Posts

Showing posts from 2019

THR untuk Ibu Rumah Tangga

Image
THR untuk Ibu Rumah Tangga - THR, tunjangan hari raya. Identik dengan uang, seratus ribuan yang berlembar-lembar. Biasanya yang dapat THR itu orang yang bekerja di kantor, baik itu pegawai swasta ataupun pegawai negeri sipil. Terus gimana urusannya sama ibu rumah tangga yang notabene kerjanya di rumah sepanjang hari dan...tanpa gaji?


Curhat dikit, ya...saya sempat pengen banget jadi wanita karir. Yang kerja di kantor bonafid, pakai seragam kerja yang stylish, pakai stiletto yang sexi, makeup flawless dan gajian tiap bulan dengan nominal besar. Rata-rata pasti impian wanita karir tuh begitu sih yak, padahal kenyataannya lapangan kerja untuk perempuan enggak melulu kantoran yang adem dan nyaman, pekerjaan wanita itu bervariasi, sama seperti pekerjaan kaum pria. Begitulah, ekspektasi kan enggak sesuai realita. Pun demikian dengan yang terjadi dalam hidup saya.

Sedih? Enggak, tuh!

Impian saya jadi wanita karir tercapai, sih. Tapi saya enggak berkarir di kantor, melainkan di rumah...
Saya b…

Gaya Rambut Anti Ribet

Image
Gaya Rambut Anti Ribet - Saya termasuk orang yang kurang begitu mengurusi gaya rambut, karena saya sehari-hari di rumah, jarang keluar dan sekalinya keluar pakai jilbab. Jadi hampir enggak pernah dengan sengaja menata rambut supaya cetharrrr, gak keliatan pun...

Beberapa tahun belakangan saya betah dengan gaya rambut panjang, biar bisa dikepang dan diikat-ikat gitu. Tapi kemudian PakSyu minta saya untuk coba gaya rambut pendek ala-ala bu Polwan dan beda banget lah ya sama ekspektasi. Hahah. Lha rambut saya kan ikal dan mengembang, udah gitu ditutup kerudung ya malah makin gak karuan bentuknya. Hihi.

Kadang suka enggak pede dengan penampilan yang acak-acakan gitu, pengen dong yaa di rumah tuh keliatan cantik dengan gaya rambut natural. Mau panjang, mau pendek, yang penting keliatan rapi, enggak old style...apalagi saya enggak pernah nyobain namanya rebonding dan smoothing, jadi pas enggak kerudungan tuh langsung mengembang bagaikan beringin bonsai.


Tapi seiring waktu saya bisa menemuka…

Tutorial Hijab yang Hits Zaman Baheula

Image
Tutorial Hijab yang Hits Zaman Baheula - Saya masih inget banget, masa-masa dimana jilbab mulai 'naik daun' dimana para muslimah semakin banyak yang memilih untuk mengenakan jilbab alih-alih menggerai rambutnya begitu saja. Waktu itu saya udah pakai jilbab, sebelum musim tutorial hijab dengan aneka macam modelnya itu...


Saat itu saya juga sempat ngebet buat ikutan bikin tutorial hijab, tujuannya apa lagi kalau bukan pengen terkenal? Mueheh. Yaa begitulah, emang sejak zaman baheula saya punya obsesi terpendam buat jadi ngetop, karena jadi siswi populer nan hits di sekolah enggak tercapai (korban sinetron banget saya ini, pengen jadi cewek populer hahahah), maka saya menghibur diri kalau saya bisa ngetop dari jalan lain. Tapi yaa...sampai sekarang mau kepala tiga saya tetap begini-begini saja.

Baca juga Pengalaman Pakai Nature Republic Aloe Vera

Saya enggak punya bakat yang wow, yang bisa bikin saya viral dan dikenal banyak orang. Saya juga enggak punya muka yang cukup tebal untu…

Balada si Panci Presto

Image
Balada si Panci Presto - Panci presto atau pressure cooker adalah solusi memasak cepat buat emak-emak, utamanya untuk memasak daging dan berbagai bahan makanan yang keras nan alot supaya lekas empuk. Semakin cepat empuk, semakin cepat selesai masak dan bisa lebih cepat leyeh-leyeh menyajikan makanan untuk keluarga. Gimana sih cara menggunakan panci presto?

