Menyongsong Masa Depan Cemerlang Bersama KBA Pinang Tangerang




KBA Pinang Tangerang - Kampung Berseri Astra adalah sebuah program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan. Dengan memanfaatkan program Kampung Berseri Astra ini, maka masyarakat bisa melakukan kolaborasi dengan perusahaan untuk mewujudkan wilayah tinggal yang cerdas, sehat, bersih dan juga produktif supaya kualitas hidup masyarakat di wilayah tersebut bisa lebih berkembang lagi.

Salah satunya adalah KBA Pinang Tangerang, lokasinya di kompleks Pinang Griya Permai, Kota Tangerang. Setelah dikembangkan menjadi Kampung Berseri Astra, wilayan ini telah mengalami beberapa kemajuan yang luar biasa dan makin baik dari waktu ke waktu. Salah satu yang paling jelas terlihat adalah kampung yang bebas banjir dan nampak asri.

Dahulunya kawasan ini menjadi salah satu wilayah langganan banjir, namun setelah Astra menjalankan program KBA di wilayah itu, akhirnya para warga lebih terarah untuk melakukan normalisasi sunai, membuat sodetan yang bisa meminimalkan banjir, juga membersihkan tiap selokan untuk memaksimalkan fungsinya. Lingkungan menjadi lebih rapi dan hijau, asri dan nyaman ditempati, serta bebas dari banjir.

Hal menarik lainnya yang jadi program unggulan di Pinang ini ialah budidaya lele organik, ikan yang mengandung banyak gizi ini dibudidayakan di Pinang berkat ide seorang pensiunan, Susiharti. Mendapatkan ilmu budidaya lele dari kerabat, kemudian menjalankan budidayanya sendiri mulai 1 Oktober tahun 2017 silam. Tak muluk-muluk, budidaya lele organiknya dimulai dari halaman rumahnya yang kosong. Terlebih bahan untuk membudidayakan lele tidak susah ditemukan. Cukup menyiapkan bak keramba, kolam terpal, serta bak karantina yang akan digunakan untuk membesarkan lele. Kemudian selama proses pertumbuhan atau membesarkan lele, semua lele wajib diberi makanan yang berupa campuran dedak serta tetes tebu, hal yang perlu diperhatikan adalah pH air yang harus selalu di angka 7, alias konstan.

Jika anda menemukan frozen lele yang siap goreng dengan merk Clarias, maka itu adalah produk lele organik dari KBA Pinang Tangerang-nya bu Susiharti, lho!

Tak hanya itu, ada aktivitas mendongeng untuk anak-anak tiap hari Sabtu di KBA Pinang dan aktivitas seru tersebut khusus diadakan di sekitar hutan kota Pinang Griya. Yang melakukan aktivitas mendongeng biasanya guru PAUD, atau volunteer bergantian tiap minggunya. Perlu diketahui bahwa mendongeng ini adalah cara yang paling efektif untuk menanamkan wawasan dan juga moral pada anak sejak mereka masih kecil. Anak-anak yang ikut kegiatan ini akan terbiasa bersosialisasi, antusias dengan aktivitas serupa dan bisa bermain lebih banyak dengan bermain permainan khas anak yang seru.

PT Astra Internasional juga mengadakan acara pasar murah Ramadhan di tahun 2018, yang diadakan di 115 titik (27 provinsi) di Indonesia, salah satunya di KBA Pinang Tangerang ini. Tujuannya adalah untuk meringankan beban masyarakat menjelang hari raya, dimana harga barang pokok akan meningkat drastis.

Demikian adalah cerita singkat mengenai Kampung Berseri Astra Pinang Tangerang, semoga ke depannya semakin banyak lagi kampung yang berseri nan asri di Indonesia, sehingga setiap masyarakat di berbagai pelosok Indonesia bisa merasakan kehidupan yang lebih baik lagi untuk masa depan mereka.

Comments

  1. Astra keren ya, membangun kampung berseri di mana2, membantu masyarakat serta pemerintah tentunya

    ReplyDelete
  2. Semangat Astra untuk mengembangkan kampung-kampung yang ada di indonesia memang menginspirasi :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Downy Parfum Collection Mystique : Wanginya Awet Sampai 2 Minggu

Pengalaman Pakai Masker Kefir Selama 1 Bulan

Review Ellips Hair Vitamin Shiny Black : Beneran Hitam dan Berkilau