Saya Pamit : Mau Jualan di Blibli.com


Sejak satu tahun yang lalu, saya dan suami punya usaha yang kami rintis bersama, yaitu Mie Lidi Mandjah. Iya, mie lidi...mie Jepang, lidi-lidian atau nyenyerean. Jajanan jadul yang eksis lagi dan Alhamdulillah, walaupun omzet masih berkisar di angka 2 juta aja per bulan.

Siapa sih yang enggak mau omzet meningkat? penjualan naik dan otomatis keuntungan juga bertambah banyak. Saya juga pengen...huhu.

Sudah berbagai cara dilakukan seperti di artikel saya sebelumnya tentang Mie Lidi, tapi ternyata  hasilnya belum maksimal. Naiknya sedikitttt sekali...mau belajar marketing online, biayanya enggak sedikit. Buat modal aja pas-pasan kan...

Mau belajar lewat internet? Lah, materinya nanggung semua, jarang banget ada yang tuntas. Wajar lah ya...namanya juga mereka enggak mau rahasianya ketauan sama yang lain, nanti usaha mereka jadi ada saingan.

Jadilah usaha saya dan suami stuck, bukannya enggak bersyukur lho ya! Tapi kan setiap manusia pasti ingin lebih baik dan baik lagi, pun demikian dengan kami berdua. Kami ingin usaha ini jadi lebih berkembang, sampai bisa jadi lapangan pekerjaan untuk orang-orang di sekitar kami.

Masalah yang Bikin Mie Lidi Mandjah Jalan di Tempat



Setelah saya evaluasi lagi dan lagi, akhirnya saya bisa mengambil garis besar masalah yang bikin Mie Lidi Mandjah stuck alias jalan di tempat. Yaitu :

1. Kalah SEO Marketing

Coba deh ketik keyword 'mie lidi' atau 'mie lidi murah' di Google atau Yahoo, yang keluar pasti iklan marketplace besar, lalu disusul blog jualannya master SEO. Terus jualan saya ada di page berapa? Jelas yang satu ini enggak bisa diandalkan bagi amatir kayak saya.

2. Foto Produk Kurang Menarik

Namanya cuma berbekal kamera HP, pencahayaan alakadarnya dan satu-satunya background cuma dinding rumah polos, itu pun warnanya pucat dan bikin produk enggak pop up, enggak menarik, blas!

3. Packaging yang Tak Profesional

Bukan sekali dua kali packing produk untuk dikirim ke luar daerah, sudah berbagai cara dicoba supaya kemasan rapi dan aman, juga terlihat profesional. Tapi apa daya, kardus bekas produk (dapat dari pasar), lakban seadanya dan alamat pengiriman ditulis tangan di atas kertas. Padahal produk mie lidi saya berhak dapat pengemasan yang lebih baik dan aman, tapi saya belum mampu karena keterbatasan ini dan itu.

4. Ongkir Bikin Calon Cust Kabur

Rata-rata calon pembeli mundur setelah tau berapa ongkir yang harus dikeluarkan. Apalagi dalam satu kilo itu hanya muat 6 box saja dan kadang malah lebih mahal ongkir daripada harga mie lidinya itu sendiri.

4. Ekspedisi yang Ribet

Pernah terpaksa balik lagi ke rumah, bongkar lagi paket karena kurang edukasi tentang batas maksimal 1 kilo paket atau volume paket. Sudah capek bongkar pasang paket, tetap saja enggak bisa. Belum lagi komunikasi yang kurang jelas antara saya dan pihak ekspedisi, bikin stres!

Sempat ingin jualan secara offline saja, buka toko atau kios kecil dan jualan mie lidi. Tapi mikir lagi, produk jualan kami cuma mie lidi aja, pilihan produk sedikit dan belum sepopuler itu, memangnya bisa tertutup sewa kiosnya? Banyak sekali kekhawatiran ini dan itu, juga rasa pesimis. Huhu.

Dibilang putus asa sih, enggak...cuma agak loyo aja gitu. Saat lagi loyo-loyonya, eh tiba-tiba aja nyasar ke video yang satu ini :


Gimana saya dan suami enggak tertarik? deskripsi videonya bener-bener bikin 'ngiler' bagi olshop kami yang memang lesu orderan. Bagus Mart dapat lebih dari 1000 orderan di awal bergabung bersama Blibli.com hmmm, kok bisa?

