Pengalaman Disengat Tawon dan Cara Pengobatan

Pengalaman Disengat Tawon dan Cara Pengobatan - Bismillah, jadi beberapa hari yang lalu saya kena musibah. Pas di jalan pulang, boncengan yekan, tiba-tiba lengan kanan bagian dalam kok perih, agak panas dan nyut-nyutan, pas saya lihat ternyata ada tawonnya dooong, nancep vertikal banget! Agak ngeri juga pas berenti sebentar dari motor, itu tawon masih nancep aja di lengan saya dan langsung saya kibas sampai lepas. Lengan saya panas, perih...nangis lah saya sepanjang sisa jalan pulang. Nangis biasa sih, bukan nyampe sesegukan gitu, nanti malah dikira KDRT pula. Hehe


Pas di rumah, bekas sengatannya kayak bentol gigitan nyamuk tapi ada titik merah kehitaman di tengahnya. Ini harus diobatin pake apa? suami langsung Googling, cari cara yang paling cepat untuk mengatasi bekas sengatan tawon. Beberapa langkah yang Paksyu dapat itu antara lain :

- Mengeluarkan sengat dari dalam tubuh
- Kompres dengan air es
- Jangan pakai pakaian atau benda (misal cincin, gelang dsb) yang bisa menghambat peredaran darah karena bekas sengatan akan membengkak
- Minum ibuprofen (dan sejenisnya) untuk menghilangkan nyeri, dan antihistamin untuk menghilangkan gatalnya

Langkah pertama enggak bisa dilakukan, karena saya enggak menemukan sisa sengat di lengan. Jadi, si tawon ini spesial dibandingkan dengan yang lain, dia bisa menyengat berkali-kali karena sengatnya enggak lepas seperti lebah. Serem banget enggak, sih? Alhamdulillah, waktu itu saya cuma kena sengat sekali saja. Huhu.

Langkah kedua langsung saya praktekkan, saya kompres bekas sengatan tawonnya dengan es batu dan rasanya lumayan tertolong walau masih nyut-nyutan. Saya juga segera ganti pakaian dengan pakaian yang lengannya longgar, karena sudah mulai terlihat membengkak dan sekitar bekas sengatan itu muncul ruam merah, kurang lebih sekitar 10-12 centian deh diameter ruam merah dan bengkaknya itu.

Karena mulai terasa gatal dan nyerinya enggak mereda juga, akhirnya saya minum ibuprofen dan antihistamin masing-masing satu butir (kebetulan di rumah ada) sambil berdoa sama Allah supaya sakitnya cepat sembuh.

tawon jaket kuning

Sepanjang sore sampai malam saya malas ngapa-ngapain, tangan juga enggak bisa ditekuk wkwk, udah gitu rasanya panas kalau kena kain (baju) jadi diajak kemana-mana saya enggak mau karena harus pakai baju lengan panjang dan si bekas sengatan ini pasti kerasa nyut-nyutan. Saya lebay enggak, sih? Hahah. Disengat tawon sebiji doang nyampe mager. Tapi ya gimana, ya...emang bener-bener enggak nyaman sih.

Malam harinya saya agak demam, tapi tidur lumayan pulas walau kadang terbangun dan tangan pegel, bahkan menjalar ke bahu juga pegalnya. Keesokan harinya, lengan masih bengkak dan enggak nyaman banget pas ditekuk untuk digunakan beraktivitas. Tapi mau males-malesan enggak enak juga, masa iya tetep mager? Itu kerjaan rumah tangga apa kabar? Hahah. Yang jelas, reaksi alergi sengatan tawon ini selain bengkak, rasa gatalnya juga enggak tertahankan. Digaruk enggak bisa kenceng-kenceng karena rasanya panas.

Akhirnya, setelah tiga hari bengkaknya sudah mengempes dan rasa perihnya berkurang, gatalnya juga berkurang. Bekas sengatan berubah jadi kehitaman, lebih besar dari titik bekas sengatan yang pertama saya lihat. Alhamdulillah, semakin hari keluhan di bekas sengatan tawon semakin berkurang dan saya bisa beraktivitas lagi sebagaimana biasanya.

Sampai saat ini bekas sengatan tawonnya masih ada dan meninggalkan bekas luka kayak kawah terbuka gitu, kadang masih ada gatal-gatal sedikit dan kalau digaruk agak perih, jadi serba salah. Sepertinya bekas luka ini akan bertahan sampai bile-bile, enggak tau juga. Dulu sih adik saya kena sengat tawon yang hitam itu, di betis dan bekas lukanya itu tetap ada sampai sekarang kayak lesung pipit, tapi di betis. Hehe.

Itulah curhatan sore saya tentang Pengalaman Disengat Tawon dan Cara Pengobatan, ada yang pernah kena sengat tawon juga? Share pengalamannya yuk!

Comments

  1. Duhh kupernah tehh... hikss
    Kebayang di wajah juga dulu, udah kayak abis kena dihajar beberapa orang hheee. mata sampai kesulitan liat, alhamdulillah bisa kelihatan kok teh hheee
    Sedikit horor pokoknya kwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduhhh di muka pula, di lengan aja sakit banget apalagi di muka. Huhuhu
      Semoga jangan lagi deeeh

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Downy Parfum Collection Mystique : Wanginya Awet Sampai 2 Minggu

Pengalaman Pakai Masker Kefir Selama 1 Bulan

Review Ellips Hair Vitamin Shiny Black : Beneran Hitam dan Berkilau