanker akan mengambil berbagai macam nutrisi yang masuk, membuat tubuh jadi kekurangan nutrisi penting dan mempengaruhi kinerja organ tubuh. 

4. Mengalami Demam

Ada banyak sekali penyakit yang bisa menimbulkan demam, sehingga gejala ini nyaris selalu diabaikan. Demam yang menjangkiti para penderita kanker getah bening umumnya tak seberapa tinggi, sekitar 38 derajat dan bisa muncul tenggelam. Tubuh menjadi demam disebabkan oleh adanya infeksi, yang disebabkan sel kanker menyerang tubuh dari dalam. 

5. Sering Berkeringat di Malam Hari

Jika cuaca panas dan gerah, atau setelah melakukan aktivitas berat, maka badan akan berkeringat. Namun bagaimana jika berkeringat di malam hari dan tidak melakukan apapun sebelumnya? Hati-hati, bisa saja itu gejala kanker getah bening. Sangat mencurigakan jika berkeringat tanpa disebabkan oleh aktivitas fisik atau udara yang panas. Bahkan keringat yang keluar cukup ekstrem, bisa sampai membuat pakaian dan seprai jadi basah. Hal tersebut terjadi sebab respons alami tubuh untuk menanggapi kenaikan suhu, juga dikarenakan adanya hormon dan juga protein abnormal yang diproduksi oleh sel limfoma dalam tubuh.

Apabila mengalami gejala sakit kanker kelenjar getah bening yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih  lanjut. 

Comments