Resolusi Bisnis 2019 : Mie Lidi Mandjah Makin Fantastis


Resolusi Bisnis 2019 : Mie Lidi Mandjah Makin Fantastis - Saya dan suami adalah pasangan yang suka ngemil, dan berangkat dari hal itu kami memutuskan untuk membuka usaha cemilan di akhir tahun 2018. Snack yang kami produksi adalah mie lidi. Sudah tahu dong yaa, jajanan jadul yang satu ini? Bentuknya tipis, panjang dan digoreng kering terus dikasih bumbu pedas asin. Kalau sekarang sudah lebih banyak bumbunya, saya sendiri ready enam rasa, pedas, ayam bawang, balado, BBQ, keju dan jagung manis. Hehe.

Untuk saat ini, omzet kami per bulan kurang lebih 2 juta Rupiah (jujur, haha). Dibandingkan dengan home industry lainnya, mungkin terbilang kecil, tetapi untuk kami berdua ini adalah jumlah yang patut disyukuri. Tetapi walau begitu, kami enggak mau berpuas diri dengan omzet 2 juta, kami ingin meningkatkan omzet di tahun 2019.

Flash back ke awal kami membangun usaha, mie lidi dikemas dalam standing pouch dan dikemas kecil-kecil untuk dititip ke warung sekitar rumah. Tapi saat dihitung-hitung lagi, effort kami untuk mengemas mie lidi ukuran kecil, ditambah biaya transportasi 'antar-jemput' mie lidi di warung rupanya tak cukup. Jadilah kami berhenti dan memutar otak untuk mencari trik jualan lain yang lebih menguntungkan.

Akhirnya, kami menjual mie lidi hanya dalam satu kemasan saja yaitu box 750 ml dan pemasarannya melalui media sosial. Alhamdulillah, Masyaallah, setiap hari selalu ada saja yang memesan dan reseller baru yang masuk. Yaay!



Maksimalkan Medsos Tingkatkan Omzet 2019

Cara pertama untuk meningkatkan omzet penjualan mie lidi kami di tahun 2019 adalah memaksimalkan media sosial. Untuk saat ini, pembeli terbanyak kami dapatkan dari berbagai grup Facebook, kedua dari grup Whatsapp dan ketiga dari Instagram. Dari pengalaman kami selama ini, kami biasa beriklan di grup Facebook paling ramai pukul 9-10 pagi, disaat warganet bersantai setelah rutinitas pagi. Kami jarang beriklan di sore hari, tetapi pukul 4-5 juga waktu yang tepat untuk mengiklankan barang di grup FB.

Saya dan suami sepakat, untuk memperluas iklan jualan kami dari grup Facebook dan Whatsapp dengan memanfaatkan fitur ads. Memang kami belum paham banget urusan Facebook dan Instagram ads ini, tetapi kami enggak akan menyerah dong, ya. Hehe. Ada banyak banget ilmu gratisan di internet yang bisa kami ulik, selain itu berteman dengan master ads di Facebook memberikan banyak ilmu baru untuk kami. Hal penting yang harus diperhatikan untuk memasang ads atau iklan di FB/Instagram adalah :

- Siapkan foto produk yang menarik. Jika perlu, agendakan photoshoot khusus untuk produk di studio demi hasil foto yang profesional.
- Belajar buat layout promosi yang menarik, tutorial banyak di Youtube.
- Sediakan dana khusus untuk promosi. Medsos ads itu bisa disesuaikan bujetnya, asal niat, maka bisa pasang iklan dan dapat feedback yang bagus.

Cara kedua adalah dengan mencari supplier yang menawarkan harga paling murah, dan produknya lengkap. Sebelum memantapkan hati pada box 750 ml, kami menggunakan box 650 ml dan hanya bertahan beberapa waktu karena stok di olshop tempat kami biasa belanja kosong, dan enggak ada kejelasan kapan stok ulang. Di toko plastik lokal, hanya tersedia ukuran 750 ml dan mau tak mau kami menyesuaikan ini itunya supaya bisa berjualan dengan box ukuran itu.

Sedihnya lagi, harga box naik terus padahal kualitas produk ya begitu-begitu saja, enggak istimewa. Rasanya eungap gitu, masa harus naik harga terus mie lidinya? Kalaupun ingin box dengan harga yang lebih murah, harus belanja langsung ke pabrik dengan jumlah banyak. Usaha modal kecil seperti kami mana bisa...

Tapi Alhamdulillah, kami menemukan website yang tepat untuk semua kebutuhan usaha kecil, yaitu Ralali.com. Jadi, Ralali.com ini menjadi solusi untuk mewujudkan resolusi bisnis di tahun 2019 kami berdua. Ralali.com adalah pusat grosir online, namun secara online. Siapapun yang ingin memulai usaha, ataupun ingin membantu calon pengusaha pemula dengan menyuplai berbagai kebutuhan usaha mereka, disini tempatnya.

Ada berbagai macam produk yang bisa digunakan untuk kebutuhan usaha, dari mulai usaha kuliner, otomotif, arsitektur, bahkan kebutuhan kantor juga bisa ditemukan dengan harga grosiran, lho! Disini kami menemukan thinwall 750 ml dengan harga oke bangetttttt!

