Sunday, 20 May 2018

Honeymoon Murah di Jogja Bujet di Bawah 2 Juta

Honeymoon Murah di Jogja Bujet di Bawah 2 Juta - Enggak tahu kenapa Jogja jadi salah satu kota favorit saya. Setiap kali terlintas kata liburan, pasti deh Jogjakarta juga selalu nyelip disana. Saya sudah beberapa kali pergi ke Jogja, dan walaupun lokasi wisata yang saya datangi pas liburan itu didinya-dinya wae alias Malioboro, Keraton, Prambanan, begitu saja terus bolak-balik tapi enggak ada bosannya. Haha. Kayaknya saya memang udah jatuh cinta sama daerah istimewa yang satu ini. 

Liburan saja saya pilihnya Jogja, apalagi honeymoon, kan? Hihi. Tentu saja saya bakal cari lokasi-lokasi romantis yang mendukung susana bulan madu supaya lebih dapet chemistry-nya. Setelah stalking sana-sini, cari info sana-sini, akhirnya saya ketemu satu tempat yang banyak banget lokasi wisata alamnya yang Instagenic banget, yaitu Kulon Progo. Ya-ya-ya saya tahu, lokasi-lokasi hits kekinian itu enggak bisa dikunjungi dalam satu waktu yang sama, dan lokasinya jauh-jauh, butuh kendaraan pribadi supaya bisa sampai ke semua (seenggaknya ke lokasi yang paling ngehits) dalam satu hari tanpa capek. Tapi itu enggak akan menyurutkan niat saya untuk main-main sama pasangan halal kesana. Kapan lagi yekan yang momennya spesial begini?



Yakin mau ke Kulon Progo buat honeymoon? Bujet buat transportasi? Bujet buat penginapan? Buat makan? Souvenir? Tenang saja, hal itu sudah jadi pikiran saya sejak jauh-jauh hari. Urusan kendaraan gampang lah, kita bisa sewa kendaraan disana dengan harga yang lebih miring karena ‘supir’ sudah bawa dari Banjar. Hihi, iya calon suami saya bisa nyetir sendiri, jadi bisa sewa mobil lepas kunci.

Terus buat makan, saya berusaha cari penginapan yang menyediakan sarapan (karena paling males buat nyari makan pagi-pagi) secara mata baru melek, masa iya musti keluar penginapan cari makan kesana-kesini gitu...kalau sudah disediakan sama penginapannya kan enak. Urusan makan siang dan makan malam mah gampil, bisa disamper di jalan sambil menuju ke lokasi wisata. Toh cemilan dan snack-snack selalu siap sedia, maklum mulut saya ini memang selalu merindukan ngemil. Hihi.


Cuma yang jadi masalah adalah...penginapan. Tanya teman yang orang Jogja, malah geleng-geleng kepala pas saya tanya penginapan recommended untuk yang honeymoon, tampangnya malah berubah melas gitu...saya lupa, teman saya masih single :’) sabar ya teman, saya tau rasanya karena saya pernah ada di posisimu, kok. Percayalah, semua akan double pada waktunya *mendadakbijakkarenaudahgakjomblolagi 

Akhirnya saya pun Googling, mencari penginapan yang berlokasi di Kulon Progo, yang cocok dengan suasana bulan madu, dan juga cocok di kantong, secara bujet yang saya punya adalah 2 juta saja. Buset, nekat juga ya mau bulan madu dengan bujet segitu? Haha. Tapi where is the will, there is a way sodarah...selama saya punya kemauan, pasti ada jalannya, asal saya benar-benar serius mempersiapkan semuanya biar bujet enggak bengkak. Kalau sampai bengkak dari anggaran, mau enggak mau ditunda lah itu bulan madu sampai kapan-kapan hari.

Semangat bulan madu saya yang membara langsung melempem, saat melihat tarif hotel yang lokasinya di Kulon Progo rata-rata di atas 400 ribu semalam. Ada sih yang cuma 150 ribuan, tapi pas saya cek...duh, fasilitasnya juga minimalis banget, cuma kasur sama kipas angin, belum lagi lokasinya yang jauh dari mana-mana. Huhu. Percuma juga ye-kan?

Tapi saya tetap berusaha mencari penginapan yang fasilitasnya oke, dan enggak jauh-jauh amat dari lokasi-lokasi wisata kekinian kayak Hutan Mangrove Kulon Progo, atau Waduk Sermo biar bisa bikin foto-foto pasca wedding yang romantis. Tiba-tiba ada iklan Traveloka gitu deh, karena penasaran akhirnya saya klik Traveloka disini, dan langsung disuguhi tampilan begini 



Langsung disambut dengan penginapan-penginapan yang paling populer di Jogjakarta nih, tapi ya enggak ada yang di Kulon Progo. Makanya saya coba buat cari penginapan lain, di halaman yang sama scroll ke bawah sedikit, nanti ketemu tombol navigasi ‘Cari Penginapan Lainnya’ dan bakal diarahkan ke halaman khusus lain. 

Di halaman yang baru itu, kita bisa mencari hotel atau penginapan dan villa sesuai dengan kebutuhan kita. Dimulai dengan mengetikkan nama hotel atau nama kota yang akan kita kunjungi, tanggal check in dan check out, jumlah tamu dan kamar yang akan dipesan, plus ada fitur ‘tampilkan akomodasi ramah keluarga’ untuk yang bawa keluarga besar, atau yang bawa anak kecil, supaya bisa ketemu hotel yang ramah keluarga. Asyik, ya?

