Tuesday, 24 October 2017

Semangat Nabung Online Buat Aqiqah Anak Pakai Sobatku


Kewajiban orangtua salah satunya adalah menyembelih kambing dalam waktu 7 hari setelah anak lahir, sebagai tanda syukur. Tapi untuk yang mampu aja sih itu, buat yang kurang mampu ya bisa ditahan dulu semampunya. Ya kayak saya ini. Anak sudah usia 8 tahun dan saya belum penuhi kewajiban saya yang satu itu, rasanya agak bersalah, padahal saya bukannya enggak mampu banget, ya kalau niatnya kuat dan maksain pasti bisa lah beli dua ekor kambing buat aqiqah. Tapi ya tetap saja, harus nabung dulu (maklum kerjanya serabutan, hihi)

Nah, untuk memenuhi kewajiban saya sebagai orangtua, maka saya memutuskan buat mengumpulkan uang dan beli kambing tahun depan, syukur-syukur pas bulan lahir anak. Dari informasi yang saya dapat dari website aqiqah online, untuk paket hemat saja harus menyiapkan 1,8 berarti kalau dua kambing ya harus siapkan 3,6 juta. Glekk! Buat saya itu adalah angka yang wow, hahaha. Tapi enggak boleh ngeluh dong ya, jangan pesimis juga. Niat saya bulat untuk menabung dan aqiqah-in anak. Bismillah, nabung!

Saya memutuskan nabung pakai tabungan khusus yang memang saya bikin buat anak, tapi baru diisi sedikit, sudah ditarik lagi buat bayar BPJS. Diisi dikit lagi, eh dipake lagi. Lah, kapan mau kekumpul itu duitnya? Wkwkwk. Susah kalau nabung pake rekening bank biasa, enggak bisa lihat ATM dikit bawaannya pengen ditarik aja.

Jadilah saya harus putar otak lagi, saya nabung pake apa? yang enggak bikin ngiler buat ditarik pas ke ATM, tetapi bikin kita semangat buat isi terus saldonya. Hmm...setelah melewati berbagai pamflet tabungan jangka panjang dan tabungan berencana dari berbagai bank, pilihan saya jatuh pada sistem nabung yang modern dan kekinian. Sebagai emak-emak jaman now saya merasa sangat tertantang untuk menggunakan aplikasi tabungan online yang satu ini, SOBATKU. 

Jadi, SOBATKU ini adalah tabungan online yang berbasis aplikasi. Jadi kita cukup menggunakan smartphone saja buat bikin rekening. SOBATKU ini memang dikembangkan untuk menjawab perkembangan financial technology atau disingkat fintech, dengan berbagai fitur nabung dan transaksi yang mudah, gratis dan praktis.

Intinya, kita bisa nabung walaupun kita tak punya buku rekening. Kita tak perlu susah-susah dandan supaya tampil prima di depan CS bank yang kece-kece, huhu. Cukup modal Hp saja bisa deh buka rekening di SOBATKU. Dilihat dari penjelasannya sih simpel dan mudah, ya? Tapi memangnya apa saja kelebihan dari aplikasi tabungan online ini?


Keunggulan SOBATKU yang bisa dilihat dari gambar di atas antara lain : 

- Aplikasinya mudah didownload
- Nomor HP adalah nomor rekening, transfer pun bisa pakai nomor HP saja. Gratis pula!
- Gratis biaya administrasi dan tak ada saldo minimal. Hasek!
- Beli pulsa pakai SOBATKU? gratis cynt!
- Mau tarik tunia di Alfamart atau Alfamidi? gratis juga. Ommo-Ommo.
- Kalau transfer ke antar bank, biayanya hemat deh
- Ada undian bulanan plus undian Grand Prize 100 juta Rupiah setiap 3 bulan! Widih!

Luar biasa kakak, keunggulan yang ada di aplikasi tabungan online SOBATKU ini bener-bener kesukaan emak jaman now deh! Kayak saya ini, lah. Gratis setiap transaksinya, simpel dan enggak ribet. Ah, baru sampai sini saja sudah jatuh cinta, apalagi kalau makin dekat kenal sama sistemnya? Tapi sebelum nyobain fitur-fiturnya dan kenalan lebih dalam lagi, musti punya aplikasinya dulu di HP dong ya, jangan lupa bikin rekening virtualnya juga. Begini lho caranya :

Pertama-tama unduh dulu dong ya aplikasinya di Play Store, pastikan kuotanya ada yaa mbak sis. Hihi. Setelah aplikasi diunduh dan diinstal, jangan lupa untuk bikin rekeningnya dengan mendaftarkan nomor ponsel kita yang aktif ya! Nanti ada semacam kode verifikasi untuk mengecek apakah nomornya aktif, dan akun tabungan online kita sudah bisa digunakan. Bisa langsung nabung gitu deh!

Terus Mau Ngisi Tabungannya Gimana, Nih?

Oke, setelah akun kita berhasil dibuat dan diverifikasi, sekarang tinggal menjajal semua fitur yang ada deh!  Tampilan berandanya itu seperti di bawah ini, semuanya bisa kita cek satu per satu dan informasinya lengkap juga kok disana. 