Kelebihan Ralali.Com

Belanja grosiran kan bisa dimana aja, memangnya apa sih kelebihan Ralali.com?

Saya juga sempat punya pikiran yang sama, tetapi setelah saya 'jalan-jalan' di situs yang satu ini, akhirnya saya menemukan berbagai hal unik yang membuat Ralali.com menjadi sebuah situs belanja grosir yang direkomendasikan untuk para wirausahawan pemula.


1. Semua ada

Situs ini jadi one stop shop untuk pengusaha, lebih dari 10 kategori usaha yang bisa diatur rapi supaya mudah dalam pencarian produk. Contohnya, 'agriculture & food', 'beauty, sport & fashion', 'electronic', bahkan 'building material' pun bisa ditemukan disini. Di setiap kategori yang dipilih, masih ada sub-kategori, misalnya dari 'beauty, sport & fashion' terdapat sub seperti aksesoris olahraga, fashion, perhiasan, personal care, salon dan sebagainya. Lengkap banget!


2. Bisa custom pencarian

Menariknya lagi, saya bisa menyeting sendiri pencarian sesuai dengan yang saya inginkan. Misalnya, mencari produk dengan harga paling murah, berdasarkan merk tertentu, lokasi pengiriman, sampai dengan promo (wholesale, free ongkir). Sangat memudahkan!

Ah ya, ada daftar produk paling populer juga di bagian bawahnya. Untuk yang masih bingung mau cari apa, bisa dilihat rekomendasi produk dari yang paling populer. Kan lumayan, jadi tahu tren kekinian apa saja. Hehe.

3. Sambil belanja sambil bayar tagihan

Ini hal yang bikin Ralali makin mantul! sambil belanja ini itu, juga bisa sambil bayar tagihan BPJS, bayar tagihan dan token PLN, PDAM, beli pulsa dan juga paket data.


4. Seller terpercaya

Masih merasa was-was belanja online? Takut kena tipu? Hmm, tak semudah itu Ferguso. Setiap seller di Ralali.com memiliki raport masing-masing yang bisa dilihat dengan terbuka, berapa banyak produk terjual dan transaksi terjadi, ulasan jujur dari customer, bahkan perkiraan ongkos kirim terpampang nyata. Enggak perlu deh chat-chat lagi untuk tanya, "Ongkirnya berapa, Sis?"


5. Ralali Quotation

Ini dia hal menarik lain yang enggak saya temukan dari situs belanja grosiran selain di Ralali, penawaran barang langsung ke ponsel pribadi. WOW!

Jadi, di homepage (agak bawah sedikit) ada fitur menarik yang sangat memudahkan untuk costumer yang ingin mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan mereka. Jadi nantinya bukan costumer yang mencari produk, tetapi seller yang menawarkan langsung produknya pada costumer sesuai request mereka. WOW LAGI!

Form isiannya juga sangat simpel, tinggal memasukkan jenis produk atau jasa yang dibutuhkan, berapa banyak yang dibutuhkan dan isi form data diri seperti nama, alamat email dan juga nomor ponsel yang bisa dihubungi. Bahkan enggak perlu log in dulu, lho! Tahu sendiri lah, ya...paling males kalau harus log in-log in dulu, apalagi jika sedang diburu waktu dan suka lupa password. Huhu.

Bukan cuma di homepage-nya saja, di tiap halaman produk yang dipilih juga ada kok fitur Ralali Quotation ini, posisinya di kanan bawah. Disitu bisa mengisi langsung nomor ponsel yang bisa dihubungi, deskripsi barang yang dicari sedetail mungkin dan berapa banyak barang tersebut dibutuhkan. Selesai.

Gimana, gimana?

No doubt lagi yekan kalau Ralali ini jadi konco kenthel-nya para pengusaha untuk mendapatkan supply barang dari supplier terpercaya? Saya, dan kita, juga para pengusaha serta calon pengusaha di luaran sana, bisa mewujudkan resolusi bisnis 2019 dengan lebih mudah bersama Ralali.com.

Demikian adalah Resolusi Bisnis 2019 : Mie Lidi Mandjah Makin Fantastis, semoga harapan saya dan suami akan terkabul, usaha rumahan kami mampu bertahan dan makin berkembang. Aamiin. Teman-teman semua resolusi bisnis 2019-nya apa nih? Jangan lupa di-share yaa...

Comments

  1. Wah mie lidi ini favoritku waktu masih kecil. Aku suka banget tapi sekarang sudah nggak makan jajan ini lagi hmm

    ReplyDelete
  2. Mie lidi mandjah, aku suka aku suka. Mau pesen lagi nanti kalau dompetnya lagi tebel ehehehe. Biar belinya sekalian banyak. Sukses selalu buat mie lidi mandjahnya teteh dan suami.

    Duh, aku baru tahu lho ada ralali ini. Jadi macem grosiran online hwaa. Ku mau kepoin ah, sapa tahu kan nemu barang yang lagi kubutuhkan.

    Unik deh di bagian nanti bukan customer pusing nyari barang tapi bisa sellernya yang nawarin barang. Aaaa love sekali.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Downy Parfum Collection Mystique : Wanginya Awet Sampai 2 Minggu

Pengalaman Pakai Masker Kefir Selama 1 Bulan

Review Ellips Hair Vitamin Shiny Black : Beneran Hitam dan Berkilau