Mata Kering Menjelang DL : Untung Ada Insto Dry Eyes!

Lebih dari 8 tahun saya cari nafkah di depan layar laptop, sebagai tukang nulis. Awalnya nulis novel, tapi sekarang lebih banyak nulis artikel pesanan dan ngeblog. Alhamdulillah, kerja sampingan ibu rumah tangga, ada aja buat nambahin uang belanja.

Berjam-jam mantengin layar dengan semua radiasinya, otak bekerja terus memilah info untuk dimasukkan ke dalam tulisan, bolak-balik ditanyain klien, DL semakin dekat dan si mata mulai protes. Ini kejadian paling horor yang sering saya alami saat dikejar-kejar DL. Awalnya sih cuma terasa agak sepet aja, dikucek-kucek sedikit bukannya baikan malah makin menjadi. Bahkan jadi perih dan merah. Parahnya lagi, karena pandangan mata yang terganggu, saraf dalam kepala sering ikut-ikutan rewel, akhirnya vertigo kumat!



Ternyata ini Penyebab Mata Kering!

Kalau vertigo udah kumat, wassalam deh semua kerjaan. Bubar jalan! Cuma bisa tiduran dan merem, sambil mijit-mijit mata yang pegel, ditambah kepala rasanya muter dan mual-mual. Huhu.

Sedih banget, kerjaan sudah deadline tapi saya enggak bisa kerjakan sampai tuntas. Kalo kerjaan enggak tuntas tepat waktu, klien bakal kecewa dan dampaknya buruk untuk kerjasama berikutnya. Itu semua terjadi karena saya yang lalai juga, sih. Ya itu...saya enggak aware dengan kondisi tubuh saya sendiri, yang udah diberi peringatan lewat mata yang terasa sepet dan pegal, tapi saya enggak peduli dan maksa.

Niat hati memaksakan diri supaya nanti istirahatnya sekalian, eeh malah berantakan semuanya. Kerjaan enggak kelar, mata sakit, tubuh kelelahan. Andai aja sebelumnya saya mengerti kalo mata yang sepet itu alarm tubuh untuk istirahat sejenak...

Enggak mau terulang lagi dan lagi, saya berjanji pada diri sendiri untuk lebih menyayangi tubuh dan semua anggotanya, terutama mata. Cari-cari informasi via Mbah Gugel mengenai kondisi mata saya ini dan ternyata mata sepet dan pegal--bahkan sering juga ditambah dengan perih dan mata merah--itu ternyata mata kering namanya, kondisi dimana otot dan saraf mata kita udah kelelahan banget. Mata kering itu disebabkan oleh hal-hal berikut ini :

1. Terlalu lama di depan layar monitor
2. Mantengin HP nonstop
3. Berada di ruangan yang ber-AC dalam jangka waktu yang lama
4. Pakai softlens yang kadar airnya rendah
5. Membaca terlalu lama
6. Berada di dalam ruangan bercahaya buruk
7. Berkendara jauh tanpa kacamata
8. Kurang tidur
9. Stres
10. Kacamata tebal dan masih banyak lagi

Nah lho! Saya bisa berjam-jam di depan layar laptop, sesekali mantengin IG pake ponsel, ruangannya bercahaya remang-remang, kacamata -2,5 dan pakai AC pula. Pantesan ajaaa ini mata udah sepetnya kayak dikasih pasir!

Gejala Mata Kering

Gejala mata kering yang terjadi karena terlalu lama di depan laptop atau main HP
Seperti grafis yang saya tampilkan di atas, ada beberapa gejala mata kering yang sering banget diabaikan--oleh saya--yang akhirnya bikin kesehatan mata benar-benar terganggu.

1. Mata Sepet

Mata sepet ditandai dengan mata yang terasa seperti ada yang mengganjal, tak nyaman, saat mengedip juga rasanya kering banget dan gatal, sehingga mata sepet jadi dikucek-kucek atau digosok keras supaya rasa tak nyaman dan gatal itu hilang.

2. Mata Perih

Mata perih muncul karena ada lecet di bola mata, atau pada bagian dalam kelopak mata. Selain itu, mata juga akan berair, bahkan enggak jarang terlihat seperti sedang menangis tersedu. Selain karena mata yang kekurangan cairan lubrikasi, mata perih terjadi karena menggosok mata terlalu keras.

3. Mata Pegel

Mata pegel ditandai dengan perasaan tak nyaman di sekitar mata, bola mata terasa tegang dan menonjol keluar, serta kelopak mata yang berkedut-kedut. Kadang pelupuk mata juga ikut berkedut-kedut sendiri. Jangan GR kalo mata berkedut-kedut sendiri, bukan karena mau dapat rezeki nomplok lho ya, tapi karena mata lelah dan kondisinya cukup parah.

Bahaya Mata Kering

"Ah, segitu doang. Bukan masalah serius, kok!"

Eitsssss! Jangan menyepelekan mata kering wahai Marimar! Ada seabrek bahaya mata kering jika kita biarkan begitu saja, atau dikucek-kucek terus karena sensasi gatalnya yang tak tertahankan. Kalo gejala tersebut dibiarkan dan enggak ada itikad baik untuk mengurangi penyebab mata kering, bola mata akan mengering dan akhirnya membuat luka pada permukaannya, yang dalam kondisi parahnya bisa bikin buta, lho!

Hal itu bisa terjadi karena mata jadi kehilangan kemampuan alaminya untuk menghilangkan debu atau kotoran yang masuk, bukannya terbilas karena cairan alami di permukaan mata dan terbuang jadi kotoran, malah terjebak di permukaan mata dan bikin lecet juga luka-luka. Masuk akal banget yekan kalo mata kering jangka panjang bisa menyebabkan kebutaan?

