Sunday, 3 December 2017

Resolusi Tahun 2018 : Renew Me. Less Drama More Happiness

Resolusi 2018 - Wah, sudah Desember lagi! Padahal baru kemarin saya salah-salah tulis tahun, berasa masih 2016 padahal sudah 2017. Eeeh, baru juga terbiasa dengan tahun 2017 sekarang harus beradaptasi lagi dengan tahun 2018. Hihi. Sebenarnya bukan perihal salah tulis tahunnya yang bikin saya agak jiper, tapi karena tahun depan usia saya bakalan menginjak 28 tahun. 

You know lah, usia-usia menjelang 30 tahun adalah usia dimana ranah pribadi yang disembunyikan rapat, bakalan dikorek-korek gerombolan tetangga dan saudara yang keppo. Dari investigasi diam-diam yang mereka lakukan, muncullah berbagai pertanyaan yang menohok kalbu, misalnya...yaa tahu lah pertanyaannya kayak gimana. Enggak usah dibahas juga, sih. Hahah.

Tapi walaupun bukan sekali dua kali dicecar pertanyaan yang beraroma judging, saya berusaha buat menerima dengan lapang dada semua kenyataan dan berusaha untuk jadi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Saya enggak mau terpengaruh dan kemudian grasak grusuk yang berujung kekacauan dalam rencana hidup saya. Belajar dari yang sudah-sudah, semua hal yang saya putuskan dengan tergesa, apalagi dikarenakan 'kompor' tetangga dan saudara. Ah, enggak lagi-lagi deh!

Dalam rangka memperbaharui diri sendiri, menghilangkan aura negatif dari gerombolan keppo yang tak akan berhenti menghakimi hidup saya yang kata mereka begini-begini aja dan enggak ada kemajuan apapun padahal mereka juga hidupnya B aja selayaknya manusia normal kebanyakan, maka saya putuskan untuk mencatat resolusi 2018 seperti berikut ini sebagai motivasi. 


1. Menulis dan Menerbitkan Lebih Banyak Novel.

Tahun 2017 ini total ada 6 naskah novel solo yang diACC, 1 naskah duet ACC dan dari ketujuh naskah itu sudah terbit 3, yang satu tinggal launching dan sisanya masih digodok di dapurnya penerbit. Tahun ini saya memang enggak mencium aroma buku baru karena semua naskah saya diterbitkan dalam bentuk e-book (hanya novel duet yang Insyaallah akan diterbitkan dalam bentuk buku cetak). 

Tahun 2018 nanti saya HARUS menulis lebih banyak kata tamat dalam naskah-naskah yang saya tulis, mengirimkannya pada penerbit dan mendapatkan lebih banyak SPK (Surat Perjanjian Kontrak) plus lebih banyak honor dan royalti, tentu saja. Iyalah, saya menulis bukan cuma ketak-ketik manja memesona demi bio Insta 'penulis' saja, saya menulis untuk menafkahi hidup juga soalnya. Haha. Tapi saya enggak nulis bio Insta saya dengan 'penulis', by the way.

Novel saya yang bisa diunduh melalui aplikasi Scoop

2. Stay in Shape

Apakah saya berlebihan dengan yang satu ini? nay. Saya perempuan biasa yang ingin terlihat menarik bagaimanapun situasi dan kondisinya. Yaa walaupun menarik-nya ini cuma di mata saya sendiri sih, bhakkk! Enggak apa-apa, ya? menyenangkan diri sendiri itu menjauhkan diri dari stres dan depresi. Hihi.

Jadi tahun 2016 lalu saya kaget banget melihat berat badan 68 kilogram, padahal dulu saya ini hanya 55 kilogram (hanyaaaaa katanya). Jadilah tahun 2017 saya habiskan untuk menurunkan berat badan sedikit-sedikit, saya melakukan diet dengan memperbanyak makan sayuran dan buah, menghindari soda dan gorengan plus rajin olahraga. Akhirnya turunlah berat badan 8 kilogram, dan kayaknya sudah cukup lah ya 60 kilogram. Saya senang dengan badan saya yang 60 kilogram ini dan tugas saya adalah stay di angka 60. 

Tahun depan lebih banyak main sama Live Love Party Zumba, Lumowell Workout, dan Luisa Turnip Yoga. Stay in shape is a must!

3. Jadi Ibu yang Lebih Baik dan Pantang Capek

Salah enggak sih kalau saya tulis yang satu ini di nomor tiga? Bukannya karena anak saya tak lebih penting dari novel dan bentuk tubuh, sih, tapi karena baru keingetannya sekarang. Hahah. Lagian saya cari uang dan tetap sehat itu kan demi anak juga kok hallah ngelesnya sa ae ah! 

