Kelebihan RealMe 5 Pro

Cara Memasak Okra yang Enak dan Tak Berlendir

Okra adalah salah satu jenis sayur yang masih agak asing di telinga saya, maklum namanya lama tinggal di kampung jadi yang saya tau cuma kangkung, bayam, buncis, nangka muda dan sejenisnya.
Sebenarnya sayur (atau buah?) yang satu ini tumbuh di negara tropis seperti Indonesia, cuma karena di daerah saya enggak ada yang tanam, jadi saya enggak kenal dengan jenis bahan makanan yang satu ini.

Bule-bule menyebut okra sebagai lady finger, mungkin karena bentuknya yang mirip jari-jari perempuan yang lancip di ujung, ya? Okra yang memiliki tekstur seperti oyong ini ada beberapa jenis, ada okra merah (atau okra ungu karena warnanya memang merah keunguan) dan okra hijau.

manfaat okra untuk kesehatan
Okra Hijau dan Okra Merah

Okra ini memiliki rongga di bagian tengahnya, biji-biji kecil dan banyak lendirnya. Hal itu menunjukkan bahwa okra mengandung banyak serat, which is bagus untuk yang sedang diet menurunkan berat badan.

Di negara India, juga Timur Tengah familiar dengan okra, ditandakan dari berbagai masakan khas yang menggunakan buah ini sebagai bahan dasarnya. Selain rasanya enak, okra mengandung berbagai vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam okra adalah vitamin K, vitamin C dan juga serat larut.

Cara Memasak Okra Supaya Tidak Berlendir 

Cara Mencuci Okra

1. Jangan dicuci jika masih lama memasaknya. Okra yang diiris akan segera mengeluarkan lendir jika terkontaminasi udara atau panas, apalagi jika dicuci. Maka jika tidak segera dimasak, lendir yang keluar akan makin banyak.

2. Masak utuh. Cara lain supaya tidak berlendir adalah dengan memasak okra secara utuh, tidak diiris, atau dibelah. Cukup memotong ujungnya yang berbentuk seperti topi sebelum membersihkan bulu halus di seluruh permukaan okra, maka okra pun siap untuk diolah tanpa mengeluarkan lendir.

3. Potong okra tebal-tebal. Untuk menghindari lendir yang terlalu banyak, maka potong okra dengan tebal sekitar 1-2 cm dan hindari memotongnya melintang.

4. Potong saat okra beku. Memang harus dibekukan terlebih dahulu, namun jika memotong okra yang masih beku dan langsung dimasak, maka lendirnya bisa berkurang sangat banyak. Bersihkan dulu okra dari bulu-bulu halusnya, cuci, lalu bekukan.

5. Masak menggunakan api besar. Gunakan api besar selama memasak okra dan aduk terus supaya tidak gosong. Jika menggunakan api kecil malah membuat okra jadi layu dan mengeluarkan lendir.

Baca juga : Cara Membuat Cilok Sambal Ijo

Resep Okra yang Enak dan Tidak Berlendir

Nah, saya mau bagi-bagi sedikit resep okra yang enak dan enggak berlendir. Karena keluhan utama dari memasak okra adalah lendirnya itu, jadi agak geli-geli gimana~gitu. Ada beberapa resep yang saya share, yaitu Okra Goreng Tepung dan Okra Pedas. Penasaran resepnya?

1. Okra Goreng Tepung

Bahan-bahan :

500 gram okra (ukuran kecil)
2 butir telur (kocok lepas)
200 gram tepung roti (ditumbuk/diblender supaya halus)
2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan (boleh juga diganti 1 sdm bubuk bawang putih)
1 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh garam
Minyak goreng secukupnya.

Cara membuat:

Potonglah bagian atas okra lalu belah dua jangan sampai putus

Campurkan kocokan telur dengan garam, merica dan bawang putih

Masukkan okra ke dalam telur, kemudian gulingkan ke atas tepung roti dan dibaluri sampai tertutup permukaannya

Goreng dalam minyak panas gunakan api sedang sampai kekuningan

Okra goreng tepung bisa disajikan dengan saus tomat maupun saus sambal, bisa juga saus mayones yang dicampur okra bersama saus sambal, saus tomat, atau mayones yang sudah dibumbui dengan bawang putih bubuk.

Baca juga : Membuat Jus Kurma Pakai Cosmos Blenz

2. Okra Pedas

Bahan-bahan:

200 gram okra ukuran sedang

Bumbu:

1 batang serai (ambil putihnya)
1 lembar daun jeruk purut (remas layu)
4 butir bawang merah
2 buah cabe merah
4 buah cabe rawit
1 cm jahe (bersihkan kulitnya)
1 sendok makan minyak goreng
Garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

Iris okra memanjang menjadi dua bagian, cuci bersih

Haluskan bumbu, kecuali serai yang cukup digeprek saja

Tumis bumbu halus, masukkan daun serai dan daun jeruk, tumis hingga wangi

Masukkan okra dan tumis hingga empuk, beri garam dan gula secukupnya. Segera angkat dan sajikan

Manfaat Okra untuk Kesehatan

1. Menurunkan Gula Darah. Hal ini bisa terjadi karena okra mengandung serat yang tinggi, jadi pelepasan gula dalam darah bisa diperlambat, selain itu juga mengandung indeks glikemik yang terbilang rendah. Caranya adalah dengan merendam okra semalaman, kemudian meminum airnya secara rutin.

2. Menurunkan Kolesterol. Karena memiliki serat yang tinggi dan juga antioksidan, okra bisa dikonsumsi dengan rutin untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Adanya kandungan folat dalam okra bisa membantu pertumbuhan janin dan menghindarkan janin terlahir cacat. Apalagi di dalam 100 gram okra terdapat sebanyak 60 mcg folat, dengan rekomendasi 400 mcg folat per harinya, jadi sangat cocok untuk asupan folat harian ibu hamil dan menyusui.

Baca juga : 4 Aplikasi Kalkulator Kehamilan

Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak sekali manfaat okra atau okrak untuk kesehatan. Misalnya saja mencegah anemia dan mengatasi konstipasi.

Comments