Dari satu video, saya beralih ke video lainnya dan diem lamaaaa banget sambil melototin video Fasilitas Berjualan Blibli.com (cek di Youtube). Dalam hati saya ngebatin sendiri, ini beneran nih? Seserius itu Blibli mendukung online shop pemula untuk maju dan berkembang?

Fasilitas Seller Blibli.com yang Bikin Optimis Laris Manis


Gimana? Di atas adalah cuplikan video yang saya ambil dari channel Blibli. Ada 4 fasilitas yang akan didapatkan jika bergabung bersama Blibli.com sebagai seller. Lebih jelasnya :

1. Photoshoot gratis untuk produk jualan kita

Ada tim fotografer khusus yang berpengalaman di bidang foto produk, siap menjepret produk jualan kita supaya terlihat lebih profesional. No more kamera butek dan background foto berantakan!

2. Kemasan gratis untuk mengirimkan produk yang terjual

Mengemas produk pakai tas kresek item atau kardus bekas air mineral? ada seperangkat kemasan gratis dari Blibli untuk mengemas produk jualan kita, bukan cuma lebih rapi tapi bikin produk terlihat lebih profesional.

3. Fasilitas learning oleh Blibli University

Berbagai tips dan trik berjualan supaya dapat untung berlipat ganda, semuanya tersedia cuma-cuma alias gratis-tis-tis!

4. Merchant care 24 jam

Sejumlah merchant service yang rela begadang untuk menanggapi semua keluh kesah kita, seller Blibli dengan segudang problematikanya. Masalah apapun pasti lekas kelar dan usaha bisa lancar lagi deh.

Semua itu bisa dinikmati jika sudah aktif berjualan melalui Blibli.com! Cukup daftar dan semua bisa didapatkan. Serius, semudah itu!

Untuk yang mau jualan di Blibli.com harus daftar dulu, caranya juga gampang banget.

Cara Daftar Jadi Seller di Blibli.com

- Isi data diri sebenar-benarnya
- Unggah dokumen kelengkapan (KTP dan NPWP)
- Verifikasi email. Selesai! Sudah siap berjualan di Blibli.

Saya Pamit, Mau Jualan di Blibli.com Aja!

Setelah saya bolak balik mempelajari seni berjualan di channel Blibli.com, akhirnya saya bisa menyimpulkan alasan-alasan yang dimiliki seller sukses di sana. Apa saja?

1. Foto Produk Profesional

Untuk memincut hati calon pembeli, tentu butuh foto produk yang ciamik. Maka karena itu, dapatkan fasilitas foto produk gratis dari Blibli khusus buat seller yang aktif jualan. Caranya juga gampang banget, cukup hubungi Merchant Care untuk membuat janji pemotretan produk dan tim profesional pun akan memotret produk kita, tanpa tambahan biaya apapun alias gratis 100%! Bayangkan, bisa dapat foto kualitas terbaik, oleh tim yang profesional dan semua dilakukan cuma-cuma, kita cuma tinggal tau beres saja.

Setelah foto produk jadi, kita tinggal unggah saja dan sekali lagi, semuanya GRATIS!

Di luaran sana mana ada yang seperti ini?

2. Packing Gratis

Ada kardus, kemasan plastik, plastik pelindung dan bahkan bubble wrap gratis untuk packing produk yang lebih baik, spesial dari Blibli.com! Produk yang kita jual akan dikemas dengan aman, rapi, dan juga sangat keren, berbalut kemasan dengan logo Blibli yang khas itu. Ahh, bangga banget gak, sih? Kalau saya jelas bangga banget, produk kita diakui sebagai anggota keluarga Blibli yang besar.

3. Ilmu Marketing Online

Yup! Ada banyak ilmu marketing online yang bisa kita dapatkan setelah bergabung. Tak hanya seminar dan workshop offline, namun banyak sekali webinar (web seminar) yang bisa diikuti semua seller, baik itu oleh para profesional atau para newbie sekalipun, dan catat ya...semuanya GRATIS. Mana ada master marketing yang mau bagi-bagi tips/trik marketing online secara gratis? Enggak ada, cuma di Blibli University aja.