Hii, ngeri banget kan?

Cara Mengatasi Mata Kering dengan Insto Dry Eyes

Kalo udah tau bahaya dari mata kering, pastinya langsung kepo dong gimana cara mengatasi mata kering? Selain mengistirahatkan mata dari depan laptop dan ponsel untuk beberapa waktu, cara lain yang ampuh untuk mengobati mata kering adalah dengan menggunakan tetes mata.

Tentu bukan sembarang tetes mata, sebab butuh tetes mata dengan kandungan yang persis seperti pelumas alami yang dihasilkan oleh kelenjar di sekitar mata, yang terbuat dari campuran air, lemak, lendir dan sekitar 1500 protein yang bikin mata tetap halus, juga terhindar dari berbagai ancaman bakteri dan debu dari luar. *sumber DetikHealth

Untuk mengatasi gejala mata kering, saya percayakan pada Insto Dry Eyes. Kenapa harus Insto?

Insto Dry Eyes solusi mata kering
Karena Insto Dry Eyes bukan sekadar tetes mata biasa, dengan kandungan aktif Hydroxypropyl methylcellulose di dalamnya, menjadi air mata buatan yang bisa mengatasi kekeringan pada bola mata kita, pelumas alami untuk permukaan mata dan juga bisa membunuh bakteri yang masuk. *sumber web Insto

Sensasi rasa dingin pas digunakan juga nyess banget, mata yang merah dan gatal langsung terasa rileks saat menggunakan tetes mata yang satu ini. Dalam hitungan detik, mata terasa nyaman kembali dan lebih segar.

Cara menggunakan tetes mata Insto Dry Eyes sama seperti tetes mata pada umumnya, dongakkan wajah, pandangan ke atas dan perlahan teteskan 1-2 tetes Insto pada masing-masing mata. Kedip-kedipkan mata perlahan supaya cairannya melumasi seluruh permukaan mata. Biarkan beberapa saat, jangan sampai menetes keluar supaya kandungan aktifnya mengatasi keluhan mata kering kita.

Insto Dry Eyes aman digunakan setiap hari, digunakan 1-3 kali sehari sesuai dengan kebutuhan/sesuai dengan saran dokter. Tetes mata ini juga bisa digunakan kapanpun saat kita butuhkan, misalnya saya nih...saat nonton film di bioskop, lebih dari satu jam dan di ruangan ber-AC, harus banget pakai tetes mata. Atau setelah bepergian jauh, walau pakai kacamata dan ditutup kaca helm, tetap harus pakai tetes mata untuk membersihkan debu dan kotoran yang masuk ke mata.



Apakah Insto aman untuk anak-anak?

Semua orang juga pasti pernah mengalami gejala mata kering, apalagi anak-anak yang notabene senang main game online, panas-panasan dan sepedaan yang bikin mata kering. Tapi apa Insto aman digunakan oleh anak-anak?

Boleh. Anak usia di atas 6 tahun boleh menggunakan tetes mata Insto Dry Eyes sebanyak 1 tetes/3-4 kali sehari, atau dengan anjuran dokter.

Apakah Insto aman untuk pengguna softlens?

Beberapa kali saya menggunakan softlens yang agak kering dan rasanya perih, supaya mata enggak kenapa-kenapa, saya memilih untuk melepas softlens dan merendamnya dalam cairan khusus supaya lebih lembap, sementara saya pakai tetes mata.

Ternyata, tetes mata Insto aman kok untuk pengguna softlens. Dengan syarat, lepaskan softlens sebelum meneteskan tetes mata dan kita bisa mengenakan softlens lagi setelah 10-15 menit.

*sumber Cosmopolitan.co.id-Insto,Combiphar

Supaya bisa tetap menikmati nyamannya hari tanpa mata kering, selain pakai tetes mata Insto Dry Eyes, saya juga melakukan hal-hal berikut :

- Tidur cukup
- Membaca atau mengetik di luar rumah atau di ruangan dengan cahaya cukup
- Biasakan 15 menit mengetik/membaca/nonton, 5 menit alihkan pandangan ke objek lain (lebih bagus kalo lihat tumbuhan hijau)
- Jangan stres! Dibawa enjoy aja
- Menurunkan kecerahan layar
- Memperbanyak makan makanan yang baik untuk mata
- Pakai eye mask, bisa pakai timun, kantong teh, atau pakai masker yang dijual di apotek/toko kosmetik
- Sering senam mata

 Dan yang terakhir, jangan menggosok mata! Karena menggosok atau mengucek mata enggak akan mengatasi keluhan pada mata, yang ada malah melukai mata dan memperparah masalah pada bola mata kita.

Harga Insto Dry Eyes

Ada dua varian Insto, yaitu Insto Reguler dan Insto Dry Eyes. Untuk Insto Reguler tersedia dalam kemasan 7,5 ml dan 15 ml. Sementara Insto Dry Eyes hanya tersedia ukuran 7,5 ml dengan harga Rp.15.500 saja. Produk ini bisa dibeli di berbagai toko dekat rumah, minimarket, supermarket, apotek, bahkan toko kosmetik. Selain itu, juga bisa dibeli di berbagai marketplace atau online shop.

Itu dia solusi mata kering saya, enggak hanya saat dikejar-kejar DL, tapi juga saat melakukan aktivitas harian. Saya percayakan pada Insto Dry Eyes. Buka mata buka Insto!

Comments

  1. oh ini untuk mata kering bukan kalau kena infeksi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalau yang kena infeksi pakai Insto yang satu lagi

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Downy Parfum Collection Mystique : Wanginya Awet Sampai 2 Minggu

Pengalaman Pakai Masker Kefir Selama 1 Bulan

Review Ellips Hair Vitamin Shiny Black : Beneran Hitam dan Berkilau