60 Tahun Astra Untuk Indonesia

60 Tahun Astra Untuk Indonesia - Belakangan ini kita disuguhi berita yang mengerikan, dimana hutan di Indonesia semakin gundul dan mengkhawatirkan. Adanya wabah kabut asap tahun 2015 silam adalah puncak dari perluasan lahan Kalimantan dan Sumatra yang paling rusak, kejadian yang paling tak bertanggung jawab yang sudah merusak lingkungan hijau. Bukan cuma seluruh penduduk Indonesia yang mengalami kerugian, termasuk gangguan pernafasan dan juga terhambatnya berbagai kegiatan bisnis. Bencana itu juga sudah merugikan negara tetangga, dikarenakan adanya kiriman asap dari Indonesia. 

Sampai-sampai Nasa juga sudah menyatakan bahwa peristiwa kabut asap yang telah menimpa Indonesia tahun 2015 itu adalah yang terparah sepanjang sejarah. Bahkan menurut catatan, dampak ekonomi yang terjadi adalah kerugian sampai Rp. 200 triliun! bukan cuma kerugian materi, namun juga ada ribuan pohon yang ikut terbakar dan mati. Tak sebentar waktu yang dibutuhkan untuk kembali hijau dan asri.

Berangkat dari kondisi yang mengkhawatirkan inilah kemudian hadir Astra Untuk Indonesia Hijau yang menambah semarak kiprah Astra yang lebih dari 60 tahun hadir di Indonesia. Bahkan Astra ini sudah menginpirasi begitu banyak pihak supaya tidak berhenti dan terus memikirkan bumi ini tak lain demi kesejahteraan generasi penerus bangsa ini berikut ke depannya. Jadi selama 60 tahun kehadirannya di Indonesia, untuk bukti tanggung jawab sosial kepada masyarakat pun Astra berusaha konsisten memberikan kontribusi dalam 4 pilar, yakni sebagai berikut:


Astra untuk Indonesia Sehat
Astra untuk Indonesia Cerdas
Astra untuk Indonesia Hijau
Astra untuk Indonesia Kreatif.

Oleh sebab itu, dalam rangka untuk mensukseskan Astra untuk Indonesia Hijau dan melalui tim Corporate Social Responsibility (CSR) Astra, setidaknya selama bertahun-tahun belakangan telah aktif dalam melakukan berbagai kegiatan penghijauan. Kemudian kegiatan penghijauan yang dilakukan pun tetap berfokus pada pengelolaan area konservasi dan juga pada perlindungan keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya. Hal itu dilakukan terus menerus sehingga tentu saja nantinya hal ini menjadi salah satu langkah konkrit menekan laju deforestasi yang terjadi di Indonesia kita tercinta.



Salah satu bukti nyatanya adalah  CSR Astra menanam sektar 55.000 bibit pohon di gunung Pangkulahan, atau lebih tepatnya di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Sukabumi. Memiliki tujuan untuk mengembalikan fungsi Gunung Halimun sebagai salah satu kawasan resapan air. Jenis pohon yang ditanam antara lain adalah pohon Jabon, pohon Tisuk dan juga Kopi Arabica. Kegiatan penghijauan ini berlangsung sangat sukses setelah sebelumnya pernah mengadakan program serupa juga yang diberi nama kegiatan Satu Karyawan Satu Pohon (SAKASAPO) yang pada saat itu berhasil menanam 132.000 pohon untuk penghijauan.

Kemudian juga dilakukan di Bali, yakni dengan lokasi di Hutan Puakan, Gianyar. Sukses pula CSR Astra menanam sebanyak 1.000 bibit pohon yang produktif berbuah seperti Sawo, pohon Mangga dan juga pohon Durian. Kelak pohon tersebut nantinya mampu dijadikan pasokan makanan bagi semua satwa yang tinggal disana sekaligus pelestarian hutan juga.

Nah, rupanya Astra tidak berhenti sampai disitu saja, sebab Astra juga telah sukses membangun Astra Forest yang kemudian diberi nama 'Harato Pusako' yang artinya kurang lebih adalah 'Harta Pusaka'. Lokasinya juga berada di kawasan Sentul, Bogor. Sebauh kawasan yang telah dibangun melalui kerjasama Astra dengan Perum Perhutani dan telah berhasil menanam sebanyak 3.567.237 jenis pohon yang terdiri atas tanaman asli, aneka pohon langka dan juga tanaman buah langka. Tetapi yang paling menakjubkan dan ada di lokasi ini adalah dikarenakan menggunakan sumber listrik solar panel  dan juga wind turbine sebagai infrastrukturnya. Bahkan kawasan ini juga dijadikan sebagai tempat konservasi untuk melestarikan tanaman-tanaman langka di Indonesia kita.

Comments

Popular posts from this blog

Review Downy Parfum Collection Mystique : Wanginya Awet Sampai 2 Minggu

Pengalaman Pakai Masker Kefir Selama 1 Bulan

Review Ellips Hair Vitamin Shiny Black : Beneran Hitam dan Berkilau