Kelebihan RealMe 5 Pro

Tips Supaya Anak Mau Puasa Penuh Seharian

Saat bulan puasa, pastinya banyak orangtua yang ingin menanamkan kesadaran untuk beribadah sejak anak masih kecil. Yang paling utamanya adalah berpuasa dan bukan hal yang mudah untuk mengajak anak supaya bisa berpuasa penuh. Apakah ada tips berpuasa untuk anak?

Tentu saja ada banyak sekali tips berpuasa untuk anak?

- Beritahu anak apa itu puasa. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memberitahu anak terlebih dahulu mengenai puasa. Beritahu anak bahwa kita akan melakukan puasa selama sebulan penuh, dimana sepanjang pagi hingga sore hari tak boleh makan dan minum sama sekali, baru boleh makan dan minum setelah Magrib tiba.


- Lihat kemampuan anak saat berpuasa. Setelah anak memahami apa itu puasa, maka saatnya kita untuk melihat seberapa lama kemampuan anak untuk berpuasa. Ada anak yang mampu berpuasa sampai seharian penuh, ada juga yang baru mampu setengah hari terlebih dahulu.

- Buatlah makanan dan minuman favoritnya untuk berbuka. Ini adalah tips berpuasa untuk anak yang paling bisa menggoda si anak supaya mampu berpuasa. Buatlah makanan dan minuman yang sesuai dengan favorit si anak.

- Berikan hadiah setelah si kecil mampu berpuasa. Tak ada salahnya jika kita memberikan hadiah untuk si kecil yang mau berpuasa. Tak perlu hadiah yang mahal, memberikan THR atau belikan tas baru sudah cukup untuk menjadi cambuk bagi anak supaya lebih semangat untuk beribadah. Seiring dengan waktu, anak akan paham jika puasa nantinya tak perlu selalu diberi hadiah saat melakukan ibadah, karena itu adalah kewajiban.

Itulah beberapa tips supaya anak mau puasa. Jangan lupa membaca artikel lainnya di blog ini.

Tantangan Menulis 30 Hari Blogger Perempuan


Comments