Spesifikasi iPhone 11 Pro Max

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Assalamualaikum, yang suka catokan pasti ingin tahu dong bagaimana cara meluruskan rambut secara alami? Saya juga begitu, ingin memiliki rambut lurus karena terlihat sangat feminim. Bukan berarti saya tidak mensyukuri rambut ikal yang dimiliki, ya? Tapi terkadang kita ingin sedikit perubahan dalam penampilan, sekadar untuk menghilangkan kejenuhan. Biar pangling gitu...hehe. 

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan, jika ingin meluruskan rambut secara alami tanpa bantuan obat-obatan kimia dan alat-alat salon (yang jika digunakan dalam jangka waktu lama bisa merusak keratin rambut). 

Apa saja sih cara meluruskan rambut secara alami? Yuk cek di bawah ini:

Masker susu murni

Yang bisa kita lakukan untuk meluruskan rambut secara alami adalah pakai masker susu murni. Caranya juga gampang banget, cukup siapkan susu murni di dalam mangkok kecil, lalu gunakan kuas masker untuk mengoleskan susu tersebut pada semua bagian rambut kita. Setelah itu diamkan selama satu jam, lalu keramas dengan shampo supaya sisa susu yang menempel di rambut terbilas dan tidak menimbulkan bau asam.

Lakukan perawatan ini setidaknya seminggu sekali, jadi untuk perawatan hariannya cukup menggunakan shampo biasa dan minyak zaitun. Ah iya, minyak zaitun juga bisa meluruskan rambut lho. 

Masker santan

Santan kelapa tidak hanya bisa dijadikan bumbu pelengkap untuk menambah kelezatan makanan saja, juga bisa dijadikan bahan untuk meluruskan rambut secara alami. Caranya nyaris sama seperti masker rambut lainnya, cukup dioleskan merata ke seluruh bagian rambut lalu dibungkus dengan menggunakan shower cap. Setelah satu jam, cuci dengan shampo dan hasilnya rambut bukan cuma lebih lurus, tapi lebih lembut dan sehat juga. 

cara meluruskan rambut secara alami

Masker pisang

Pisang bukan cuma bisa dijadikan makanan pengganjal perut lho, tapi juga bermanfaat untuk dijadikan masker rambut. Caranya dengan melumatkan satu atau dua buah pisang (tergantung panjang pendek rambut) lalu campur dengan madu sampai merata dan gunakan sebagai masker rambut. 

Supaya tidak menetes ke baju dan meninggalkan getah, baiknya rambut dibungkus dengan menggunakan shower cap ya? jadi nanti setelah satu jam, tinggal dibuka shower cap-nya dan keramas sampai bersih. Lakukan perawatan ini seminggu sekali hingga terlihat hasilnya. 

Masker seledri

Kita tahu jika seledri ini dipercaya bisa menumbuhkan rambut supaya tebal dan hitam, ternyata juga bisa meluruskan rambut lho. Caranya dengan menggerus halus seikat seledri, lalu oleskan ke rambut dan kulit kepala. Bungkus menggunakan shower cap dan biarkan semalaman. 

Keesokan paginya sisir dengan menggunakan sisir yang bergigi jarang, setelah itu cuci rambut seperti biasa menggunakan shampo. Biarkan mengering dan lakukan perawatan ini selama dibutuhkan. Hasilnya tak hanya rambut yang lebih lurus, namun juga lebih hitam dan tebal. 

Minyak zaitun

Minyak alami yang satu ini sangat disukai oleh kaum wanita, karena bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk seluruh tubuh, salah satunya untuk rambut. Minyak zaitun murni bisa melembutkan dan menyehatkan rambut, juga membuatnya tumbuh sehat dan panjang. Selain itu, minyak zaitun bisa digunakan untuk meluruskan rambut secara alami. 

Caranya dengan mengocok dua butir telur, lalu campurkan minyak zaitun dan gunakan sebagai masker rambut. Setelah membungkus rambut menggunakan shower cap, maka diamkan selama dua jam barulah keramas dengan menggunakan shampo seperti biasa. 

Trik Meluruskan Rambut Tanpa Ribet

Selain cara alami meluruskan rambut seperti yang disebutkan di atas, saya juga punya cara sendiri untuk meluruskan rambut. Bukan dengan mencatok rambut, karena menurut saya hal itu cukup merepotkan apalagi jika harus dilakukan setiap hari. Cara saya untuk meluruskan rambut adalah dengan jarang mengikat rambut.

Saya ini orang yang gerahan, tak tahan dengan rambut yang digerai dan pasti akan cepat berkeringat karena panas. Selain itu, kulit muka saya pasti akan ngadat jika ada rambut-rambut yang menutupinya/ Maka karena itu saya senang mengikat rambut, dicepol atau dikepang supaya lebih rapi. Namun karena saya ingin rambut ikal saja sedikit lurus, maka saya pun jarang mengikat rambut.

Biasanya saya hanya mengenakan bando (pakai bando kain atau bando karet itu paling nyaman) atau dengan menggunakan jepit supaya poni tidak menyentuh muka (karena gatal dan merah-merah nantinya) atau dengan mengikat sebagian rambut atas, supaya enggak berantakan menyentuh muka. 

Hasilnya, rambut saya mengembang (tidak lepek) tetapi lebih lurus tanpa ada lekukan-lekukan yang tak simetris karena bekas ikat rambut. Saya cukup puas dengan hal itu, dan siapa tahu teman-teman pun bisa mempraktekkan apa yang saya lakukan ini. 

Comments

  1. iyakk bener banget, apalagi banyak liat temen-temen yang kebanyakan nyatok rambut sampai bikin rambutnya rusak. kan sedih ;(

    ReplyDelete

Post a comment