Amalan Puasa yang Dilakukan Tanpa Beban

Amalan puasa apa yang biasa dilakukan pas bulan Ramadan? Tadarus dan solat taraweh? atau punya amalan sendiri yang jadi tradisi pengepul pahala di bulan yang suci ini?

Ada banyak banget amalan yang bisa dilakukan saat bulan puasa, ada tiga puluh hari yang bisa digunakan untuk mendulang pahala sebanyak-banyaknya. Hebatnya bulan yang satu ini, tidurnya orang puasa juga jadi ibadah, lho! Tapi ya bukan sembarang tidur dong, enggak mungkin tidur seharian jadi pahala yekan, yang ada malahan menyia-nyiakan waktu luang untuk hal yang gak berguna...huhu.

Nah, berikut ini adalah beberapa amalan puasa yang bisa dilakukan setiap hari, tanpa ribet dan bisa dilakukan dengan santai. Apa saja?


- Tersenyum

Senyum adalah ibadah, selalu ramah dan tidak ketus saat bertemu orang lain juga bisa menjadi amalan puasa lho. Tapi jangan berlebihan juga, apalagi sama lawan jenis. Kalau sampai berlebihan, bukannya dapat pahala malah dapat dosa lho.

- Bantu-bantu orangtua

Untuk yang masih tinggal dengan orangtua, ini adalah amalan puasa yang bisa dilakukan. Bisa dengan bantu urus-urus laundri di rumah (cuci, jemur dan setrika baju sekeluarga), beres-beres rumah sampai kinclong, atau bantu masak. Yang jelas bikin orangtua jadi ringan kerjaannya.

- Sedekah

Enggak harus berbentuk uang, dan enggak harus dalam jumlah yang banyak. Semampunya aja...walau cuma seribu dua ribu, tapi pahalanya luar biasa kalo kita ikhlas lho! Tenang aja, enggak akan ada yang jatuh miskin karena sedekah kok!

Itulah beberapa amalan puasa yang bisa dilakukan tanpa beban, enggak terasa lagi mendulang pahala pula. Yang penting ikhlas dan konsisten dilakukan. Lalu apa nih amalan puasa versi ibuk-ibuk?

Tantangan Menulis 30 Hari Blogger Perempuan

Comments

Popular posts from this blog

Review Downy Parfum Collection Mystique : Wanginya Awet Sampai 2 Minggu

Pengalaman Pakai Masker Kefir Selama 1 Bulan

Review Ellips Hair Vitamin Shiny Black : Beneran Hitam dan Berkilau