Sebelum membahas tutorial menggunakan panci presto, saya mau throwback dulu ke tahun 2015 silam, saat entah kenapa di lingkungan gahoel saya lagi musim banget yang namanya panci presto ini. Saya yang emang demen banget ngumpulin alat masak pun pengen juga dong...dan pas lihat harganya lumayan dag-dig-dug kayak yang lagi jatuh cinta gitu, harganya itu loh, buat emak-emak pekerja serabutan kayak saya udah tinggi banget.


Tapi pas ada tetangga yang kebetulan suka kridit barang, langsung kontak dan deal deh buat kridit panci presto. Haha. Saat itu bersyukur banget saya udah tukeran pin BB sama ibuk tetangga, jadi tau deh kalo dia suka kr…

3 Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Image
Apa yang paling dikhawatirkan saat bulan puasa selain tak tahan haus dan lapar? BAU MULUT. Sudah menjadi rahasia umum jika orang yang berpuasa otomatis akan memiliki masalah dengan aroma tak sedap dari mulut. Tetapi apa sebenarnya penyebab bau mulut saat puasa? apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bau mulut saat berpuasa?


Penyebab bau mulut yang utama adalah halitosis. Jadi pada saat berpuasa, maka produksi air liur di dalam mulut dan juga saluran pencernaan kita berkurang, akhirnya membuat mulut jadi lebih kering dan timbulah bau mulut atau halitosis. Tetapi selain itu, ada juga hal lainnya yang menyebabkan bau mulut parah saat bulan puasa. Apa saja?

Macam-Macam Penyebab Bau Mulut 

1. Sisa makanan yang membusuk

Ini adalah penyebab pertama yang membuat aroma mulut jadi tak sedap, karena sisa makanan yang membusuk dalam gigi. Bisa jadi karena makanan-makanan yang terselip di sela gigi, atau menempel di gigi dan rongga mulut serta tidak dibersihkan dengan baik, maka makanan…

Cara Memutihkan Gigi yang Mudah Gak Pake Ribet

Image
Cara memutihkan gigi ada banyak macamnya lho, dari mulai cara alami sampai yang cepat yakni pergi ke dokter gigi. Tapi tetep yaa walaupun ke dokter gigi, enggak bisa langsung putih dalam satu kali perawatan. Bisa kali yaa pakai veneer, hanya saja putihnya enggak alami.

Nah, daripada veneer gigi mahal-mahal, udah begitu warnanya juga enggak alami, mendingan kita coba cara memutihkan gigi yang simpel dan alami berikut ini :


- Pasta gigi baking soda. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok baking soda dengan sua sendok air dan buat menjadi pasta. Oleskan pada gigi, biarkan sesaat lalu gosok bersih. Lakukan seminggu sekali dengan rutin.

- Pasta stroberi. Dalam buah-buahan terkandung asam malat, yang bisa memutihkan gigi dengan alami. Dalam buah apel dan stroberi terkandung asam malat yang bisa kita gunakan untuk memutihkan gigi. Caranya dengan menghancurkan satu butir stroberi, lalu dioles ke gigi dan diamkan beberapa saat, kumur-kumur sampai bersih. Lakukan seminggu tiga kali.

-  …

Pengalaman Pakai Nature Republic Aloe Vera Selama Satu Tahun

Image
Review Nature Republic Aloe Vera - Pernah dengar produk yang satu ini, kan? Produk yang sempat booming banget tahun 2017-2018 lalu. Produk skincare yang murah meriah tapi hasilnya mewah banget. Nature Republic Aloe Vera. Saya sendiri adalah salah satu orang yang tergoda untuk mencoba setelah bolak-balik liat review pemakaian NatRep Aloe Vera ini. Utamanya karena bisa mengempeskan jerawat dan hilangkan nodanya. Yang paling bikin saya percaya bahwa produk ini jadi cara menghilangkan jerawat adalah testimoni jujur dari Geraldy Tan, (ituloh selebgram yang suka ngecover lagu Korea pake bahasa Jawa).