Enggak, memang kenyataanya begitu. Saya harus dapatkan lebih banyak uang supaya anak saya hidupnya terjamin. Dia bisa sekolah dengan tenang, dia bisa ikut les dan kursus apapun yang dia mau, dia bisa beli apapun yang ia mau (yaa tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Saya enggak mau terlalu memanjakan dia juga. Kasihan nanti jadi kolokan). Saya harus selalu sehat biar bisa mengurus dia dengan penuh energi, pagi, siang, sore, malam sampai ketemu pagi lagi saya harus tetap segar bugar bagai baru nenggak batre Alka**ne. Haha. Kalaupun takdir Allah saya harus sakit, ya kalau sakit jangan lama-lama. Anak siapa yang urus?

Lantas, apakah saya ini harus benar-benar ngopi batre supaya bisa segar bugar dan enggak mudah sakit? Ohh tentu tyduck. Jawabannya adalah gaya hidup sehat. Berhubungan dengan resolusi nomor dua saya, yaitu makan buah dan sayuran segar, hindari makanan dengan pengawet, penyedap rasa berlebihan, pewarna dan pemanis buatan dll dll. Selain olahraga, saya juga harus mengonsumsi suplemen makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan mineral yang tak bisa saya dapatkan dari makanan sehari-hari. 

Suplemen makanan yang saya konsumsi mesti yang sudah halal. Itu paling penting ya buat muslim, buat apa kandungan nutrisinya lengkap tapi non halal? Kita tetap tak bisa konsumsi. Tapi walaupun begitu, saya juga harus memastikan jika suplemen yang halal itu bakal memberikan manfaat yang saya harapkan. Yaitu kebutuhan vitamin tercukupi supaya enggak gampang sakit, kalaupun qadarulloh saya jatuh sakit, proses recovery lebih cepat karena diikhtiarkan dengan mengonsumsi vitamin untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah sakit itu.

Theragran M

Salah satu produk yang direkomendasikan buat mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral mamah-mamah zaman now seperti saya ini adalah Theragran-M. Produk suplemen multivitamin dan mineral dari Taisho ini terdiri dari empat tablet salut gula dalam satu stripnya. Jadi enggak perlu takut pahit di lidah buat yang kurang piawai minum obat tablet, hehe. 

Dalam satu tablet salut gula Theragran-M mengandung komposisi sebagai berikut : 

Vitamin:
A (sebagai asetat), memiliki fungsi sebagai antioksidan, untuk membasmi malaria, sebagai anti aging juga dan bagus untuk daya tahan tubuh. Poin penting buat bumil, vitamin A ini bagus untuk memaksimalkan perkembangan janin.
D (cholekalsiferol), yang satu ini fungsinya untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium dan fosfor, sehingga baik untuk tulang dan gigi.
B1 (tiamina mononitrat) untuk memproses oksidasi dalam tubuh supaya dapat energi.
B2 (riboflavin) untuk menjaga jaringan saraf dan juga untuk mempercepat pemindahan rangsang sinar ke saraf mata kita. 
B6 (piridoksina hidroklorida) mempermudah pencernaan protein dan respirasi selular juga.
B12 (sianokobalamina) membantu bentuk sel darah merah, sintesis asam nukleat  juga pembelahan sel.
Niasinamida, nah niasinamida jika bersama dengan niasin maka disebut sebagai vitamin B3. memiliki fungsi hilangkan rasa sakit yang mendera tubuh gara-gara penyakit kronis atau artritis.
Kalsium Pantotenat,  kalau yang ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi tanda penuaan, bisa meningkatkan resistensi tubuh terhadap berbagai jenis infeksi, juga merangsang pertumbuhan fisik. Selain itu juga mengelola diabetes dan juga gangguan kulit.
C (sebagai natrium askorbat), bisa menurunkan kolestrol dan mencegah adanya penyakit jantung, selain itu juga mampu untuk menjaga daya tahan tubuh kita supaya tidak terinfeksi racun.
E (sebagai dl-alfatokoferil asetat), penting banget untuk proses reproduksi dan bisa mencegah kanker paru juga.



Mineral:
Iodium (sebagai kalium iodida) adalah yang membentuk hormon tiroksin, gunanya untuk mengatur aneka aktivitas semua alat tubuh dan sekaligus mengontrol kecepatan pertumbuhan seorang manusia.
Besi (sebagai fumarat) gunanya untuk pembentuk hemoglobin
Tembaga II (sebagai sulfat)
Mangan II (sebagai sulfat) termasuk dalam trio elemen penting yang akan membantu manusia bertahan hidup.
Magnesium (sebagai karbonat) mampu menjaga otot dan syaraf supaya tetap normal, menjaga tulang tetap kuat dan mengatur kadar gula darah.
Seng (sebagai sulfat) kalau mineral seng ini berperan dalam metabolisme protein, juga untuk pmempercepat. Selain itu, seng oke juga buat bumil sebab mendukung pertumbuhan dan  juga perkembangan janin dalam kandungannya.

Jadi sudah jelas dong ya, dengan mengonsumsi Theragran-M satu tablet setiap hari (atau sesuai dengan anjuran dokter), maka manfaat yang akan didapatkan adalah tubuh yang selalu segar bugar karena terhindar dari malnutrisi. Penyembuhan setelah sakit juga semakin cepat dengan konsumsi multivitamin yang satu ini. Enggak heran deh kalau banyak dokter yang menyarankan pasiennya mengonsumsi vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan ini.