Buat yang males cek satu per satu, berikut saya rangkum penjelasan singkat tentang fitur paling penting yang ada dalam aplikasinya, yaitu CARA NABUNG. Jangan males lho baca yang ini, kan supaya makin cinta sama SOBATKU. Heheh

Nabung. Ada tiga cara untuk nabung di SOBATKU, yaitu transfer bank, setor di Alfamart dan juga lewat teman. Untuk transfer bank, kita pakai virtual akun dan jangan lupa masukkan dulu kode virtual Bank Sahabat Sampoerna yang jadi pendukung sekaligus pembimbing KSP Sahabat Mitra Sejati yang juga dikenal sebagai Sahabat UKM, lalu diikuti dengan 16 digit angka rekening virtual kita masing-masing (bisa dilihat di fitur akun saya)

Kemudian untuk nabung via teman, pastikan teman kita juga punya cukup saldo dalam akunnya. Soalnya nanti sistemnya 'transfer ke sesama SOBATKU' gitu deh dan kita bisa berikan uang yang akan kita tabungan itu sama dia. Bagus kalo temen kitanya lagi mau tarik dana, ya?

Yang asyik itu setor tunai di Alfamart, soalnya saya juga lebih suka setor tunai ke Alfamart, enggak perlu ngapalin nomor rekening virtual soalnya, haha! 

cara setor tunai SOBATKU di Alfamart dan Alfamidi
Selain itu simpel banget, saya sering belanja disana jadi sekalian belanja ya sekalian nabung juga. Pas pertama banget setor tunai, mbak-mbak kasirnya juga masih agak bingung gitu soalnya di Banjar baru saya doang yang pakai aplikasi tabungan online SOBATKU. Fix saya adalah emak paling gaul di Kota Banjar. Ada bangga-bangganya gitu. Haha.

Proses setorannya juga gampang banget deh, cukup bilang mau 'top up loket Sahabat' dan nanti kasir akan memproses permintaan kita. Nih buktinya saya nyobain setor tunai di Alfamart, keliatan enggak ya? tulisannya kecil wkwk. Minimal setor tunai itu 50k ya ibuk-ibuk, jadi semisal punya dana cadangan, mendingan langsung setor ke Alfamart saja deh, masukin saldo SOBATKU. Beneran deh, suatu saat nanti Nabung Uang Nganggur ini bakalan kerasa banget hasilnya. Nabung yang cuma uang sisa belanja, ternyata kalau sudah ngumpul bisa buat beli macam-macam, termasuk buat aqiqah anak. Hehe


Jadi total saldo saya sampai saat ini adalah 50k, hihi. Lumayan lah ya sebagai pondasi awal tabungan, hihi. Insyaallah setiap bulan mau saya isi, supaya tahun depan tercapai 3,8 juta. Hmm sebulan musti nabung berapa tuh? 300K lebih ya? Bisa deh, dibismillahin aja. Kan sudah niat juga, janjinya sama Allah lho ini, wkwk.




Duitnya Aman Enggak, Nih?

Ini pasti melintas di pikiran emak-emak kekinian semua, wajar lah sist, apalagi aplikasi yang satu ini memang ternilai masih baru. Secara, nabung online memang SOBATKU ini yang khususon tabungan, bukan sekadar tempat menyimpan uang virtual biasa. 

Tapi tenang, SOBATKU ini adalah salah satu aplikasi yang badan hukumnya udah jelas banget, kita enggak perlu khawatir dan takut uang yang sudah kita masukkan ke dalam akun SOBATKU bakalan ludes tanpa diduga. Apalagi reputasi Bank Sahabat Sampoerna yang bukan hanya jadi pendukung dan pembimbing KSP Sahabat Mitra Sejatiatau Sahabat UKM ini sangat memuaskan. Coba deh lihat di setting, klik gerigi yang ada di pojok kanan atas dan kita bakalan lihat segambreng informasi lengkap mengenai simpanan kita, akun, dan lain sebagainya. Bahkan ada informasi juga tentang penutupan rekening dan pengembalian sisa tabungan yang kita miliki. Tak ada yang terbuang percuma disini, keren!


 Mau tanya apa? mau cari tahu tentang apa? Disini lengkap deh! Penjelasannya juga sangat rinci, bahkan kalau suatu saat kita ingin menutup akun dan ingin menarik semua tabungan yang sudah ada juga dijelaskan disini. Simpel deh!


Wah, makin yakin deh saya buat pakai aplikasi tabungan online ini buat menyimpan uang demi aqiqah anak. Selain nabung uang nganggur, siapa yang tau juga saya dapat hoki dapat grand prize! Wii bahagia banget kali ya, hahah. Jadi mau tunggu apa lagi ibu-ibu? Hayuk atuh nabung pakai SOBATKU dan dapatkan hadiahnya dalam Undian Milyaran Rupiah. Luar biasa!


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan SOBATKU. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.

6 comments:

  1. Aku juga sudah mencoba aplikasi sobatku ini teh. Penjelasan di aplikasinya lengkap. Bebas biaya admin bulanan nya itu lho menggiurkan buat aku mah hehehe terus nabung dan tarik tunai via alfamart/alfamidi pun nggak dikenakan biaya. Kan asyik tuh

    ReplyDelete
  2. Menabung untuk niat baik ya mba. Semoga dilancarkan dan bisa beruntung juga di undiannya. Saya juga baru instal aplikasinya. Penasaran ingin mencoba nabung di SOBATKU

    ReplyDelete
  3. Hari gini masih nabung di celengan? Kekinian dong, pake SOBATKU.

    ReplyDelete
  4. Baru tau ada aplikasi nabung online. Nice info

    ReplyDelete
  5. Saya juga pakai aplikasi ini buat nabung

    ReplyDelete

Review Pemakaian Softlens N8 Ice Grey

Review Pemakaian Softlens N8 Ice Grey - Beberapa tahun belakangan saya sudah hampir enggak pernah pakai lensa kontak lagi, karena merasa s...