Kelebihan RealMe 5 Pro

Makanan yang Harus Dicoba Saat Jalan-Jalan ke Cirebon


Setiap berkunjung ke kota tetangga, rasa takjub melihat situasi daerah dan pemandangan alamnya, juga dibuat penasaran dengan aneka makanan khas mereka. Contohnya saja yang mau jalan-jalan ke Cirebon, ada banyak makanan khas Cirebon yang wajib dicoba. Tapi karena lokasi satu dengan yang lain bisa berjarak sampai belasan kilometer, dan bagi pelancong bisa saja menyasar, menggunakan paket wisata Cirebon adalah salah satu cara jitu untuk jalan-jalan asyik tanpa rempong.

Empal Gentong, Tahu Gejrot dan Docang

Dari Banjar ke Cirebon membutuhkan waktu sekitar 103 km, memakam waktu 3 jam lebih sedikit dengan menggunakan mobil pribadi. Kalau pakai mobil umum, misal pakai bis atau mobil elf bisa memakan waktu sampai dua kali lipatnya.

Saya belum pernah ke Cirebon sih, tapi punya beberapa teman online yang cukup akrab dan berasal dari sana. Pernah beberapa kali merencanakan untuk kopdar, tapi selalu enggak terealisasi karena satu dan beberapa alasan lainnya. Walau begitu, rencana saya untuk main kesana enggak padam, tetap ingin jalan-jalan ke kota rebon suatu saat nanti.

Nah, sambil menunggu waktu jalan-jalan itu tiba, saya mau mengenal lebih dalam berbagai makanna khas Cirebon yang bikin pelancong jatuh cinta. Misalnya adalah Empal Gentong, Tahu Gejrot dan juga Docang.


Empal Gentong. Saya pertama kali tau ada makanan khas Indonesia ini saat salah satu merk mi instan mengeluarkan seri makanan tradisional empal gentong. Saya jatuh hati dengan rasanya yang khas dan aromanya juga bisa bikin auto lapar, haha. Empal gentong Cirebon ini ternyata salah satu makanan jadul yang tetap hits sampai sekarang, dengan dimasak menggunakan gentong tanah liat, potongan dagingnya besar-besar, empuk dan kuah santannya juga gurih. Apalagi jika ditabur dengan bawang goreng, perasan jeruk sambal yang khas dan bubuk cabe supaya makin pedas. Widiih ngiler!

Ada banyak penjual empal gentong di Cirebon, tetapi yang sudah berdiri sejak zaman baheula adalah Empal Gentong Mang Darma, berdiri sejak tahun 1948 silam dan lokasinya di Jalan Slamet Riyadi 1, Kesenden-Kejaksan. Berapa harga seporsi empal gentong? Untuk satu porsi empal gentong lengkap dengan lontong/nasi, sekitar Rp20.000 - Rp30.000 saja, terjangkau.

credit Kesiniajadotcom

Tahu Gejrot
. Kalau yang satu ini saya sudah pernah coba langsung, pas main ke Kuningan yang memang tetangganya Cirebon. Tahu gejrot adalah jajanan jadul yang berupa tahu kopong (tahu Sumedang) yang dipotong-potong dan disiram kuah gula merah dengan bawang dan cabe rawit yang diulek. Pedas, manis dan gurih jadi satu. Penyajiannya unik, pakai piring kecil dari tanah liat.
Harga seporsinya juga murah, paling banter cuma goceng alias Rp 5.000 tergantung dimana kita membelinya. Makanan yang murah meriah enak, cocok banget buat yang ingin kuliner murah di Cirebon.

credit Travelingyukdotcom

Docang
. Namanya lucu, ya? Tapi rasanya bikin ketagihan, lho! Jadi si docang ini adalah jajanan kaki lima yang bisa bikin kenyang. Sekilas mirip dengan lontong sayur, tapi isinya lebih bervariasi dan punya sejarah yang unik banget. Bahkan sejarah docang ini agak-agak ngeri sih kayaknya, karena zaman Wali Songo menyiarkan agama Islam di Cirebon, Pangeran Rengganis yang kurang menyukai mereka dan pergerakannya pun menyiapkan jalan licik supaya Wali Songo segera tersingkir, yaitu dengan meracuni makanan mereka!

Ckk, ckk, ckk, jahat banget. Dari akal jahatnya itu lahirlah docang dan hebatnya, alih-alih teracuni yang ada malah pada doyan, tuh! Sampai akhirnya docang menjadi populer di masyarakat sebagai makanan yang enak dan lezat.