Nah, kalau saya ingin mewujudkan resolusi tahun 2018 yang sudah dicatat dengan gamblang di atas sana, maka yang nomor satu adalah menjaga kesehatan. Perbaharui diri sendiri dengan jadi orang yang lebih efektif dan efisien memanfaatkan waktu luang. Dikurangin semua yang berhubungan dengan drama, terutama teman yang suka banget drama alias Drama Queen, atau mantengin IG hosyiep demi lihat drama rumah tangga selebriti dan para pelakor yang bawa energi negatif buat hidup saya. Pegang teguh peribahasa 'waktu adalah uang'. Manfaatkan setiap detik supaya bisa jadi hal yang bermanfaat. Baik itu digunakan buat mengurus anak, mengajak anak main, bekerja, ngumpulin recehan atau juga berolahraga. Yang pasti saya harus lebih bahagia dengan mewujudkan semua resolusi saya. 

Itulah dia artikel saya tentang Resolusi Tahun 2018 : Renew Me. Less Drama More Happiness. Lebih banyak usaha dan dikurangi seluncuran di Instagram buat baca meme-meme atau stalking random account dari hastag-hastag aneh, Insyaallah deh bisa tercapai resolusinya. Yaa..we'll see deh ya~

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.

16 comments:

  1. mba keren sekali produktif banget nulis bukunya lah aku tiap tahun resolusi pgn bikin buku tp sampe akhir tahun ga ngehasilin wkwkwkk duh rasanya klo baca yg begini aku jd terpacu buat nulis hehehe semoga tercapai y mb resolusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak, dibaca bolak balik aja artikel saya yang ini, biar semangat terus dan akhirnya jadi buku *modusin banget ya saya ini. hihi

      Delete
  2. Sepertinya i know itu pertanyaan apa. Hihihi *sotoy #mintadilempar.

    Teh tahu nggak, resolusi aku dari dulu pengin punya buku yang terbit di mayor tapi akunya suka gagal fokus wae sama kayak nurunin berat badan Nyahaha.

    Keren ih tahun ini udah beranak lagi 3 *buku maksudnya. Semoga resolusi 2018 tercapai semua teteh. Setuju sih. Harus sehat dulu biar bisa mencapai semua resolusi.

    Aku juga sama teh ingin memperbaharui diri menuju ke arah yang lebih produktif dan lebih baik lagi tahun depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sssshh, itu pertanyaannya mohon disimpan dalam hati, cukup tau. Wkwkwk

      ayo berubah menjadi lebih baik lagi, semangaattt!

      Delete
  3. Wahhh ini kece abisss, penulis beneran nih... Sukses terus ya mbakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aihh saya mah cuma penulis tipis-tipis, hihi.
      Makasih mbak, sukses juga buat mbaknya

      Delete
  4. Waah sudah bnyak karya nya
    saya masih dalam rangka nulis naskah dan sudah satu tahun gak selesai selesai bahkan blum pede ngajuin ke penerbit

    semoga resulusi nya tercapai y mbak
    salam kenal nih, baru pertama kali mampir dimari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipedein mas, saya juga dulu kepedean aja gitu kirim ke penerbit. Alhamdulillah akhirnya ada juga yang nyangkut.

      Aamiin mas, hihi, ke depannya saling BW-BWan yaahh

      Delete
  5. Neng, ajarin aku nulis novel duns. Ngga kelar2 nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, ayo saling tukeran ilmu mbak. tapi ilmu nulis saya masih cetek begini nih..

      Delete
  6. Semoga semua resolusi bisa tercapai.
    Aku juga nih, harus lebih memperhatikan tubuh, menjaga kesehatan karena itu yang utama. Kalo sudah sakit, nggak bisa beraktifitas apapun.

    ReplyDelete
  7. Saya jugaaaaa resolusi 2018 pengen cetak novel yang lama gak dikirim ke oenerbit hiiiks. Semoga menularrr ke saya yaa mbak nuniek

    ReplyDelete
  8. Siap menyambut tahun baru dengan resolusi yg lebih matang kedepannya ^_^
    (SEMANGKA) Semangat Kakak

    ReplyDelete
  9. Keren ih setahun ada 6 novel?
    Harus berguru saya padamu, Dek...
    Hehehe...

    ReplyDelete
  10. Wah, produktif banget Mbak.
    Semiga tahun depan selalu diberi kesehatan ya biaf makin produktif dan bisa nulis novel lebih banyak lagi.

    ReplyDelete
  11. jadi ibu itu memang aku akui super capek dan letih apalagi without nanny hehehe.. tapi semangat ya mba atas novel novel nya semoga bisa diterbitkan semua nya. Amin

    ReplyDelete

Waspada Difteri. Begini Bentuk Cinta Saya Sama si Semata Wayang

Difteri. Belakangan ini ramai banget dibincangkan, apa sih yang dimaksud dengan difteri? Difteri tak lain adalah infeksi bakteri yang p...