Saung Awi Kang Ayi Recommended di Kota Banjar

Tempat buka puasa favorit di Kota Banjar? jawabannya ada banyak. Yang sudah duluan terkenal seperti Saung Oemah, Dapur Cemal Cemil Jiemas, Cafe Nocan misalnya, tapi kalau tanya ke saya yang mana tempat buka puasa yang paling saya suka? Saung Awi Kang Ayi! Lokasinya di Jl. Raya Banjar - Sidaharja, Pataruman, Kota Banjar, deket rumah pak mertua, hehe.

Terbilang masih baru, sih...sekitar akhir tahun 2018 dan baru ada empat bilik untuk tempat makan. Jadi bangunannya ini  berbentuk memanjang, bangunan permanen di depan itu kasir dan dapur, kemudian bagian belakangnya disekat-sekat menjadi tempat makan.

Baca juga : Makanan khas Cirebon yang Wajib Dicoba

Walaupun kecil, tapi tempatnya nyaman banget karena dekat pesawahan dan bersih. Bangunan saungnya dari bambu, dinding bilik makannya juga dari bambu yang dipasang vertikal. Makan di Saung Awi Kang Ayi ini lesehan, masaknya dadakan, masih hangat dan wangi, ditambah angin sepoi-sepoi, mantabh!

Menu Makanan di Saung Awi Kang Ayi

Apa saja menu yang ada di Saung Awi Kang Ayi? Pada dasarnya adalah menu khas Sunda seperti nasi liwet, gurame bakar, cobek mujair, ayam kremes atau ayam bakar, aneka tumis (kangkung, gendot alias genjer dsb), pencok (kacang panjang atau leunca), bala-bala dan mendoan haneut, dan masih banyak lagi.


Menu andalannya adalah paket hemat ayam 10k saja. Iya, jadi kita bisa mencicipi sepotong ayam goreng kremes, lengkap dengan nasi timbel, tempe tahu, lalapan segar plus sambelnya yang segar dengan harga 10 ribu Rupiah doang. Murce abisss! Mau ayam bakar juga bisa, harganya beda tapi...jadi 11k. Tapi worth it banget Mak, enak-enak deh masakannya. Untuk yang enggak suka ayam, bisa pilih ikan goreng/bakar, atau bisa juga ikan lele, nih!


Minumannya emang enggak ada signature drink, sih, alias minuman standar kebanyakan aja seperti es teh manis, aneka jus buah dan minuman hangat seperti kopi dan susu. Tapi itu bukan masalah besar, kan kita datang untuk makan enak yang terjangkau, yang penting tetap bisa minum biar enggak seret yekan? Haha.

Buka Puasa di Saung Awi

Di minggu awal puasa biasanya saya lebih suka berbuka di rumah, soalnya di luaran pasti masih penuh bangettt orang-orang yang berbuka di luar. Bukber macam-macam kloter juga pasti lagi semangat-semangatnya yekan, namanya masih awal bulan, males duluan ngebayangin jalan yang penuh, tempat makan yang sudah dibooking dan enggak  kebagian tempat duduk...waaah, nyerah!

Baca juga : Resep Es Buah Mantabh Djiwa

Nah, minggu ketiga menjelang lebaran biasanya jadi waktu yang tepat untuk bikin rencana buka di luar. Enggak se-chaos minggu-minggu awal, dimana orang-orang tumplek semua keluar rumah. Hihi.

Walau belum nyobain berbuka di tempat favorit buka di Kota Banjar ini, tapi kemarin munggahan saya di Saung Awi Kang Ayi, bareng suami, pak mertua dan kakak sepupu. Bangunannya sekarang jadi lebih luas dan lebih nyaman, ada kolam ikan juga untuk yang mau milih ikannya sendiri. Sayang saya belum punya foto bangunannya yang baru, nanti kalau sempat (dan inget) saya fotoin deh bagian depan saungnya dan saya pajang disini.

Jadi, emak-emak mau buka dimana hari ini?


Comments

Popular posts from this blog

Review Downy Parfum Collection Mystique : Wanginya Awet Sampai 2 Minggu

Pengalaman Pakai Masker Kefir Selama 1 Bulan

Review Ellips Hair Vitamin Shiny Black : Beneran Hitam dan Berkilau