4. Ongkir Gratis

Saya dan suami galau total pas tau tarif ekspedisi pengiriman sempat naik beberapa kali di awal tahun, yang bahkan mencapai dua kali lipatnya! Sedih karena beberapa pembeli sampai membatalkan pembelian karena ongkir yang enggak kira-kira. Sekarang enggak perlu khawatir dengan ongkos kirim lagi, karena ada Ongkir Gratis dari Blibli ke seluruh Indonesia. Terlebih Blibli juga sudah bekerjasama dengan sekitar 30 ekspedisi pengiriman dari Sabang sampai Merauke, baik seller maupun buyer benar-benar dimudahkan untuk memilih jasa kurir mana yang paling nyaman, gratis pula!

5. Asuransi Produk

Asuransi produk biasanya ditanggung pembeli, tapi enggak jarang penjual juga menanggung asuransi bagi produk yang mereka kirimkan. Biayanya lumayan, lho! Itulah kenapa saya kadang terpaksa enggak mengasuransikan mie lidi yang saya kirim...risikonya saat terjadi kerusakan, hilang atau lainnya, ya saya rugi dua kali. Tapi dengan jadi merchant Blibli, asuransi pengiriman produk sudah ditanggung 100% lho, jadi enggak waswas deh!

6. Selalu Berinovasi

Ada Blibli in Store yang cocok banget untuk yang doyan belanja, karena bisa belanja di toko offline dengan berbagai keuntungan belanja online. Contoh, cicilan 0% menggunakan kartu kredit dari 16 lebih bank. Juga dapatkan bonus loyalty dengan Blibli Rewards yang lumayan banget, lho!

Dan jangan lupa, Merchant Care 24/7 Blibli.com yang sabar dan siaga membantu seller yang memiliki masalah dengan merchant mereka. Dari mulai proses pembuatan toko online, foto produk dan proses unggahannya, promosi produk dan bahkan komplain pelanggan pun akan dibantu dengan sangat senang hati oleh Merchant Care. Empat jempol untuk mbak dan mas Merchant Care!

Karena alasan-alasan tersebut akhirnya saya memutuskan untuk pamit...

Saya pamit dari jualan online yang biasa-biasa aja, jadi jualan online yang luar biasa bersama Blibli.com. Saya optimis berjualan Mie Lidi Mandjah bisa berkembang dengan lebih pesat bersama dengan niat, tekad dan marketplace yang tepat, yaitu Blibli.

Siapa juga yang mau pamit jual online yang biasa-biasa aja kayak saya? Ayo jualan untung gak tanggung-tanggung di Blibli.com


Comments

  1. Wah banyak banget nih ya Mbak keuntungan dalam berjualan di blibi.com ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bener bgtt, online shop harus gabung di Blibli

      Delete
  2. Wah di blibi.com lagi ada lomba nih ya Mbak. Terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete
  3. Wah sepertinya enak banget nih Mbak mie lidinya ini. Saya jadi pingin deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk mbak, monggo dipesan. Bisa kirim seluruh Indonesia kook

      Delete
  4. Smg sukses mba dgn bli2.

    Insya Allah rejeki udah ada yg ngatur

    ReplyDelete
  5. Wahh jadi twrtarik nih..
    Kami juga ada usaha sampingan jualan kopi gayo.
    Yg masih biji dan yg bubuk.

    Segera dipelajari!

    Thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak, siapa tau bisnis makin berkembang di Blibli ini

      Delete
  6. Mbak, saya salut dengan semangatnya berwirausaha. Blibli mewadahi pula para enterpreuneur yang inspiratif begini. Semoga sukses penjualan Mie Lidi Mandjah-nya, bisa berkembang dengan lebih pesat bersama dengan niat, tekad dan marketplace yang tepat, yaitu Blibli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukk betul bgt, enggak cuma niat dan tekad, tapi juga marketplace yang tepat

      Delete
  7. Enak banget ya, jadi seller di Blibli, banyak dibantuinnya. Apalagi itu foto produk yang bikin lapak terasa profesional. Keren...

    ReplyDelete
  8. Hwaaaa gila sih ini blibli. Kece parah ya. Aku mau nyobain ah. Biar jualan gak ribet motoin produknya pake kamera hape yang alakadarnya. Biar hasilnya cakep dan omzetnya wow 😁

    ReplyDelete
  9. Sungguh treath mba nunik bikin aku tergoda buat jualan di blibli.
    Secara toko saya di sebelah sudah sepi akibat keribetan dan banyaknya aturan yang berkali-kali berubah. Di awalnya aja banyak promo, sekarang udah susah mba..

