Suzzana Bernapas Dalam Kubur 2018

Suzzana Bernapas Dalam Kubur 2018 - Kalau ditanya, "Siapa ikon horor Indonesia?" jawabannya pasti pada mufakat, "SUZZANA!" Yup, wanita berdarah Belanda yang satu ini memang memiliki aura mistis tersendiri, bukan hanya karena ia memerankan banyak tokoh Sundel Bolong dan Kuntilanak di era 80an silam, tapi juga karena beliau punya beberapa kebiasaan unik yang agak berbau mistis, makan melati misalnya.

Saya termasuk orang yang excited banget pas tau ada remake film Suzzana si Ratu Horor, dan menunggu-nunggu kapan tayangnya di bioskop. Sempat saya pikir pemeran utamanya puteri dari Suzzana itu sendiri, tapi ternyata Luna Maya! Kenapa bisa mirip banget ya? ternyata sentuhan penata rias khusus dari Rusia yang berhasil bikin Luna Maya nampak seperti Suzzana. Dari tulang pipi sampai ke dagu dan double chin khas Suzzana pun mirip banget. Jangan lupa, tahi lalatnya juga ada, lho!


Review Film Suzzana Bernapas Dalam Kubur

Ada banyak banget film Suzana, dari mulai Beranak Dalam Kubur, Sundel Bolong, Ratu Ilmu Hitam, Calon Arang dan masih banyak lagi. Dari semua film yang pernah dimainkan oleh Suzana, yang paling nampol dan nancep di alam bawah sadar ya perannya di film horor. Enggak heran kalau kemudian 10 tahun setelah wafatnya beliau di tahun 2008 silam, remake filmnya tayang di bioskop.

Tanggal 15 November adalah jadwal tayang pertamanya, saya dan suami pun ikut nonton di bioskop dekat rumah. Satu studio full, enggak cuma anak muda saja yang nonton, ada juga anak muda zaman old juga ada yang nonton, bahkan ada yang nyampe bawa anak balita juga...hmm, mengenalkan horor Suzzana sejak dini ya Buk, wkwk. Kasihan sih, anaknya sampai nangis beberapa kali pas ada adegan sadis dan si ibuk langsung bawa dedeknya keluar untuk ditenangin. Terus pulang? enggak, balik lagi ke bioskop karena nanggung masih penasaran. Kalau saya sendiri kayaknya enggak akan bawa anak di bawah lima tahun ke bioskop buat nonton horor, salah satu pertimbangannya ya itu...kita enggak tahu kalau film yang kita tonton itu horornya gimana. Kalau ada gore-nya kan kasian buat mental anak. 

Film Suzzana Bernapas Dalam Kubur ini ceritanya standar ala-ala film Suzana yang lain sih, konfliknya juga biasa aja, yaitu pasangan suami istri bahagia yang terpaksa berpisah karena kejahatan orang dekat yang gila harta (dalam film ini yang jahat itu anak buah si suamik). Cuma asyiknya itu ada konflik tambahan kayak salah satu orang penjahatnya ada hati sama Suzzana, proses terjadinya pembunuhan juga mengalir aja, enggak buru-buru. Ada adegan kegep pas lagi ngerampok, panik-panik dulu dan akhirnya enggak sengaja ketusuk sampai sekarat. Eh pas lagi sekarat itu malah dikubur hidup-hidup. Sesuai sama judulnya, kan?

Yaa begitulah, Suzzana hidup kembali sebagai Sundel Bolong dan berusaha untuk balas dendam sama orang-orang yang sudah merenggut kebahagiaan dia. Yang lagi hamil muda setelah lima tahun menanti buah hati, terpaksa pisah sama suami yang cinta buangett sama dia. Sebenarnya Suzzana ini awalnya enggak nyadar kalo dia sudah meninggal, dan enggak tau kalo dia bisa 'haunting' orang-orang, tapi setelah dengar ketiga asisten rumah tangganya cerita-cerita tentang Sundel Bolong, akhirnya dia mulai 'beraksi'.

Enggak perlu saya ceritain secara rinci ya, hihi. Yang jelas film ini riasannya oke banget, bahkan untuk efek darahnya juga kece. Semacam darah yang muncrat-muncrat, daging yang ikut keluar berbarengan dengan darah yang mengalir, dan sebagainya. Adegan kepala putus karena terbelit kabel besinya juga keren, mirip dengan film gore Hollywood gitu. Tapi adegan yang paling saya suka itu adalah pas coloque leher. Kapan tuh? Ada lah, nanti nonton sendiri, ya. Hehe. Penonton cowok di depan saya nyampe mual-mual sendiri ngeliatnya. 

Dialog di film ini penuh dan padat, komedinya juga bikin ketawa dan enggak cringe, penjelasan kenapa Suzzana jadi Sundel Bolong pun ada. Alurnya pas, enggak terlalu cepat dan enggak terlalu lambat. Recommended lah buat yang pengen nonton horor tanpa perlu mikir. 

Sepanjang saya nonton film di bioskop, saat nonton film ini saya ketemu banyak kejadian yang antik di antara penontonnya, dari mulai yang mual-mual sendiri, ibu-ibu di barisan depan yang ketawa bahagia sepanjang film, ciwik-ciwik di sebelah yang malah mainan HP dengan kecerahan layar maksimal yang bikin terang baris belakang (nyampe ditegur juga sih) sampai ibu-ibu (bukan yang ketawa, bukan) fotoin layar pake flash. Hmm, kirain saya ada petir loh buk...

Jadi gimana? sudah nonton Suzzana Bernapas Dalam Kubur 2018? ketawanya Luna Maya pas jadi Sundel Bolong, asyik juga, ya? Hihi. 


Comments

Popular posts from this blog

Review Downy Parfum Collection Mystique : Wanginya Awet Sampai 2 Minggu

Pengalaman Pakai Masker Kefir Selama 1 Bulan

Review Ellips Hair Vitamin Shiny Black : Beneran Hitam dan Berkilau