Karena saya keukeuh mau ke Kulon Progo, saya pun memasukkan Kulon Progo dalam kolom pencarian hotel, lalu tanggal check in-check out, juga berapa tamu yang akan menginap. Pencarian penginapan di Traveloka gampang, ya? Bisa dicari pakai nama kota tujuan, nama hotel, bahkan berdasarkan nama tempat populer di lokasi wisata tujuan kita, jadi nanti sistem secara otomatis bantu carikan kita hotel yang paling dekat dengan keyword yang kita masukkan itu. Ini contoh pencarian hotel yang saya buat, 




Nah, setelah klik ‘Cari Hotel’ kemudian halaman tersebut memuat informasi beberapa penginapan yang bisa saya pilih di Kulon Progo. Disini kita bisa sesuaikan pencarian dengan kebutuhan kita lho, misalnya pencarian hotel berdasarkan bintang (bintang 5, 4, 3 sdt), atau berdasarkan populeritas, dan bisa juga dari range harga. Seperti yang saya pilih ini, saya ambil yang paling hemat deh...hihi.



Harganya lumayan kan? Mulai dari 200 ribu Rupiah semalam, jadi kalau saya ambil kamar itu, cukup bayar 400 untuk dua malam (ditambah administrasi tentunya) dan itu sudah hemattt banget. Apa sudah cukup segitu saja petualangan ngirit yang saya dapatkan? Rupanya enggak. Soalnya kalau booking pakai aplikasi, bisa dapat harga lebih hemat. Belum lagi menginap lebih dari satu malam bisa dapat diskon 10%. Wih, kalau sudah lihat diskon rasanya suka bahagia-bahagia gimanaaa gitu.
Terus, dengan harga hemat itu apa yang saya dapatkan? Penasaran dong dengan spesifikasi penginepannya macam apa? Tinggal klik deh di hotel atau penginapan yang disuka, dan bakalan langsung dialihkan ke halaman baru yang full isinya informasi hotel, termasuk lokasi wisata yang paling dekat dengan hotel itu. Widih, memudahkan sekali buat para pelancong.



Lihat deh, disini kita bisa langsung memilih tipe kamar yang diinginkan, lengkap dengan fasilitas yang didapatkan. Sudah jelas dong ya saya akan memilih tipe yang kedua. Sudah dapat sarapan, ada WIFI pula, bisa streaming semalaman ini mah. Hihi. Tinggal dua kamar tersedia, harus bergegas pesan nih! Jangan lupa klik ‘Pesan Sekarang’ ya! Kalau misalkan batal menginap disini, maka enggak ada biaya pembatalan, alias gratis. Tapi ada jangka waktunya, jadi kalau dibatalkan melewati tanggal yang ditentukan, maka ada biaya pembatalan. Terbuka banget, enggak perlu was-was tetiba ada biaya tambahan ini itu atau apalah. Sangat menenangkan bagi calon pelancong dengan bujet pas-pasan seperti saya. 


Setelah itu, isi data diri selengkap-lengkapnya di halaman baru. Disana kita harus mengisi data diri yang sesuai dengan KTP atau SIM, nomor ponsel dan alamat email juga. Lihat total harga yang saya dapat untuk dua malam menginap plus sarapan dan free WIFI. Cuma 500k! Gratis biaya admin dong, kece ya Traveloka?



Jangan lupa klik pemesanan, ya? Nanti akan muncul pop up yang memberitahukan bahwa tiket akan dikirim ke email yang sudah didaftarkan, dan setelah itu klik ‘Lanjut ke Pembayaran’ supaya bisa langsung transfer rincian biaya untuk booking penginapan. Kita bisa menggunakan layanan banking apapun, dari mulai ATM, e-banking sampai SMS banking dan memilih bank apa yang sesuai dengan bank yang kita gunakan (supaya bebas admin, cynt!).

Ada kode unik, dong. Jadi kurang dari 500k saya transfernya. Hihi. 



Yang punya kupon diskon, boleh masukkan disini supaya bisa dapat harga hemat spesial lagi yang bikin liburan jadi makin asyique. Klik ‘Bayar Dengan Transfer’ dan langsung diarahkan ke halaman yang berisi informasi pembayaran. Transfer ke rekening apa, atas nama apa, dan berbagai informasi penting lainnya. Yang harus diingat, enggak boleh lebih dari satu jam karena lebih dari satu jam belum transfer, maka booking otomatis dibatalkan. Jadi pastikan minimal kita punya SMS Banking supaya bisa langsung transfer setelah memesan. 



Kalau sudah transfer, terus ngapain? Tunggu voucher hotel dikirim ke email, dan jangan sampai kehapus loh ya! Soalnya nanti untuk menginap perlu nunjukin voucher itu dan enggak usah bayar apapun lagi. Tinggal konfirmasi data, bisa langsung bobo syantiek deh!

Duh, sudah murah, praktis, transparan, gampang banget diakses, userface-nya enggak ribet, kurang apalagi sih Traveloka? Benar-benar membantu banget untuk pelancong bujet pas-pasan tapi pengen pelayanan terbaik macam saya. Hihi. Jadi, kalau mau honeymoon murah di Jogja, pastikan pesan hotelnya via Traveloka saja, supaya dapet keuntungan plus-plusnya kayak saya, nih! Enggak percaya? Buktikan sendiri, deh! Dijamin ketagihan pergi kesana-sini bareng pasangan dan keluarga karena booking akomodasinya hemat dan praktis banget pakai Traveloka. 

2 comments:

  1. Waaaaah, mau banget honeymoon dengan bujet segini. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, enggak ada yang enggak mungkin, asal yakin

      Delete

Cara Bikin Kroket Kentang So Good yang Lembut Banget

Cara Bikin Kroket Kentang So Good yang Lembut Banget - Jadi, adik saya baru saja melahirkan yekan...otomatis banyak saudara-saudara jauh y...