Jadi, dia kan mukanya jerawatan yaa...bisa dibilang parah apalagi dia kulitnya putih, keliatan banget merah-merah. Dulu saya juga begitu, cuma bedanya kulit saya sawo kematengan, jadi kucel banget parahhh. Nah, selain treatment ke dokter kulit khusus, dia juga pakai NatRep Aloe Vera ini dan hasilnya bersih. Tergoda lah saya untuk membeli produk ini~~


Tempat Beli Nature Republic Asli 

Saya sempat…

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Lidah Buaya

Image
Cara Menghilangkan Ketombe - Siapa yang punya masalah dengan ketombe? semua orang kayaknya ada deh masalah dengan si putih-putih itu. Tapi ada yang parah dan ada yang biasa-biasa saja alias tak perlu pengobatan apapun. Penyebab ketombe adalah jamur melassezia yang ada dalam kulit kepala, jamur ini akan memproduksi asam oleat sehingga menyebabkan peradangan pada sel-sel kulit kepala. Hasilnya adalah sel kulit kepala jadi kurang sehat, sampai mengering dan mengelupas menjadi serpihan kecil yang dikenal sebagai ketombe. Lalu bagaimana cara menghilangkan ketombe?



Lidah Buaya untuk Hilangkan Ketombe

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu tanaman yang ampuh untuk mempercantik rambut, membuat rambut jadi lebih sehat, hitam dan tebal. Selain itu, rupanya lidah buaya juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit, termasuk kulit kepala. Untuk yang sedang berjuang melawan ketombe, bisa menggunakan masker dari lidah buaya untuk mengatasinya dengan cepat. Lidah buaya mengandung vitamin E, dima…

Alasan Kenapa Promo Belanja Online Bikin Khilaf

Image
Alasan Kenapa Promo Belanja Online Bikin Khilaf - Siapa sih yang enggak suka belanja? semua orang pasti suka belanja, hanya saja jenis barang yang dibeli yang berbeda. Kalo saya sebagai emak-emak sederhana, sukanya ya standar emak-emak aja. Misal baju gamis, jilbab, skincare atau jajanan-jajanan hits. Terus hal lain yang mendukung hobi belanja itu suka banyak promo belanja online, pokoknya selalu deh bikin ngiler!



Ada beberapa alasan kenapa promo belanja online suka bikin khilaf emak-emak. Misalnya ini nih!

1. Diskon Gila-Gilaan

Yaa kita tau lah yaa...kalo diskon itu sebenarnya permainan dari yang punya toko aja. Ada kala produk dinaikin dulu harganya supaya bisa dipotong sekian persen, keliatannya aja jadi lebih murah, padahal harga diskon itu adalah harga aslinya cynt! Atau barang yang udah lama banget, barang yang udah deket expired atau barang rijekan. Hmm, diskon tidak seindah itu yaak ibu-ibu! Etapii itu di marketplace langganan ada diskon 50%, bentar yaa...ceki-ceki dulu mueheh…

Cara Membuat Cilok Sambel Ijo

Image
Cara Membuat Cilok Sambel Ijo - Siapa suka cilok? Memang sih, jajanan jadul yang satu ini cocok di makan di segala suasana dan penggemarnya tua muda. Sebagai seseorang yang doyan jajan, tentu saya juga suka makan cilok. Bukan cuma makan, saya juga suka bikin sendiri karena cara membuat cilok itu gampang  banget. Bahkan anak saya yang baru kelas empat SD juga bisa, kok!

Cuma hati-hati pas masukin air panas, takut tangan melepuh. Yaa namanya air panas gitu, kan kita bukan praktisi debus, mana tahan air panas. Hehe.

