Wednesday, 7 November 2018

Cara Membuat Es Buah Yang Istimewa

Cara Membuat Es Buah Yang Istimewa - Saya ini termasuk emak-emak yang senang makan buah, apalagi dibikin es buah. Tapi sayangnya es buah yang dijual di jalanan variasinya agak membosankan. Lama-lama malah bosan juga jadinya, sudah beli mahal-mahal, ehh hasilnya biasa saja, kan KZL. Maka karena itu, sebagai seorang emak yang kreatif (atau enggak mau rugi, ya? Haha) mendingan coba-coba buat kreasi es buah yang baru. Berikut adalah cara membuat es buah yang istimewa, bisa dicoba di rumah karena sangat mudah.



1. Es Buah Dengan Agar-Agar
Agar-agar yang terbuat dari rumput laut sangat bagus jika dikonsumsi. Rumput laut adalah bahan utama agar-agar. Seperti banyak diketahui jika agar-agar banyak mengandung serat di dalamnya, cocok buat yang sedang diet supaya enggak banyak ngemil. Coba deh menambahkan agar-agar ke dalam sajian es buah, dijamin makin lezat dan sangat bergizi. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es buah agar-agar cuma buah anggur, buah naga, alpukat, nangka dan agar-agar sachet. 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memasak agar-agar. Cukup tuang agar-agar ke dalam panci dengan menambahkan air secukupnya. Beri susu, pewarna makanan rasa pandan atau strawberry. Kemudian beri gula sesuai selera. Aduk-aduk terus hingga mendidih dengan api sedang dan setelah agar-agar matang, cetak dan kita bisa memulai membuat kuah es buahnya. Larutkan gula dan tambah sirup cocopanda. Setelah itu masukkan buah-buahan yang sudah dipotong potong terlebih dahulu, lalu tambahkan es batu dan agar-agar yang telat dipotong dadu. 


2. Es Buah Dengan Es Krim
Selain agar-agar, kita juga bisa menambahkan es krim sebagai tambahan membuat es buah lho. Apalagi untuk anak yang kurang doyan buah, biasanya jika pakai es krim jadi lebih tertarik. Cukup menyiapkan es krim vanilla dan es krim coklat. Lantas dipilih buahnya, boleh strpberi, mangga, buah naga, jeruk atau buah musiman lain. Potong sesuai selera dan sisihkan selama membuat kuahnya. 

Larutkan gula dengan air panas, terus diaduk pelan sampai larut semuanya. Diamkan selama beberapa menit hingga dingin dan masukkan buah-buahan yang sudah dipotong. Terakhir tinggal masukkan masing-masing 1 scoop es krim vanilla dan cokelat di atasnya. Supaya lebih cantik, bisa ditambah dengan sprinkle aneka warna.

3. Es Buah Dengan Bubur Mutiara
Ingin es buah yang rasanya lebih unik dan penampilannya lebih cantik? Coba membuat es buah dengan tambahan bubur mutiara. Biar enggak repot tinggal beli bubur mutiara di pasar dan mencampurkannya dengan buah-buahan yang disukai, seperti alpukat, nangka atau semangka. Tapi kita juga butuh susu segar supaya rasanya semakin mantap.

Cara membuatnya adalah mendidihkan susu segar dan gula, gunakan api sedang saja. Kemudian diaduk-aduk dan masukkan bubur mutiaranya. Setelah semua matang, tinggal angkat kemudian biarkan dingin. Perlu diingat, jangan memasukkan buahnya langsung karena nanti kesegaran buahnya malah akan hilang. Setelah dingin, maka masukkan buah-buahannya dan pelengkap terakhir adalah es batu. Nyum!

No comments:

Post a Comment

6 Film Pendek Menginspirasi Wajib Ditonton di Youtube

6 Film Pendek Menginspirasi Wajib Ditonton di Youtube - Pasti banyak dari kalian yang suka streaming film di youtube kan? Baik film baru m...