Tips Menulis Novel dengan Lancar



Tips Menulis Novel dengan Lancar - Menulis itu soulmate saya. Menulis itu satu-satunya jalan yang bisa bikin saya ngerasa bebas dan ngerasa punya semuanya di dalam hidup. Apa yang saya inginkan, apa yang saya harapkan, apa yang saya rasakan, semuanya bisa menjadi nyata di dalam sebuah cerita yang kemudian berhasil tembus di penerbit dan nongkrong di toko buku.
Saya emang belum jadi penulis profesional, bahkan masih banyak yang belum tau kalo saya itu penulis novel dan punya beberapa novel yang udah nyebar di seluruh Indonesia... tapi enggak ada salahnya dong kalau saya coba nge-share tips yang ampuh bikin inspirasi menulis mengalir lancar...
Here we go..
·       Selalu catat ide yang akan kita buat jadi novel. Saya selalu tulis garis besar yang bakalan saya bikin novel di draft hp, di kertas selembar atau dimanapun. Karena terkadang ide yang muncul tiba-tiba itu adalah ide yang bisa jadi sebuah tulisan yang cetaar membahana. Kalau lupa kan sayang...
·       Kalau sudah mulai dapet mood buat ngetik, selesaikan dulu semua tugas rumah, harus  udah mandi biar nyaman dan juga udah makan. Jadinya kita enggak bakalan ngerasa dikejar-kejar waktu karena belum bantu ibu, atau enggak ngerasa lemes karena belum makan.
·       Kunci pintu kamar dan jangan tergoda sedikit pun buat keluar, biarkan semua ide dan inspirasi yang ada di dalam kepala kamu mengalir melalui jemari kamu!
·       Buat patokan berapa halaman naskah yang harus kamu dapet selama satu jam. Kalau saya minimal tiga halaman per jam, tapi kalo lagi bagus banget nih mood satu jam bisa sampai lima atau sepuluh lembar per jam.
·       Kalau mulai enggak mood, inspirasi mandeg dan bikin kamu bete karena kamu gak bisa ngejar deadline yang kamu bikin sendiri, setel murotal Qur'an, biar adem!
·       Bisa juga keluar rumah sebentar, sambil bawa laptop juga oke. Bisa sambil ngetik jadinya.
·       Jangan pernah sekalipun ngetik naskah sambil colokin modem atau WIFI-an!!! Soalnya kalau kita ngetik sambil internetan, apalagi FB-an, atau chattingan dan lain sebagainya, dijamin satu halaman pun enggak bakalan kelar satu jam!

Nah, itu beberapa tips yang buat saya jadi ampuh banget bikin inspirasi mengalir lancar, bikin saya bisa selesein deadline naskah yang saya bikin sendiri.
 Semoga apa yang sudah saya bagi disini bisa bermanfaat ya?
See youuuuuu..


Itulah dia Tips Menulis Novel dengan Lancar, sebuah tulisan yang saya buat entah tahun berapa. Hahaha. Lihat saja cara menulisnya pun masih begitu, sok-sok ceria dan gawl gitu. Idih, geli. Tapi tipsnya tetap masih bisa dipakai sampai sekarang, saya juga masih jalanin semua tips itu untuk saya sendiri.

Comments

  1. Apa aja judul novel yang udh terbit kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang terbaru terbit Ebook judulnya Cinderella Secret, Ketika Kribo Mengenakan Jilbab, Lovely Ivy, Surat Cinta Tanpa Nama...lengkapnya bisa cek Scoop, hehe

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Downy Parfum Collection Mystique : Wanginya Awet Sampai 2 Minggu

Pengalaman Pakai Masker Kefir Selama 1 Bulan

Review Ellips Hair Vitamin Shiny Black : Beneran Hitam dan Berkilau