Cilok yang paling simpel di emang-emang diberi bumbu cuma penyedap sama bubuk cabe, plus kecap yang pait dan baunya gak enak maklum yang paling murah. Kemudian ada juga yang dikasih saos dan kecap, bumbu kacang dan macam-macam. Favorit saya saat mager adalah saos dan kecap, saat lagi rada rajin ya bumbu kacang dan seblak, hehe.


Nah, sekarang saya punya resep baru yang uenakkk banget. Terinspirasi dari tukang jualan cilok di depan emol, satu gelas isi 10 cilok kecil harganya 6…

Ngidam Sayur Asem!

Image
Ngidam Sayur Asem - Saya hampir enggak pernah mencari resep sayur asem, kenapa? Karena resepnya sudah hapal di luar kepala. Hehe. Bukannya sombong, tapi masakan yang satu ini bahan dan cara memasaknya sederhana banget, sekali atau dua kali masak saja sudah bisa hapal di luar kepala. Apalagi saya yang sejak kecil memang sudah familiar dengan sayur asem, sering bantu mamah masak dan akhirnya bisa sendiri.

Saya masih ingat banget waktu-waktu pertama kali memasak sendiri tanpa disuruh mamah, waktu itu kelas lima SD dan orangtua lagi pergi keluar kota. Enggak ada yang masak di rumah, saya lapar dan mau gak mau harus masak sendiri kalau enggak mau semaput. Jadilah dengan berbagai bahan yang ada, saya masak sendiri. Alhamdulillah saya sudah sering bantu mamah masak, jadi saat harus masak sendiri saya sudah bisa.

Pas masakan matang, mamah dan bapak pulang. Mereka memuji saya yang masak sendiri, walau rasanya biasa saja dan jauh dari rasa enak tapi mereka tetap mengapresiasi lelah saya. Bangga…

Resep Buka Puasa SKIPPY : Pudot Kacang

Image
Resep Buka Puasa SKIPPY : Pudot Kacang - Siapa yang sedang cari resep buka puasa? Nih saya ada resep buka puasa Skippy yang spesial banget. Biasa banget deh yaa kalau berbuka pasti pengen yang manis-manis seger, apalagi anak-anak tuh bawaannya pengen langsung es biar nyess dan lepas semua dahaga. Walaupun enggak dianjurkan untuk minum es langsung pas berbuka karena bisa bahaya untuk pencernaan, tapi ada triknya kok supaya bisa minum es pas buka.

Tips berbuka dengan air es. Minumlah dulu air hangat atau air dingin biasa, makan satu atau tiga butir kurma dan barulah bisa minum es. Perut jadi tak kaget dan terhindar dari kram. Perlu diingat, saat berbuka dahulukan minum air dan makan kurma, ya? karena itu sunnah. Jadi kita bisa dapat pahala tambahan saat berbuka dengan menjalankan sunnah nabi. Setelah makan kurma, bisa langsung sikat takjil lainnya, pudot SKIPPY misalnya.



Pudot SKIPPY Kacang yang Manis dan Gurih

Resep takjil istimewa yang satu ini sederhana banget, lho! bahkan dari satu r…

Saung Awi Kang Ayi Recommended di Kota Banjar

Image
Tempat buka puasa favorit di Kota Banjar? jawabannya ada banyak. Yang sudah duluan terkenal seperti Saung Oemah, Dapur Cemal Cemil Jiemas, Cafe Nocan misalnya, tapi kalau tanya ke saya yang mana tempat buka puasa yang paling saya suka? Saung Awi Kang Ayi! Lokasinya di Jl. Raya Banjar - Sidaharja, Pataruman, Kota Banjar, deket rumah pak mertua, hehe.

Terbilang masih baru, sih...sekitar akhir tahun 2018 dan baru ada empat bilik untuk tempat makan. Jadi bangunannya ini  berbentuk memanjang, bangunan permanen di depan itu kasir dan dapur, kemudian bagian belakangnya disekat-sekat menjadi tempat makan.

