Pinjaman Usaha yang Bisa Dicicil untuk Usaha Rumahan

Berikut Ini Cara Menghitung Masa Subur Wanita Secara Online dan Manual

Saat ini cara menghitung masa subur wanita bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni dengan cara manual dan online. Untuk mengetahui masa subur wanita dengan cara manual biasanya bisa dilihat dari tanda-tanda fisiknya, sedangkan cara online bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi melalui smartphone android. Berikut cara untuk mengetahui masa subur wanita secara manual dan online :

1. Kalkulator Masa Subur Online

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan Kalkulator Masa Subur Online. Cara menggunakan kalkulator masa subur ini sangatlah mudah, anda hanya cukup memasukkan hari pertama siklus menstruasi terakhir serta periode siklus perbulannya. Kemudian, akan muncul informasi tentang tanggal masa subur dengan sangat cepat dan mudah.

2. Kalkulator Masa Subur Berdasarkan Periode Haid

Cara ini bisa anda gunakan dengan mencatat siklus haid, lalu dikurangi 18 hari dari panjang siklus terpendek anda. Sehingga dengan demikian anda akan mendapatkan perhitungan hari pertama peluang di masa subur. Selanjutya, dari panjang silkus terpanjang anda dikurangi 11 hari. Maka anda akan mendapatkan hari terakhir dari masa subur. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya :

- Siklus terpendek : 27 hari – 18 = 9. Angka ini merupakan hari pertama saat anda berada pada posisi yang paling subur.

- Siklus terpanjang : 30 hari – 11 = 19. Angka ini merupakan hari terakhir saat anda paling subur. Sehingga dengan demikian, jika siklus anda rata-rata adalah 27-30 hari, maka anda akan paling subur pada hari ke-9 hingga ke-19.

3. Mengetahui Panjang Siklus Menstruasi

Cara lainnya adalah mengetahui panjang siklus menstruasi. Untuk menghitung masa subur, anda harus menandai siklus menstruasi tiap bulan dan menghitung berapa lama hal tersebut berlangsung. Pada panjang siklus menstruasi dihitung dari hari 1 yaitu hari pertama anda menstruasi, dan sampai hari terakhir yaitu hari sebelum periode menstruasi selanjutnya dimulai. Karena panjang siklus anda dapat sedikit berbeda dari bulan ke bulan, dan sebaiknya anda harus mencatat selama beberapa bulan untuk mengetahui rata-ratanya setidaknya 8 bulan.

4. Menghitung Perkiraan Masa Subur

Cara selanjutnya dalam menghitung masa subur yaitu dengan mencari siklus terpanjang dan siklus terpendek, darisiklus menstruasi anda setiap bulannya. Dan setelah itu, kurangi 18 hari dari siklus terpendek andayang merupakan hari pertama anda memasuki masa subur. Sebagai contohnya yaitu siklus terpendek anda adalah 25 hari, maka hari pertama masa subur anda adalah hari ke 7 setelah hari pertama menstruasi. Untuk siklus terpanjang anda, kurangi 11 hari dari sklus terpanjang anda yang merupakan hari terakhir masa subur. Misalnya siklus terpanjang anda adalah 29 hari, maka hari terakhir masa subur anda adalah hari ke 18 setelah hari pertama menstruasi.

5. Kapan Masa Tidak Subur Wanita ?

Pada dasarnya masa yang paling subur wanita adalah 5 hari setelah ovulasi dan satu hari sesudahnya, hal ini dikarenakan sel telur hanya bertahan selama kurang lebih 24 jam setelah dilepaskan.  Dan setelah itu sel telur tidak bisa dibuahi, sehingga anda memasuki masa tidak subur pada saat ini. Sehingga masa tidak subur anda adalah hari yang tidak termasuk masa anda, yang misalnya jika menurut perhitungan kalender masa subur anda berlangsung pada hari ke 7-18 setelah hari pertama menstruasi. Maka masa tidak subur anda adalah hari selain hari tersebut pada siklus menstruasi (mulai dari hari ke 19 dan seterusnya sampai anda mestruasi lagi).

 


Comments