Pengalaman Rawat Inap Karena DBD di Rumah Sakit Terdekat

Macam-Macam Makanan Penambah Berat Badan

Berat badan itu menjadi salah satu pokok permasalahan hampir bagi semua orang. Ada yang merasa terlalu gemuk hingga ingin sedikit menurunkan berat badan, ada pula yang merasa terlalu kurus sampai-sampai mencari suplemen penambah berat badan.

Tak ada yang salah dengan hal itu, sebab salah satu indikator sehat adalah memiliki berat badan yang seimbang dan proporsional dengan tinggi tubuh. Tentu terlalu gemuk bukan sebuah indikator kesehatan, pun demikian orang yang terlalu kurus.

Oleh karena itu, untuk yang sedang mencari aneka makanan yang bisa menambah berat badan, saya punya beberapa jenis makanan tersebut. Simak di bawah ini : 

1. Daging merah

Makan junk food memang bisa menaikkan berat badan dengan cepat, tapi itu bukan cara yang sehat. lebih baik mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, misalnya seperti daging merah. Bisa daging sapi, namun bisa juga daging kambing.

2. Alpukat

Buah alpukat adalah salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi jika ingin menambah berat badan, dengan cara yang sehat. Konsumsi segelas jus alpukat ditambah susu kental manis tiap[ hari, bisa memberi asupan kalori yang tinggi, dan bisa cepat naik berat badan.

3. Keju

Ada banyak macam keju yang bisa disantap, apalagi jika diolah menjadi berbagai makanan yang lezat. Misalnya martabak keju mozzarella, aneka cake dengan topping keju, bahkan scrambled egg dengan keju cheddar bisa menambah asupan kalori kita.

4. Kentang

Tak hanya mengandung tinggi protein, namun juga ada kandungan serat dan vitamin C yang melimpah ruah. Karena kandungan kalorinya yang banyak bisa membuat perut menjadi cepat kenyang. Namun jika ingin membuatnya jadi asupan penambah berat badan, maka olahlah menjadi perkedel atau perkedel daging.

5. Susu full cream

Biasakan untuk mengonsumsi susu full cream setiap hari supaya bisa meningkatkan kalori di dalam tubuh. Kita boleh mengonsumsinya di pagi maupun di malam hari. Karena itu bisa membuat kalori di dalam tubuh menjadi bertambah, lalu berat badan pun akan naik perlahan.



6. Telur

Ini adalah salah satu lauk yang paling banyak distok di rumah, selain lezat dan bisa diolah menjadi berbagai macam olahan, kandungan vitaminnya juga melimpah. Konsumsi telur utuh bisa membantu untuk menambah berat badan.

7. Kacang-kacangan

Ingin menambah berat badan dengan cara yang enak? Ganti snack harian dengan aneka kacang-kacangan seperti almond, mete dan kacang hijau. Tak hanya untuk snack siang hari, untuk snack sore dan malam pun bisa.

8. Roti gandum

Biasanya roti gandum dikonsumsi untuk yang ingin menurunkan berat badan saja, akan tetapi bagi yang ingin menaikkan berat badan bisa mengonsumsi roti ini juga. Caranya dengan mengolah roti gandum dengan topping yang tinggi kalori.

Nah, semua makanan yang telah disebutkan di atas adalah makanan yang bisa meningkatkan berat badan dengan cepat dan sehat. Akan tetapi perlu diimbangi dengan olahraga yang teratur, supaya kulit bisa menyesuaikan diri sehingga tidak muncul stretchmark, dan juga yang tumbuh adalah otot, bukannya lemak.

Jika berat badan bertambah karena massa otot  yang bertambah, maka kita bisa mendapatkan tubuh yang ideal serta tentu saja fit. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen penambah berat badan, namun dengan catatan suplemen tersebut sudah terdaftar resmi di BPOM serta aman dikonsumsi tanpa efek samping yang berbahaya.

Maka karena itu, untuk yang ingin menambah berat badan dengan cara yang sehat, sebaiknya segera stock makanan-makanan yang telah disebutkan di atas dan jalani hari-hari dengan gaya hidup yang sehat. Selamat mencoba!



Comments