Saturday, 10 November 2018

Tahapan Perkembangan Janin Pada Kehamilan Trimester Pertama

Tahapan Perkembangan Janin Pada Kehamilan Trimester Pertama - Menyambung artikel saya sebelumnya, masih seputar kehamilan dan janin. Artikel saya berikut ini juga tentang perkembangan janin. Maklum lah, ya...namanya sedang promil, pastinya informasi yang saya cari-cari ya tentang kehamilan semua. Hehe. 

Ketika dinyatakan positif hamil oleh dokter maka perjuangan sampai kehadiran buah hati ada dalam dekapanibu pun masih panjang. Masa kehamilan terbagi dalam tiga trimester yaitu kehamilan trimester pertama (berlangsung selama 13 minggu), trimester kedua (kehamilan minggu ke 14-28), dan trimester ketiga (kehamilan minggu ke 29-40). 

Diantara ketiga trimester tersebut, trimester pertama merupakan fase yang paling crusial. Dimana pada masa kehamilan trimester pertama mulai terjadi pembentukan organ-organ penting janin atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai oraganogenensis.Oleh karena itu, asupan makanan bergizi tinggi sangat dibutuhkan. 



Tahapan perkembangan janin yang terjadi pada masa kehamilan trimester pertama dapat dijabarkan sebagai berikut

1. Minggu pertama
Minggu ini masih merupakan bagian dari proses terakhir menstruasi. Dinding rahim akan mengalami proses penebalan untuk menyiapkan terjadinya proses pembuahan antara ovum dan sperma. Kehamilan dihitung sejak hari pertama haid terakhir (HPHT).
2. Minggu ke-2
Pada minggu terjadi pelepasan sel telur yang telah matang menuju ke saluran tuba fallopi untuk dibuahi. Peristiwa pelepasan sel telur dalam istilah medis disebut sebagai proses ovulasi. Jika dalam tahap ovulassi terjadi pertemuan antara sperma dan ovum maka seorang perempuan akan memasuki masa kehamilan.
3. Minggu ke-3
Sel telur yang telah dibuahi disebut sebagai zygot. Zygot akan membelah diri dari tunggal menjadi dua, dari dua membelah menjadi empat, dari empat menjadi delapan, delapan menjadi enam belas dan seterusnya.  Zygot yang telah membelah disebut sebagai morula  dan kemudian berkembang menjadi blastocyst. Blastocyt kemudian akan melanjutkan perjalanannya menuju rahim dan menempel pada dinding rahim sehingga terjadi implantasi. Prose implantasi terkadang disertai keluarnya bercak darah ataudisebut juga dengan tanda Hartman.
4. Minggu ke-4
Blastocyt yang telah mengalami implantasi kemudian disebut sebagai embrio. Terdapat tiga lapisan yang terdapat pada embrio yaitu Lapisan endoderm, lapisan mesoderm, dan lapisan ectoderm. Lapisan-lapisan ini mempunyai tugas untuk membentuk organnya masing masing. Pada minggu ini juga terjadi pembentukan placenta dan munculnya gejala morning sickness.
5. Minggu ke-5
Pada minggu ini jantung mulai terbentuk dan berdetak, sumsum tulang belakang dan otak pun sudah mulai terbentuk. Tes kehamilan yang dilakukan di minggu ke-5 setelah HPHT pun mulai menunjukkan hasil yang positif.
6. Minggu ke-6
Pada minggu ini embrio tumbuh sangat cepat dengan bentuk kepala yang lebih besar dibandingkan ukuran badannya. Terdapat tonjolan-tonjolan di badannya yang nantinya akan menjadi cikal bakal terbentuknya tangan dan kaki
7. Minggu ke-7
Diakhir minggu ke-7, bentuk embrio mulai menyerupai manusia. Badan mulai memanjang, dan bentuk siku mulai terlihat. Seluruh tulang masih berupa tulang rawan.
8. Minggu ke-8
Tangan dan kaki masih mirip seperti dayung, namun sudah mulai terlihat bentuk seperti jari kaki dan tangan.Mata, bibir dan pangkal hidung pun sudah mulai terlihat.
9. Minggu ke-9
Jaringan otot mulai terbentuk sehingga lengan dan kaki embrio mulai dapat bergerak. Sistem pencernaan dan sistem reproduksi pun terus berkembang.
10. Minggu ke-10
Merupakan periode akhir embrio dan memasuki periode awal pembentukan janin. Mulai terbentuk alat reproduksi dan tunas gigi dibawah gusinya.
11. Minggu ke-11
Pada minggu ini bentuk janin sudah menyerupai ketika dia akan lahir. Terjadi juga pembentukan ovarium (untuk janin perempuan) dan bentuk luar alat kelamin sudah mulai ada.
12. Minggu ke-12
Sumsum tulang belakang janin mulai memproduksi sel darah merah, sistem pencernaan dan ginjal pun mulai bekerja
13. Minggu ke-13
Janin berukuran sekitar 3 inchi. Minggu ini merupakan minggu akhir pada trimester satu

Untuk dapat berkembang dengan baik, janin membutuhkan banyak asupan vitamin dan mineral. Karenanya  peran utama seorang ibu adalah untuk memastikan kecukupan asupan makanan yang dimakan demi pertumbuhan  janin yang optimal. 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk ibu-ibu yang sedang berusaha promil dan ibu yang sedang hamil muda. 

No comments:

Post a Comment

6 Film Pendek Menginspirasi Wajib Ditonton di Youtube

6 Film Pendek Menginspirasi Wajib Ditonton di Youtube - Pasti banyak dari kalian yang suka streaming film di youtube kan? Baik film baru m...