Cara Membuat Cilok Sambel Ijo

Cara Membuat Cilok Sambel Ijo - Siapa suka cilok? Memang sih, jajanan jadul yang satu ini cocok di makan di segala suasana dan penggemarnya tua muda. Sebagai seseorang yang doyan jajan, tentu saya juga suka makan cilok. Bukan cuma makan, saya juga suka bikin sendiri karena cara membuat cilok itu gampang  banget. Bahkan anak saya yang baru kelas empat SD juga bisa, kok!

Cuma hati-hati pas masukin air panas, takut tangan melepuh. Yaa namanya air panas gitu, kan kita bukan praktisi debus, mana tahan air panas. Hehe.

Cilok yang paling simpel di emang-emang diberi bumbu cuma penyedap sama bubuk cabe, plus kecap yang pait dan baunya gak enak maklum yang paling murah. Kemudian ada juga yang dikasih saos dan kecap, bumbu kacang dan macam-macam. Favorit saya saat mager adalah saos dan kecap, saat lagi rada rajin ya bumbu kacang dan seblak, hehe.


Nah, sekarang saya punya resep baru yang uenakkk banget. Terinspirasi dari tukang jualan cilok di depan emol, satu gelas isi 10 cilok kecil harganya 6 ribu dan entah kenapa saya sedikit tidak ikhlas karena dikit banget dan enggak puas. Huhu. Apalagi untuk makanan yang notabene saya bisa bikin sendiri gitu...Maklum saya emak pengiritan.

Cilok Sambel Ijo

Sambel ijonya memang persis sambel ijo di rumah makan Padang dan kebetulan sambel ijo ini saya juga emang doyan banget karena rasanya unik gitu deh. Saya pun coba bikin sendiri dan yaaayy sukses!

Yuk cek cara membuat cilok sambel ijo berikut ini :

Bahan :

- 200 gram terigu
- 50 gram tapioka
- garam dan kaldu bubuk secukupnya
- air panas secukupnya
- 100 gram cabe keriting ijo
- cabe rawit hijau secukupnya
- 1 buah tomat ijo
- bawang merah 3 siung dan bawang putih 1 siung
- garam, penyedap rasa, gula putih secukupnya

Cara Membuat :

- Rebus cabe ijo, rawit, bawang dan tomat sampai empuk. Lalu ulek kasar, sisihkan.
- Campur tepung, garam dan kaldu, tuang air panas sedikit sedikit. Gunakan sendok atau centong untuk mengaduknya pertama kali. Setelah agak hangat, uleni menggunakan tangan sampai kalis betul.
- Bentuk bulat-bulat sesuai selera, rebus dengan air mendidih sampai mengapung tanda matang. Saring dan tiriskan.
- Tumis sambel ijo, beri bumbu sampai rasanya pas.
- Pindahkan cilok ke wadah, tuangkan sambel ijo dan aduk merata.
- Cilok sambel ijo siap disajikan!

Gimana? Simpel banget kan cara membuat cilok sambel ijo ini? Saya sudah dua kali bikin, dan rasanya cucok eim! Bisa banget buat jualan juga, konsumsi sendiri juga dijamin kenyang. Ps.fotonya nyusul, lupa nyimpen. Hehe

Ah ya, artikel ini untuk ikut Tantangan Menulis Blogger Perempuan, lho. Sudah ikutan belum?

Comments

  1. Favorit banget nih mbak sambel cabe ijo, resepnya bisa dicoba :D

    ReplyDelete
  2. Bisa nih dicoba. Makasi udah share, mbak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Downy Parfum Collection Mystique : Wanginya Awet Sampai 2 Minggu

Pengalaman Pakai Masker Kefir Selama 1 Bulan

Review Ellips Hair Vitamin Shiny Black : Beneran Hitam dan Berkilau