Tuesday, 12 June 2018

Cara Bikin Kroket Kentang So Good yang Lembut Banget

Cara Bikin Kroket Kentang So Good yang Lembut Banget - Jadi, adik saya baru saja melahirkan yekan...otomatis banyak saudara-saudara jauh yang datang untuk nengok bayi, lalu nginep. Termasuk bibi dan paman saya dari Cipaku, Ciamis. Karena momennya pas banget, lagi serba bahagia, kumpul-kumpul, apalagi bulan puasa, jadinya pengen masak yang lain dari biasanya.

Yang saya pilih adalah gorengan, tapi bukan gorengan sembarang gorengan ya bu-ibuk, mendoan atau bala-bala doang mah lewat, sudah biasa! Saya mikir keras dong ya, sambil ngubek-ngubek resep di IG, mana nih yang paling oke buat sajian berbuka. Akhirnya pilihan jatuh di kroket kentang, secara saya sudah pernah bikin ini gorengan zaman old, dan enggak jelek-jelek amat hasilnya, jadi saya PD untuk bikin lagi sekarang.

resep kroket kentang simpel


Supaya rasanya semakin ajib, saya pilih So Good Beef Sausage Fully Cooked daripada kornet atau cacah daging, biar apa? Biar lebih praktis dan enggak ribet say, secara masak pas puasa itu pengennya yang simpel-simpel manja tapi lezat gitu deh. Hihi.

Tanpa banyak basa-basi lagi, langsung melesat ke dapur dan mulai eksekusi. Mau coba bikin juga? Yaa siapa tau pengen nyobain kroket sederhana yang lembut-lembut gimana gitu, hihi.

Bahan Kroket Kentang yang harus disiapkan : 

- 1 kilo kentang
- 3 Beef Sausage Fully Cooked So Good
- Keju cheddar parut (1/2 kotak atau sesuai selera)
- 2 butir telur
- 150 gram tepung jagung (maizena)
- Tepung roti
- 1 sdm cincang seledri
- Garam, penyedap rasa, lada putih secukupnya
- Minyak untuk menggoreng



Proses memasak :

1. Pertama-tama cuci kentang sampai bersih, bagi dua lalu rebus atau kukus sampai empuk. Setelah empuk, kupas kulitnya dan langsung tumbuk sampai halus betul. Sisihkan. Bagusnya sih pakai potato masher ya, tapi apalah saya...emak-emak mageran yang cuma niat doang pengen punya masher tapi belinya kagak, akhirnya pakai ulekan yang dibungkus plastik untuk ngublek-ngublek kentang rebusnya. Haha. Ada yang sama kayak saya? *cari sekutu*

2. Masukkan cincang seledri, garam, penyedap dan lada putih, serta keju parut ke dalam kentang tumbuk. Uleni sampai tercampur rata lalu masukkan tepung jagung sedikit demi sedikit sampai adonannya bisa dibentuk sesuai selera.

3. Potong Beef Sausage Fully Cooked So Good menjadi enam bagian, jadi ada 18 potongan kecil sosis.

4. Ambil sesendok adonan kroket, pipihkan dan letakkan potongan sosis di tengahnya, bulatkan. Lakukan sampai adonan habis.

5. Kocok dua butir telur, beri garam sedikit. Celupkan bola kroket kentang ke dalam kocokan telur satu per satu (jangan langsung banyak-banyak), angkat dan gulingkan ke atas tepung roti sampai seluruhnya tertutupi tepung roti.

6. Goreng dalam minyak panas sampai kecokelatan, tapi jangan terlalu lama sebab bisa-bisa meletup dan bola kroketnya jadi penyok-penyok :')



Voila! Jadi deh, Bola Kroket Kentang So Good! Luarnya garing, dalamnya lembut dan sosis sapinya uenak pisan! Cocoknya itu dicocol ke mayones, dijamin klop bangetttt, uhh enggak cukup makan sebiji. 

Jadi si Bola Kroket ini saya sajikan pas buka sebagai makanan pembuka, hihi. Abis minum yang manis, terus ngemil Bola Kroket isi sosis So Good yang good banget rasanya, Masyaallah. Lezatnya bikin saya terharu. Hihi. Anak saya, busui, bapak, dan ponakan-ponakan pada doyan. Emak jadi ingin ngegoreng lagi, biar kenyang, tapi sayang sudah habis adonannya. Hahah.

Itulah dia Cara Bikin Kroket Kentang So Good yang Lembut Banget, bikin buka puasa saya sekeluarga jadi lebih spesial. Nah, jangan lupa baca artikel lainnya yang ada di blog saya, ya! Misalnya saja Agen Pulsa Berbentuk Aplikasi yang Bisa Dipercaya.

No comments:

Post a Comment

Cara Bikin Kroket Kentang So Good yang Lembut Banget

Cara Bikin Kroket Kentang So Good yang Lembut Banget - Jadi, adik saya baru saja melahirkan yekan...otomatis banyak saudara-saudara jauh y...