Docang ini merupakan potongan lontong yang disiram kuah dage gurih berwarna merah dan kental, ada toge rebus, potongan daun singkong dan juga oncom sebagai topping pelengkap. Jangan lupa kerupuk kulitnya supaya rasa docang semakin mantabh! Harganya? Cuma Rp 10.000 saja satu porsi.

credit Primarasa

Selain makanan-makanan yang telah saya absen di atas, masih banyak banget makanan tradisional Cirebon yang wajib dicoba, misalnya Nasi Jamblang yang wangi banget atau Empal Asam dan Mi Koclok. Menariknya, makanan disini harganya murah, meriah, enak dan bisa ditemukan di berbagai tempat. Dari mulai pedagang kaki lima, sampai rumah makan dan restoran besar.

Tempat Wisata di Cirebon

Jalan-jalan ke Cirebon pasti bukan cuma buat makan, kan? Pasti ingin berkunjung ke tempat wisata yang hits disana juga. Ini dia tempat yang wajib dikunjungi di Cirebon :

Keraton Kasepuhan

Ini adalah keraton tertua di Cirebon, jadi tempat tinggal Sultan Kasepuhan sekaligus jadi pusat pemerintahan Kesultanan Cirebon. Walaupun tidak semua bagian keraton dibuka untuk umum, tapi sudah cukup untuk menikmati megahnya arsitektur keraton dan mengenal sejarah Cirebon lebih dalam lagi. Ada museum yang berisi koleksi benda pusaka dan berbagai lukisan kerajaan yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Adapun Keraton Kasepuhan ini buka setiap hari pukul 08:00 - 18:00 WIB, tarif masuknya hanya Rp15.000 saja per orang.

Alun-alun Kejaksan

Jika datang ke Cirebon lewat Stasiun Kejaksan, jangan lupa mampir ke Alun-Alun Kejaksan untuk nikmati aneka hiburan rakyat dengan harga hemat. Aneka makanan khas Cirebon bisa ditemukan disini, bisa mengajak anak main sepeda atau mobil-mobilan, bisa juga nongkrong cantik sambil menikmati suasana Cirebon yang khas. Ditambah lagi bisa memandangi kemegahan Masjid Raya At-Taqwa juga.

Taman Air Sunyaragi

Setidaknya sebanyak 13 gua batu purba di taman air Sunyaragi, hanya 15 menit saja dari pusat kota dan bisa mengunjungi istana cantik di tengah lahan hijau dengan luas 15 hektar. Uniknya, gua-gua tersebut memiliki sistem canggih untuk zaman dahulu, teknologi pengairan canggih, bahkan lorong batunya pun direkatkan menggunakan putih telur  saja. dan memiliki teknologi pengairan yang canggih. Tiket masuk hanya Rp 10.000 saja per orangnya.


Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di Sentra Batik Trusmi, ya! Ada batik khas Cirebon yaitu motif Mega Mendung dan juga motif Paksinaga Liman, keduanya kreasi masyarakat yang menjadi legenda. Untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut, kita bisa menggunakan jasa pemandu wisata lokal dengan tarif yang bervariasi, belum ditambah dengan biaya transportasi dan penginapan. Supaya lebih hemat dan praktis, saya sarankan untuk menggunakan paket wisata Cirebon saja.

Comments

  1. ngiler banget itu liat tahu gejrotnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahu Gejrot emang juara bikin ngiler, enak, manis pedas

      Delete
  2. Wah bener banget tuh Mbak, saya pernah tuh makan empal gentong. Enak banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malahan belum pernah, hicks. Jadi pengen deh

      Delete
  3. Wah bener banget nih Mbak. Saya dulu pernah ke Keraton Kasepuhan

    ReplyDelete
  4. Lagi ngomongin Ciebon ya. Memang enak banget tuh Mbak makanan khas empal gentong ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener-bener ya empal gentong ini hits banget

      Delete
  5. Wah saya dulu pernah ke sana Mbak. Bagus banget emang tempat wisatanya

    ReplyDelete
  6. Empal gentong itu memang merupakan salah satu makanan khas Cirebon yang wajib dicoba ya

    ReplyDelete
  7. aku dah coba empal gentong. kirain semacam semur, tak taunya seperti soto yak.

    ReplyDelete
  8. Salah banget deh baca ini subuh-subuh. Kujadi lavar seketika hahaha. Btw aku baru tahu Empal Gentong tuh asalnya dari Cirebon. Kalau tahu Genjrot mah tahu dan favorit aku. Docang unik ya disiram kuah dage. Semoga nanti ku bisa menikmati makanan-makanan itu di Cirebonnya langsung hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment