Kelebihan RealMe 5 Pro

3 Tips Memilih Mainan Anak Usia 5 Tahun dan Cara Membuat Slime

Dunia anak adalah dunia bermain, sehingga aktivitas bermain merupakan hal yang sangat penting bagi mereka. Dan ternyata bermain bersama teman sebaya itu secara tidak langsung bisa menjadi aktivitas dalam melatih anak supaya bisa bersosialiasi serta bisa mengembangkan daya pikir anak sehingga anak bisa berkembang secara kreatif. Selain itu juga dengan bermain akan memberikan dampak yang positif terutama bagi kesehatan anak selama dilakukan secara proporsional dan selalu diawasi.


Anak-anak juga kadang bermain dengan temannya dengan menggunakan mainan. Lalu mainan seperti apa yang cocok bagi anak usia 5 tahun? Berikut 3 tips memilih mainan anak usia 5 tahun dan cara membuat slime :

1. Aman Bagi Anak

Biasanya mainan anak-anak itu telah dirancang sesuai dengan usianya serta didesain dalam berbagai bentuk yang terbuat dari bermacam-macam material. Untuk itu bahan-bahan mainan anak sebainya mendapatkan perhatian yang lebih pada saat anda akan membelikan mainan bagi anak, karena hal tersebut bisa berdampak pada kesehatan anak. Pastikan mainan yang and pilih itu memiliki label “food grade” sebagai indikator keamanan, dan hindari mainan yang mengandung bahan berbahaya seperti PVC, kadmium, arsenic, phthalate, dan merkuri yang sangat berbahaya bagi anak.

2. Bisa Menstimulus Kreativitas dan Imajinasi Anak

Pada masa anak-anak ini kreativitas serta imajinasinya berkembang dengan pesat sehingga anda harus memilih mainan yang bisa menstimulus serta mendukungnya. Untuk pilihlah mainan yang bisa merangsang sel-sel motorik dan sensoriknya sehingga anak tidak hanya sekedar bermain saja namun bisa  sambil belajar serta merangsang keingintahuan anak.

3. Bisa Merangsang Keingintahuan dan Pikiran Anak

Biasanya anak selalu ingin tahu serta menganggap hal-hal yang ada di sekitarnya sebagai sesuatu yang baru. Oleh karena itu dalam memilih mainan bagi anak, sebaiknya memilih mainan yang bisa merangsang rasa ingin tahu dan mengembangkan pola pikir pada anak.

Cara Membuat Slime

Seperti yang diketahui bahwa slime merupakan mainan yang sedang digandrungi oleh anak-anak hingga remaja pada saat ini. Slime ini memilki tekstur cairan kental seperti jelly atau lendir pekat dengan berbagai warna yang cerah. Berikut cara membuat slime yang mudah dan aman :



* Cara Membuat Slime Dengan Susu Cair

Cara yang pertama untuk membuat slime yang mudah dan aman adalah dengan menggunakan susu cair.

Bahan-Bahan :
Susu cair / tepung susu kental manis yang dicampur air + 1,4 sendok makan tepung maizena
Bubuk vanila / pewarna makanan
Cara pembuatan :
Pertama masukkan susu yang sudah dicampur air ke dalam panci, lalu panaskan supaya bakterinya mati.
Lalu masukkan bubuk vanila ke dalam adonan.
Tambahkan tepung maizena sedikit demi sedikit sampai terbentuk tekstur yang diinginkan.
Kemudian panaskan adonan dan setelah dingin, lalu masukkan pewarna makanan.
Setelah itu dinginkan adonan slime hingga siap dimainkan.

* Cara Membuat Slime Menggunakan Garam dan Shampo

Cara berikutnya untuk membuat slime yang mudah dan aman adalah dengan menggunakan garam dan shampo. Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut.
Bahan-Bahan :
Shampo (merek apa saja, namun sebaiknya menggunakan shampo yang kental)
Garam (sebaiknya gunakan garam halus supaya mudah tercampur)
Slime activator / obat sariawan GOM yang dijual di apotek.
Cara Pembuatan :
Pertama-tama campurkan 4 sendok makan shampo dan 2 sendok makan garam, lalu aduk hingga tercampur dengan rata. Aduk shampo dan garam sampai menjadi kental seperti gel.
Kemudian tambahkan slime activator untuk membuat teksturnya menjadi kenyal dengan menggunakan GOM obat sariawan.
Lalu masukkan adonan ke dalam kulkas kurang lebih selama 20 menit.
Slime siap untuk dimainkan oleh anak

Itulah 3 tips memilih mainan yang cocok bagi anak 5 tahun dan cara pembuatan slime. Semoga bermanfaat khususnya bagi orang tua yang memiliki anak usia 5 tahun.

Comments

  1. Trims sharingnya mba... nunggu bbrp tahun lagi baru bungsu saya bisa nyobain nih.

    ReplyDelete

Post a Comment