    ReplyDelete
  10. Ternyata mie lidi itu dulu ngehits ya, Mbak dan sekarang ngehits lagi. Soalnya saya itu baru coba sekarang. Soalnya pas di Makassar tidak ada hehehe.
    Tapi jempol buat perjuangannya, Mbak. Dan syukurlah sekarang ada Blibli yang membantu ya, Mbak. Jadi semakin semangat jualan mie lidi Mandjah-nya.

    ReplyDelete
  11. Jadi pengen jualan di blibli juga deh Saya punya usaha toko buku 4tahun ya masih standar begini saja Pengen juga bisa punya foto produk yang bagus

    ReplyDelete
  12. MasyaAllah.. BArakallah. Moga makin sukses usahanya. ketika memasarkan produknya di blibli, omsetnya makin naik.

    ReplyDelete
  13. Wah, keren ini. Emang kadang suka kesel kalau beli produk ternyata harga ongkirnya lebih mahal dari produknya, jadi kadang customer mikir dan gak jadi beli produk. Dan blibli keren menurutku bisa mewadahi dan menyelamatkan bisnis bisnis rumahan. Keren mbak! Semangat untuk terus berjualan!

    ReplyDelete
  14. Mbak Nuniek dan suami, semoga berkaaahh ya
    Join Blibli insyaAllah bikin bisnis jadi kian cetharrrr, berkah rezeki melimpaaahh
    Aamiiin aamiiin ya robbal alamiiin
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  15. Saya juga belajar berdagang walaupun masih menjadi reseller. Sejauh ini masih pakai marketplace sebelah. Yang ingin saya tanyakan, apakah ada potongan income di Blibli?

    ReplyDelete
  16. Wah, fasilitas blibli bikin mupeng pengen jualan juga.. Tapi jualan apa ya? Sik pikir2 dulu... Mksh sharingnya.

    ReplyDelete
  17. Hahaha judulnya lagi niru yang lagi viral yeeee. Owalah baru tau Mbak Nuniek jualan mie lidi. Moga sukses ya bisnisnya.
    Emang paling enak jualan online kerjasama dengan marketplace ya mbak, apalagi Blibli, soalnya dibantuin step2nya, sampai poto aja juga dibantuin biar keliatan menarik dan memancing konsumen beli ya?

    ReplyDelete
  18. Wah jadi pengen jualan di marketplace juga. Dulu aku jualan mutiara namun nggak teguh dan menyerah. Coba ada tips blibli kayak ini.

    ReplyDelete
  19. Iya Mba, jangan pamit jualan yak . trus bergerak, mumpung ada fasilitas foto produk yang keci di blibli. sukses terus ya Mba

    ReplyDelete
  20. Selamat berjuang kak untuk menjadi entrepreneur sekaligus writerpreneur. Semoga sukses usahanya

    ReplyDelete
  21. Keren banget nih ya programnya Blibli buat sellernya. Saya dulu pernah jualan online juga, produk hijab. Udah 2 tahun berhenti karena ga fokus juga sama kerja. Kalau ada blibli dari dulu kayak gini, mungkin pengen deh jadi seller di blibli

    ReplyDelete
  22. Blibli memanjakan penjual nya banget ya mbak. Yang photoshoot produk itu yang menurut aku worth it banget. Kebayang kalo foto sendiri, edit sendiri, pasti butuh banyak waktu. Belum lagi hasilnya nanti masih jauh dari harapan. Makasi sharingnya mbak.

    ReplyDelete
  23. Btw ini Mie Lidi Mandjah ada di Jakarta kah? Kalo ada, aku seriusan nih pengen order karena sampe sekarang aku masih suka ngemil lidi-lidian. Kadang makan pake nasi pula 😄

    ReplyDelete
  24. Wah aku suka banget sama mie lidi yang barbeque. Dan jualan di blibli.com ternyata lebih mudah dibanding MP yang lain

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Downy Parfum Collection Mystique : Wanginya Awet Sampai 2 Minggu

Pengalaman Pakai Masker Kefir Selama 1 Bulan

Review Ellips Hair Vitamin Shiny Black : Beneran Hitam dan Berkilau