Baca juga : Makanan khas Cirebon yang Wajib Dicoba

Walaupun kecil, tapi tempatnya nyaman banget karena dekat pesawahan dan bersih. Bangunan saungnya dari bambu, dinding bilik makannya juga dari bambu yang dipasang vertikal. Makan di Saung Awi Kang Ayi ini lesehan, masaknya dadakan, masih hangat dan wangi, ditambah angin sepoi-sepoi, mantabh!

Menu Makanan di Saung Awi Kang Ayi

Apa saja menu yan…

Tips Ngabuburit yang Produktif

Image
Tips Ngabuburit yang Produktif - Bulan puasa sudah tiba, Alhamdulillah masih ada waktu untuk bertemu lagi dengan bulan yang penuh berkah dan kenangan ini. Maka karena itu, kita enggak boleh menghabiskan waktu dengan sia-sia. Soalnya puasa identik dengan mager, malas gerak. Mau kemana-mana, males. Mau bikin ini itu, males juga. Maunya main HP terus sampai magrib...lah mana boleh Bhambhaaang!


Sayang banget dong, ada waktu untuk melipatgandakan amal, kok malah disia-siakan begitu aja? Nah, supaya enggak mageran pas bulan puasa, ada tips ngabuburit yang produktif nih ibuk-ibuk. Check this out!

- Banyak-banyak membaca. Ini adalah aktivitas ngabuburit pertama yang bisa dilakukan dan bisa memberikan banyak manfaat untuk kita. Baca buku genre apapun boleh banget, apalagi jika kita ini blogger atau penulis yang notabene butuh asupan ilmu baru supaya wawasan makin luas, yekan? Jauh lebih baik lagi jika diimbangi dengan baca Al-Qur'an supaya bukan cuma pikiran saja yang makin luas, namun hat…

6 Rekomendasi Nama Bayi Perempuan Yang Diambil Dalam Al Quran

Image
Salah satu kewajiban orang tua terhadap bayinya yang baru lahir adalah dengan memberikan nama yang baik. Karena bagaimanapun nama adalah doa, sehingga nama itu haruslah mengandung arti yang baik. Untuk mencari nama yang baik tentunya harus bersumber dari sesuatu yang baik pula, misalnya dari Al-Quran. Berikut 6 nama bayi perempuan yang diambil dalam Al-Quran :
Baca juga : Aplikasi Kalkulator Kehamilan Pada Android
Sabira Nama Sabira ini berada di dalam Al-Quran surat AL-Anfal ayat 66 yang memiliki arti sabar. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa Tuhan tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan hamba-Nya. Bahkan dengan selalu berdoa dan berusaha, maka Tuhan akan selalu membantunya dalam menjalani segala cobaan yang dihadapinya. Sehingga dengan menggunakan nama ini, diharapkan kelak putri anda menjadi seorang perempuan yang memiliki kesabaran yang tinggi dalam menghadapi segala cobaan hidup. Supaya lebih keren anda bisa menambahkan nama Aqila yang artinya bijaksana dan Putri yang…

Toyota Vellfire Yang Mewah dan Elegan

Image
Apa kesan pertama ketika melihat mobil Toyota Vellfire? bisa dipastikan kesannya ketika melihat mobil ini merasa Woow, tampilannya yang mewah dan elegan serta ditambah dengan dimensi mobil agak besar membuat mobil Toyota vellfire ini begitu kokoh dan nyaman. Kemewahan dari Toyota Vellfire ini memang sengajadidesaineksklusifoleh pabrikan Toyotagunamemenuhi kebutuhan pasar penikmat otomotif pada pangsa pasar MPVtipe segmen menengah ke atas .

Bagi para pecinta otomotif pastinya spesifikasi Toyota Vellfire penting sekali untuk dicermati lebih jauh jika dilihat dari harganya yang memang relatif mahal. Spesifikasi Toyota Vellfire yang mumpuni semakin menambah kemewahan yang disajikan dari eksterior dan interiornya. Walaupun dibanderol dengan harga milyaran, anda tak perlu khawatir karena spesifikasi Toyota Vellfire digadang akan mampu penuhi ekspektasi para pecinta otomotif karena mobil ini dibalut dengan penuh kemewahan dan teknologi mumpuni.
Baca juga : Jangan Percaya Becak di Malioboro
D…

Bukan Hanya Populer, Ternyata Ini Faktor yang Membuat Toyota Rush Ramai Laris!

