Cara Memilih Tabir Surya, Kenali Agar Hasilnya Maksimal

Cara Memilih Tabir Surya, Kenali Agar Hasilnya Maksimal - Indonesia merupakan negara tropis dengan intensitas sinar matahari yang tinggi dibandingkan dengan negara yang memiliki empat musim. Meskipun sinar matahari baik untuk pembentukan vitamin D, tapi sinar matahari juga memiliki efek negatif yang dapat membahayakan kesehatan kita. Salah satu cara agar sinar matahari tidak langsung diterima oleh kulit adalah dengan menggunakan tabir surya

Walaupun kulit saya tidak secara langsung kena sinar matahari-karena saya pakai pakaian syar'i-tetapi saya tetap menggunakan lotion untuk melindungi kulit dari berbagai masalah lainnya. Walau tertutup, tak menutup kemungkinan efek buruk sinar matahari tetap menyusup ke kulit, kan? 

Tabir surya berfungsi sebagai barier yang dapat di gunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.  Tabir surya mampu menangkal salah satu dampak negatif dari sinar matahari yaitu kanker kulit yang terjadi akibat terekspos sinar ultraviolet berlebih 



Cara Memilih Tabir Surya

Tabir surya yang tersedia di pasaran terdiri dari berbagai bentuk dengan beberapa merk. Adapun bentuk tabir surya yang umum kita jumpai adalah  bentuk lotion, krim, salep, dan gel.  Banyaknya tabir surya yang beredar di pasaran menyebabkan Anda bingung untuk memilih tabir surya. 

Tabir surya dengan harga selangit belum dapat dijadikan patokan memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan tabir surya yang memiliki harga murah. Berikut ini cara memilih tabir surya yang tepat:

1. Pilih tabir surya yang mengcover spektrum luas
Secara umum, Anda mungkin hanya melihat tabir surya dari angka SPF-nya saja. Padahal yang mungkin tidak Anda ketahui adalah, SPF hanya melindungi kulit dari satu jenis sinar ultraviolet penyebab kanker, yaitu UVB.

Riset membuktikan bahwa sinar ultraviolet jenis UVA juga meningkatkan risiko kanker. Meski UVA tidak menyebabkan kulit terbakar sinar matahari, UVA menembus ke dalam kulit dan menyebabkan keriput. Jadi, sangat penting untuk memilih tabir surya yang melindungi dari sinar UVA dan UVB.

2. Pahami angka SPF pada tabir surya
Berikutnya kenali angka SPF. Angka SPF akan menunjukkan seberapa efektifnya tabir surya tersebut mencegah kulit terbakar. Jika kulit Anda dapat terbakar matahari dalam 10 menit, maka tabir surya dengan SPF 15 dapat melindungi Anda selama 150 menit.

Tingginya angka SPF menunjukkan proteksi yang lebih tinggi pula untuk menangkal banyaknya sinar UVB yang mengenai kulit. SPF 15 dapat menangkal 93% sinar UVB, dan SPF 30 dapat menangkal 97%. Sedangkan untuk SPF 50 sebanyak 98% sinar UVB.

3. Perlukah tabir surya yang tahan air
Untuk Anda yang berencana berenang atau berolahraga, sebaiknya memilih tabir surya yang tahan air (water resistance). Tapi yang perlu dipahami, water resistance bukan berarti water proof. Sebab tidak ada tabir surya yang sepenuhnya tahan air (water proof).

Tabir surya kebanyakan hanya tahan dalam air selama 40–80 menit. Anda tetap harus mengaplikasikan tabir surya kembali minimal setiap dua jam.

4. Periksa selalu tanggal kadaluarsa
Periksa selalu tanggal kadaluarsa pada tabir surya untuk memastikan itu masih bahwa produk tersebut masih efektif. Kebanyakan produk tabir surya yang baik bertahan setidaknya 2 sampai 3 tahun. Namun ada baiknya saat Anda akan menggunakannya, dikocok terlebih dahulu agar bahan-bahan dalam tabir surya tercampur rata untuk dapat melindungi kulit Anda.

Pemilihan tabir surya yang tepat akan membuat Anda mendapatkan perlindungan yang maksimal. Namun, untuk mendapatkan kulit yang cerah dan sehat tidak cukup hanya dengan penggunaan tabir surya saja. Ada baiknya Anda padukan dengan produk perawatan kulit untuk bisa memaksimalkan usaha Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Review Downy Parfum Collection Mystique : Wanginya Awet Sampai 2 Minggu

Pengalaman Pakai Masker Kefir Selama 1 Bulan

Review Ellips Hair Vitamin Shiny Black : Beneran Hitam dan Berkilau