Karir Logistik untuk Fresh Graduate

Pengalaman Konsultasi Via Website SehatQ.com

Konsultasi Via SehatQ - Sudah sejak lama saya langganan sakit di bagian perut kanan atas, awalnya saya pikir ini adalah sakit maag tapi kemudian saya sadar bahwa sakitnya bukan berasal dari lambung. Terus, saya sakit apa?

Pergi ke rumah sakit dan berkonsultasi dengan dokter adalah jawaban yang tepat untuk menemukan penyebab rasa sakit ini. Tapi harus mengantre dan ini itunya yang memakan waktu tak sebentar malah bikin saya stres duluan, dan sakit ini malah makin menjadi.

Memang enggak selalu terasa, sakitnya muncul pas saya makan kacang tanah, atau pas saya stres saja. Tapi kadang muncul tiba-tiba di pagi hari dan asli mengganggu aktivitas banget. Mau konsul langsung ke dokter, saya suka grogi pas tatap muka langsung dan malah ngeblank semua apa yang mau saya bicarakan. Akhirnya enggak puas deh konsultasinya dan penyakit juga tak tuntas.

Ternyata ada solusi baru untuk orang yang grogian kayak saya, nih. Konsultasi via SehatQ.com! Tapi, caranya bagaimana, sih?



Cara Konsultasi Online di SehatQ

Hal menarik yang membuat website yang satu ini lebih unggul adalah layanan ‘Chat Dokter’. Seperti yang tertulis, Chat Dokter adalah fitur dari SehatQ yang bisa membuat kita berkomunikasi langsung dengan dokter serta berkonsultasi mengenai keluhan kesehatan kita.

Terus, gimana caranya untuk menggunakan fitur ini?

Pertama-tama harus daftar dulu sebagai member, bisa menggunakan alamat email atau menggunakan akun Facebook, bisa juga pakai akun Google. Saya sendiri daftar pakai email, lalu isi data diri dan kemudian diarahkan ke halaman utama.

Nah, muncul pop up ‘Chat Langsung dengan Dokter’ dan kita bisa mengirim pesan langsung konsultasi di situ. Tampilannya seperti ini :



Tanpa menunggu waktu lama, saya langsung isi sesuai dengan intruksi yang diberikan. Tuliskan keluhan kesehatan yang terasa, lalu isi data lainnya seperti berat dan tinggi badan, riwayat penyakit dan alergi, serta apakah kita sedang mengonsumsi obat. Setelah itu sistem akan mengirimkan kita pada dokter yang sesuai dengan keluhan tersebut.

Saya diarahkan pada dr. Andre Zaini. Seorang dokter umum yang praktik di Kasih Hospital dan muncul pemberitahuan otomatis bahwa keluhan saya akan ditanggapi dalam waktu 5 menit. Tak sampai lima menit, beliau menyapa dan saya deg-degan dong hahaha. Grogi dan sakit di perut saya malah mulai terasa, kocak deh...

Begitulah, saya pun melanjutkan konsultasi dan dijawab langsung oleh pak dokter. Saya disarankan untuk mengurangi makanan berminyak dan berlemak, karena memang kedua makanan itu racun banget buat tubuh, apalagi yang badannya ‘subur’ kayak saya ini.

Kata pak dokter, sakitnya saya ini besar kemungkinan gangguan pencernaan alias sakit lambung dan bisa juga gangguan di empedu. Ngeri yes..tapi enggak apa-apa, karena saya masih bisa menghindari kondisi terburuknya dengan mulai melakukan diet makanan lagi. Kalau misal rasa nyeri itu datang lagi, saya bisa meminum paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan nyeri.

Setelah berkonsultasi, kami pun menyudahi chat langsung.

Wow, enggak bertatap muka langsung pun bisa konsultasi beneran. Keren sekali!

Dengan adanya fitur ini saya bisa mendapatkan jawaban dari keluhan kesehatan yang selama ini saya rasakan, dan bisa melakukan antisipasi jika sakit ini terasa nanti. Kalau misal sakit berlanjut dan semakin parah, maka harus berangkat ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut. Semoga enggak perlu ya, Insyaallah biidznillah selalu sehat!

Fitur Lainnya yang Ada di SehatQ

Selain fitur ‘Chat Dokter’ yang direct dengan dokter yang sesuai dengan keluhan kita, ada banyak fitur lainnya yang sangat penting untuk orang awam medis seperti kita. Misalnya saja fitur ‘Obat’, di sini kita bisa menemukan macam-macam obat, lengkap dengan penjelasannya yang mendetail seperti komposisi, cara penggunaannya dan lain sebagainya. Bagus sekali buat yang kepo dengan macam-macam obat, atau penasaran ingin tahu obat apa saja yang diberikan dokter, dan mengetahui komposisi obat itu bagus untuk menghindari terjadinya salah minum obat. Fatal lho akibatnya kalau sampai salah minum.

Kemudian ada juga ‘Artikel’ yang berisi macam-macam artikel kesehatan yang penting, ‘Dokter’ yang berisi daftar dokter yang ada di website SehatQ, 'Penyakit', ‘Rumah Sakit’ yang isinya daftar Faskes yang bisa kita datangi, misalnya saja Rumah Sakit Jakarta Barat, dan beberapa fitur tambahan lainnya yang mempermudah konsultasi mandiri kita via website SehatQ.

Nah, sekarang tak susah lagi deh kalau mau konsultasi dokter. Sebagai langkah awal bisa pilih cara praktis yang satu ini. Jadi, sudah coba konsultasi via SehatQ.com? Share di kolom komentar, ya!

Comments