Tuesday, 17 July 2018

Rekomendasi Penerbit Indie untuk Guru yang Murah dan Hasil Cetaknya Bagus

Rekomendasi Penerbit Indie untuk Guru yang Hasil Cetaknya Bagus - Ada banyak banget guru yang bukan cuma telaten dan pandai mengajar, tapi juga suka menulis. Menulis puisi, cerpen, novel dan novelet, sampai dengan menyusun buku saku untuk bahan ajar anak-anak didiknya. Contohnya saja bapak saya, guru IPS yang pernah mengajar Karawitan dan jadi pelatih drumband, gamelan, angklung, drama sekolah dsb dsb. Iya, bapak saya multitalenan multitalenta dan suka banget menulis naskah fiksi.

Bapak saya jadi orang pertama yang bikin saya senang baca, bahkan sebelum populer anak kuecil musti pinter baca kayak sekarang, saya sudah bisa baca cerita-cerita pendek (sekitar umur 4-5 tahunan) karena bapak yang ajarin, dan banyak banget buku bacaan populer di rumah. Dulu saya sering baca buletin Nova, dan menunggu-nunggu edisi hari Minggunya. Juga baca majalah Sunda, Mangle, atau tabloid Galura. Jangan lupa, majalah Bobo dan Donal Bebek juga saya suka banget...semuanya masih suka saya baca sampai sekarang ini. Semua...termasuk majalah Bobo. Hehe


Selain majalah dan tabloid yang saya sebutkan di atas, saya juga paling suka membaca naskah fiksi bikinan bapak saya sendiri. Bapak punya satu buku besar banget (yang biasa dipakai anak-anak akuntansi) dan isinya naskah fiksi karya blio. Ada buku khusus naskah drama dan buku khusus cerpen. Saya paling suka baca yang isinya kumpulan cerpen, karena ceritanya komedi dan dikemas menarik, ada kalanya bapak bikin cerpen dengan akhiran a semua dan itu menurut saya hebat sekali.

Belakangan ini saya baru terpikirkan, kenapa naskah bapak enggak diterbitkan aja? Siapa tahu berjodoh sama penerbit dan bisa dibaca lebih banyak orang di luaran sana...Cuma ya itu dia, bapak bilang enggak perlu diterbitkan, biar saja dibaca lingkungan yang terbatas, untuk kepuasan pribadi saja. Begitu terus blio menolak...

Kalau dibilang blio anti media, enggak juga sih, soalnya sudah beberapa kali hasil karya blio masuk majalah dan buletin, kok! Hmm, kayaknya bapak cuman enggak mau ribet deh...sama kayak anaknya ini. Hahah. Bapak sudah cukup dibuat sibuk dengan tugas beliau sebagai pendidik, ditambah melatih ekstrakurikuler seni dan seabrek kegiatan lainnya, menulis jadi momen spesial untuk melepas lelah. Kalau ditambah mempersiapkan ini itu buat mengajukan ke penerbit, bapak enggak kepikiran lagi. Apalagi kalau mau diterbitkan secara mandiri, lewat penerbit indie...waduh lebih ribet lagi.

Tapi enggak semua penerbit indie meribetkan calon penulisnya, lho! Apalagi buat bapak dan ibu guru yang gemar menulis serta menyusun buku. Ada rekomendasi penerbit indie untuk guru yang dijamin bikin impian punya buku sendiri terwujudkan dengan mudah. Penerbit yang satu ini bukan cuma menyediakan fasilitas cetak yang oke, tapi juga sampai membantu mempromosikan buku yang kita buat, lho! Asyik deh...enggak usah pusing cari cara promosi, sudah dibantu penerbit. Hehe

AE Publishing,  penerbit indie yang bermarkas di Kepanjen, Malang ini adalah salah satu penerbit indie yang namanya sudah malang melintang di dunia perbukuan, khususnya buku-buku indie. Saya sendiri sudah beberapa kali ikut numpang nama disana, hihi. Ikut event, jadi penulis tamu, sampai menerbitkan novelet disana, jadi sudah tahu keuntungan cetak buku di AE Publishing.

Ada beberapa paket penerbitan yang bisa dipilih, misalnya Paket Super. Dengan biaya satu setengah juta saja kita sudah bisa memiliki buku sendiri dengan kualitas yang tak berbeda dari penerbit mayor. Kita juga enggak perlu capek cari layouter naskah sendiri, desain cover sendiri, bla-bla-bla serba sendiri ala penerbit indie kebanyakan. Semua sudah dihandle oleh tim profesional dari AE Publishing. Bahkan dapat promosi gratis juga supaya buku lebih dikenal oleh calon pembeli potensial. Keren, ini cocok banget buat bapak dan ibu guru. Siapa tahu mau cetak handbook untuk anak didiknya biar kegiatan belajar mengajar jadi lebih praktis yekan? Boleh dicoba paketan yang satu ini. 



Mahal? yakin mahal? Boleh dicek qaqa ke penerbit indie sebelah. Gimana? AE Publishing jelas lebih hemat!

Paket ini juga cocok untuk bapak saya, dengan mengeluarkan biaya yang terjangkau, sudah bisa mewujudkan buku sendiri yang berkualitas. Begitulah, bapak saya agak parno juga karena sering dengar cerita tentang penerbit indie abal-abal, yang enggak bisa mencari percetakan yang bagus karena enggak punya mesin cetak sendiri, akhirnya bikin penulis-penulis yang menggunakan jasa penerbitan mereka kecewa berat sebab hasil cetaknya buruk. Kertasnya lecek dan tipis, cover yang pecah, belum lagi layout yang buruk dan typografi yang enggak diperbaiki. Hmm...sudah bayar mahal-mahal, eh hasilnya bikin emosi. 

Maka karena itu, saya juga merekomendasikan AE Publishing ke bapak sebagai penerbit indie terbaik yang cocok untuk menerbitkan naskah fiksi blio. Biar naskah fiksi komedi bapak bisa bikin senang lebih banyak orang di luaran sana. Okedeh, tugas saya sebelum menyetorkan naskah bapak untuk digodok jadi buku adalah menulis ulang cerpen-cerpen tersebut, maklum...dulu ditulis tangan. Hehe

Demikian artikel Rekomendasi Penerbit Indie untuk Guru yang Murah dan Hasil Cetaknya Bagus, kalau pintar promosinya, dijamin laku keras dan cepat balik modal bosque.

1 comment:

  1. wah,penerbit AE memang bagus,dan buku-bukunya juga berkualitas ...

    ReplyDelete

Mengulas Seputar Puma, Store Perlengkapan Olahraga Terlengkap

Mengulas Seputar Puma, Store Perlengkapan Olahraga Terlengkap - Siapa yang tak kenal dengan brand sepatu yang satu ini? Brand yang telah b...