Image
Membeli sebuah mobil pribadi berdasarkan popularitas memang bisa dijadikan patokan, karena pasti nya mobil tersebut berkualitas.pembahasan mengenai hal ini,bahwa mobil kategori SUV dari Toyota yakni Toyota Rush tentunya bukanlah mobil yang asing di jalanan. Terlebih lagi, mobil berdesain gagah ini tampak diminati para penggemar otomotif terutama untuk mobilitas sehari – hari.
Tingkat kepopularitasan Toyota Rush memang tak bisa lepas dari performanya yang optimal berkat ditanamkannya spesifikasi mumpuni. Tak hanya dari desain sporty dan performanya yang handalnya, Wajar jika Toyota Rush menjadi mobil idaman karena harganya yang tak terlalu mahal untuk mobil sekelasnya. Ketika generasi terbarunya hendak diluncurkan, Toyota Rush dapat sambutan hangat dari para penggemar otomotif di Indonesia.
Pada bagian desain eksterior Toyota Rush mengawali kekaguman orang – orang karena dimensinya yang agak besar justru membuatnya tampil gagah dan sporty. Aura Pesona dari SUV tangguh ini pun semakin …

Tart Buah untuk Ulang Tahun yang Tak Pasaran

Image
Kue ulang tahun coklat, keju, strawberry atau cream tentunya sudah menjadi hal yang sangat umum. Bahkan di pasaran sudah banyak Anda jumpai kue ulang tahun semacam itu. Namun tidak dengan tampilan birthday cake jakarta yang terlihat sangat unik dan menawan. Bagi Anda yang tidak menyukai hal-hal biasa, Anda harus mengetahui, bahwa kue ulang tahun tidak harus selalu identik dengan coklat. Sudah ada banyak sekali jenis kue tart yang tidak terbuat dari coklat.
Ingin Menghadirkan Kue Ulang Tahun yang Tidak Pasaran? Wajib Coba Kue Tart Buah Berikut
Jenis kue ulang tahun yang tidak biasa Anda jumpa di pasaran yaitu dalam bentuk kue pie buah dan fruitcake. Pada biasanya, fruit cake dalam bentuk bolu yang diisi dengan potongan buah pada bagian tengahnya. Sedangkan untuk pie buah ini merupakan kue yang memiliki pinggiran keras dan bagian tengahnya diisi dengan potongan buah. Untuk memunculkan ide yang kreatif dan lebih inovatif, maka Anda dapat mencoba kue ulang tahun yang dijamin tidak pasaran s…

Daftar Drama Ji Chang Wook

Image
#WelcomeBackJiChangWook tagar itu meramaikan beranda Twitter saya, emak-emak yang diam-diam menunggu Babang Ichang untuk kembali ke dunia perdramaan Korea setelah wamil. Saya suka sama aktor yang satu ini karena wajahnya lucu, ganteng dan imut jadi satu dan ekspresinya pas salting itu bikin gemessss! Begitulah...saat masih jomblo zaman dahulu kala, babang yang satu ini selalu menemani tanpa pamrih. Jelas hati ini agak sedih saat ada pemberitaan bahwa Ji Chang Wook wamil tahun 2017 silam. Jaringan DNA fangirling-an saya langsung bergetar dan berbisik syahdu :

2 tahun tanpa Ji Chang Wook di drama Korea. Eottokke?!!
Sampai beberapa bulan bang Ichang wamil, saya sering nongkrongin akun K-drama dan berita Korea supaya bisa lihat Ji Chang Wook oppa di camp militernya. Kami seumuran sih, tapi enggak apa yaa saya panggil oppa biar kesannya saya agak mudaan sedikit gitu. Hahahahhahahahhah *hening*


Tapi kemudian, saya ketemu oppa lain yang mampu alihkan dunia saya dari Ji Chang Wook, yaitu Kang …