Friday, 9 November 2018

Proses Perkembangan Janin

Proses Perkembangan Janin - Saya adalah seorang wanita yang sedang merindukan kehamilan, setelah si sulung sudah menginjak usia 9 tahun, rasa rindu untuk kembali mengandung itu muncul. Sekarang saya sedang promil, semoga Allah segera memberikan amanah tersebut untuk saya dan suami. Sambil menunggu, saya juga memperbanyak informasi mengenai kehamilan, nutrisi untuk bumil dan kandungan, serta perkembangan janin. 

Selama 9 bulan didalam kandungan,  janin akan mengalami tahapan proses perkembangan janin yang selama ini dikenal sebagai istilah trimester pertama, kedua dan ketiga. Dibawah ini adalah tahapan perkembangan janin selama didalam kandungan:


Trimester Pertama (usia kehamilan 0-12 minggu)
Waktu kehamilan pada dasarnya mulai dihitung bukan saat terjanya pembuahan, namun saat hari pertama mestruasi terakhir sebelum kehamilan. Pada tahap awal terjadi pembuahan ovum oleh sel sperma kemudian akan terbentuk embrio yang selanjutnya menempel pada dinding rahim hingga proses kelahiran. Setelah minggu pertama, sel-sel pada embrio akan membentuk tiga lapisan diantaranya adalah endoderm, mesoderm, dan ektoderm. Ketiga lapisan tersebut selanjutnya akan berkembang menjadi organ pada janin seperti jantung, tulang, otot, sistem pencernaan, sistem syaraf dan organ tubuh lainnya. 

Pada tahapan minggu ketiga, embrio telah berukuran 1,5 mm dan membentuk ari-ari atau plasenta menggunakan lapisan terluarnya. Serta pada tahap ini juga akan mulai terbentuk organ-organ tubuh yakni otak, tulang belakang, kelenjar tiroid, pembuluh darah dan jantung.  Sedangkan pada minggu selanjutnya (4-6 minggu) akan mulai terbentuk organ lain seperti tangan dan kaki meskipun belum berbentuk seperti tangan dan kaki yang memiliki jari, bibir  dan kepala. 

Usia kehamilan minggu ketujuh dan delapan, jari-jari sudah mulai nampak dan wajah juga sudah mulai terbentuk seperti kelopak mata, hidung, dan bibir. Pada minggu ini pula air ketuban sudah terbentuk yakni dari pembuluh darah janin.   Selanjutnya pada minggu ke 9 dan 10 wajah janin sudah terbentuk jelas, seperti warna dan ukuran mata yang lebih besar. Kemudian pada usia kehamilan 11-12 minggu, organ-organ janis telah terbentuk sempurna dan lengkap.


Trimester kedua (usia kehamilan 13-24 minggu)
trimester kedua ini merupakan proses pematangan perkembangan dari organ-organ yang telah tebentuk pada trimester pertama, dimana perkembangan janin lebih cepat dari sebelumnya. Mulai dari alat pendengaran bayi sudah mulai berfungsi sehingga bayi sudah mampu mendengar, kemudian mata janin sudah mampu menerima rangsang yakni saat perut ibu terkena sinar secara otomatis janin akan menundukkan kepalanya. 

Pada tahap ini juga terjadi perkembangan pada tulang sumsum dan sistem rangka tubuh janin, serta plasenta mulai berfungsi sebagai penyedia oksigen dan nutrisi atau makanan bagi janin. Disamping itu, pada organ otak janin juga mulai terbentuk jaringan syaraf motorik sehingga janin mulai mampu melakukan gerakan seperti menendang, dan mengisap jempol. Lapisan kulit juga berkembang  lebih sempurna dengan terbentuknya lapisan kulit dermis, epidermis, dan subkutan. Rambut halus dan kuku pada janin pula mulai tumbuh. Pada tahap trimestri kedua ini, ukuran janin berkisar 260 gram.

Trimester ketiga (usia kehamilan 25-40 minggu)
Pada trimestri ketiga adalah tahapan persiapan dan penyempurnaan sebelum kelahiran, dimana organ-organ janin telah sebagian besar terbentuk sempurna. Berat janin semaki berkembang lebih besar, dan organ vital seperti paru-paru dan jantung masih terus mengalami perkembangan hingga mampu berfungsi dan akan siap saat janin kelahiran. Rambut-rambut halus yang telah tumbuh pada trimester kedua pun semakin tumbuh lebih lebat pada tahap ini. Pada tahap akhir trimester ke tiga yakni terjadi pada minggu ke 37-40 organ-organ bayi sudah matang dan siap untuk kelahiran.

Nah, itu tadi tahapan perkembangan janin selama dalam kandungan. Artikel yang saya bahas ini merupakan ilmu baru yang sangat penting untuk calon ibu. Bahkan untuk saya yang sudah menjadi ibu pun. Tak pernah ada ilmu yang sia-sia, percayalah. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan bisa membuat calon ibu memahami nutrisi yang dibutuhkan oleh bumil dan si jabang bayi selama dalam kandungannya. 

No comments:

Post a Comment

6 Film Pendek Menginspirasi Wajib Ditonton di Youtube

6 Film Pendek Menginspirasi Wajib Ditonton di Youtube - Pasti banyak dari kalian yang suka streaming film di youtube kan? Baik film baru m...