Cara Mencuci Baju Putih

Cara Mencuci Baju Putih - Baju putih adalah salah satu jenis pakaian yang sangat saya hindari, seumur-umur pun pakaian putih yang saya punya itu hanya seragam sekolah, dan begitu pula anak saya sekarang. Pakaian dengan warna putih memang terlihat bersih dan rapi, tetapi saat sedikit saja kusam, atau ada noda, maka kesan itu akan runtuh seketika. Bagaimana cara mencuci baju putih supaya enggak mudah kusam dan kucel? Itu dia yang bikin saya frustasi dengan baju putih.

Selama ini, saya mencuci baju putih dengan menggunakan mesin cuci dan sesekali pakai tangan jika bajunya benar-benar kotor. Tetapi hasilnya tetap saja kusam dan enggak bersih cemerlang. Bahkan setelah saya pakai deterjen khusus, pemutih pakaian, sama saja!


Usut punya usut, rupanya cara mencuci baju putih yang saya lakukan itu salah! Berikut ini adalah beberapa cara mencuci baju warna putih yang benar, yuk simak!

Setelah dipakai, langsung cuci, ya!

Saya punya kebiasaan, pakaian biasa dipakai berkali-kali sebelum benar-benar kotor dan dicuci. Maksudnya supaya enggak cepat belel karena dicuci terus, dan juga hemat energi buat mencuci. Ternyata pakaian warna putih hanya boleh dipakai sekali, lalu langsung dicuci. Apalagi jika kita menggunakan pakaian putih itu di luar ruangan dan berjam-jam lamanya. Maksudnya supaya kotorannya tak menempel erat di serat kain, dan warna putih bersihnya bisa tetap cemerlang.

Jangan satukan baju putih dengan yang berwarna

Nah, yang satu ini dulu pernah saya lakukan. Pakaian yang warnanya putih dimasukkan bersama pakaian lain yang warnanya macam-macam dan lupa kalau ada baju baru, kena luntur lah itu baju! Kena marah deh saya, hihi. Maka karena itu, sekarang saya mencuci baju putih bersama baju yang warnanya sama, pakaian yang berwarna pun saya satukan dengan pakaian lainnya dengan warna yang gelap.

Mencuci baju jangan terlalu banyak, ya!

Namanya juga emak-emak, pasti selalu berpikir cepat supaya bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga dengan lebih hemat waktu serta tenaga, termasuk mencuci. Jadi, ada kalanya mencuci dilakukan sekaligus dan jumlahnya banyak. Memang sih, dicuci menggunakan mesin cuci pasti selesai juga walaupun banyak, tetapi bersih, gak? Begitulah, supaya hasilnya maksimal, masukkan cucian sesuai kapasitas tabung, ya. Selain bisa mencuci lebih bersih, juga bisa membuat mesin cuci lebih awet.

Kalau kena noda, direndam dulu

Jangan malas merendam pakaian yang terkena noda, apalagi baju warna putih. Direndam dengan menggunakan deterjen khusus pakaian warna putih, supaya kotoran dan noda di serat kain bisa diangkat dengan sempurna. Kucek bagian yang bernoda lebih dulu, sebelum mengucek bagian lainnya.

Gunakan air hangat untuk mencuci

Cara mencuci baju putih lainnya adalah menggunakan air hangat, sebab air yang memiliki temperatur hangat itu akan membantu untuk mengangkat noda dan mengembalikan warna putih bersih pakaian. Selain itu, dengan menggunakan air hangat bisa mempercepat proses mencuci.
Itulah dia beberapa cara mencuci baju putih yang benar, coba diperhatikan yang mana saja yang sudah dilakukan?

Pantas saja pakaian putih yang saya miliki warnanya selalu cepat kusam, walaupun baru beberapa kali digunakan, ternyata cara saya untuk mencucinya salah. Nah, setelah tahu cara mencuci baju yang tepat, sepertinya boleh juga nih mengoleksi pakaian warna putih. Sebab jika pandai mencucinya dengan baik, maka memiliki pakaian warna putih tak perlu khawatir lekas kusam lagi, deh!

Comments