3 Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Apa yang paling dikhawatirkan saat bulan puasa selain tak tahan haus dan lapar? BAU MULUT. Sudah menjadi rahasia umum jika orang yang berpuasa otomatis akan memiliki masalah dengan aroma tak sedap dari mulut. Tetapi apa sebenarnya penyebab bau mulut saat puasa? apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bau mulut saat berpuasa?


Penyebab bau mulut yang utama adalah halitosis. Jadi pada saat berpuasa, maka produksi air liur di dalam mulut dan juga saluran pencernaan kita berkurang, akhirnya membuat mulut jadi lebih kering dan timbulah bau mulut atau halitosis. Tetapi selain itu, ada juga hal lainnya yang menyebabkan bau mulut parah saat bulan puasa. Apa saja?

Macam-Macam Penyebab Bau Mulut 

1. Sisa makanan yang membusuk

Ini adalah penyebab pertama yang membuat aroma mulut jadi tak sedap, karena sisa makanan yang membusuk dalam gigi. Bisa jadi karena makanan-makanan yang terselip di sela gigi, atau menempel di gigi dan rongga mulut serta tidak dibersihkan dengan baik, maka makanan tersebut akan membusuk dan mengeluarkan aroma yang tak sedap. Walaupun sedang berpuasa, bukan berarti tak menggosok gigi, puasa tidak batal hanya karena kita menggosok gigi. Apalagi kebersihan adalah sebagian dari iman. Pilih pasta gigi yang tanpa deterjen dan tidak memiliki rasa tajam supaya tidak waswas.

2. Perawatan gigi yang buruk

Jangan sepelekan perawatan kesehatan gigi dan mulut, karena aroma mulut bisa mempengaruhi kehidupan sosial kita. Gigi yang berlubang, karies atau infeksi yang menyebabkan gigi membusuk (lengkapnya bisa baca disini), abses gusi, pemasangan gigi palsu tanpa pengawasan dokter gigi dan jarang menggosok gigi pun bisa menimbulkan bau mulut yang bukan main-main aromanya. Lakukan perawatan rutin gigi dua kali dalam satu tahun, bisa dilakukan di Puskesmas atau di dokter gigi langganan masing-masing.

3. Makan makanan dengan aroma tajam

Makan dengan jengkol goreng atau pete bakar memang paling maknyos! Apalagi untuk yang sudah menahan lapar karena berpuasa, kedua jenis makanan yang aromanya aduhai itu jadi salah satu penambah selera makan. Tapi sayangnya, aroma yang ditinggalkan dari kedua makanan itu bisa awet sampai keesokan hari. Bayangkan, kita berpuasa dan malam sebelumnya mengonsumsi jengkol atau pete, bau tak sedap dari mulut pasti bikin minder parah! Oleh sebab itu, hindari makan makanan yang beraroma tajam saat puasa, ya!

Itulah dia beberapa penyebab bau mulut saat puasa, untuk menghindarinya biasakan untuk menggosok gigi dengan benar, jika perlu gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi, menggunakan mouthwash, perbanyak minum air saat sahur dan berbuka, serta hindari makanan yang meninggalkan aroma tajam.

Tantangan Menulis Blog 30 Hari Blogger Perempuan

Comments

Popular posts from this blog

Review Downy Parfum Collection Mystique : Wanginya Awet Sampai 2 Minggu

Pengalaman Pakai Masker Kefir Selama 1 Bulan

Review Ellips Hair Vitamin Shiny Black : Beneran Hitam dan Berkilau