Wednesday, 7 June 2017

Minuman Segar Untuk Buka Bagi yang Sedang Diet Menurunkan Berat Badan

Jadi ceritanya saya ini lagi berusaha buat menurunkan berat badan, yekan? Secara berat badan mulai menyentuh angka 70, sementara BB awal saya itu cuma 55 aja. Lebihannya kebanyakan, dan satu-satunya cara buat kembali seperti sediakala adalah dengan diet menurunkan berat badan. Sejak bulan Februari 2017 saya sudah mulai diet, sampai saat ini Alhamdulillah badan sudah mulai enteng dan perut buncit sudah sirna. Perut saya sekarang kayak ABG lagi, hihi.

Nah, pas banget sekarang juga lagi bulan puasa, seharian enggak makan dan minum apapun, fokus cuma buat berpuasa dan ibadah aja. Lumayan yekan mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh juga, olahraga juga cuma yang enteng-enteng saja jadinya. Cuma yang jadi masalah, pas buka itu rata-rata ngiler dengan minuman segar untuk takjil, rata-rata es sirup, atau es campur. Bahkan ada juga yang kombinasi antara es campur, es sirup segelas, kolak semangkuk dan lain sebagainya. Berapa kalori tuh?

Jeruk peras (dok.pribadi)


Karena di rumah cuma saya yang diet, so keluarga tetap ya sedia makanan super manis buat yang seger-seger pas buka. Walaupun sunnah rasul adalah tiga butir kurma untuk berbuka, tapi teteup tanpa minum teh manis atau nyeruput es campur ini mulut kayaknya masih kurang aja. Es campur melambai adalah ancaman besar bagi emak-emak yang lagi berusaha kurus kayak saya!

Makanya, saya berusaha buat cari resep minuman segar untuk buka, khusus bagi yang lagi diet menurunkan berat badan. Memang enggak se-wah resep-resep minuman diet ala-ala gym trainer atau diet trainer ya, tapi seenggaknya minuman ini bikin seger badan dan kalorinya rendah. Kalau berhasil pangkas kalori lebih banyak, saya bisa belanja koleksi baju lebaran di Zalora Indonesia yang kece-kece banget itu. Pokoknya, lebaran ini saya musti lebih kurus biar kece.

Ini lho minuman segar untuk buka yang kalorinya rendah, yuk disimak :

- Jeruk Peras. Ini favorit saya, sejak puasa hari pertama sampai sekarang paling sering minum jeruk peras satu gelas tiap buka puasa. Minuman segar untuk buka yang satu ini cara bikinnya juga gampang banget, cukup peras tiga jeruk ukuran besar (atau empat butir buat yang kecil-kecil) lalu campur sedikit air sampai penuh segelas. Bisa disimpan di kulkas biar dingin, atau diminum hangat, bebas! Pokoknya jangan pakai gula lho ya!

Cara membuat jeruk peras

- Air Kelapa. Karena dalam satu gelas air kelapa itu cuma mengandung 4 kalori doang, minum air kelapa muda pas buka dijamin minim kalori tapi tetap bikin badan segar, karena air kelapa ini mengandung vitamin dan mineral yang mudah diserap badan dan mengembalikan ion-ion tubuh yang hilang gegara puasa. Saya biasanya sih dimasukin kulkas dulu biar agak adem dikit, sekitar 5-10 menitan sebelum buka deh, kalo kelewat dingin juga bahaya kan buat perut yang kosong, nanti kram.

- Rendaman Kurma. Kalau yang satu ini the best infused water ever deh pokoknya! Cara bikinnya juga gampang, abis sahur langsung deh ambil 7 butir kurma, buang bijinya terus masukin ke dalam botol dan diisi air sampai penuh, masukin kulkas terus nanti pas adzan Magrib bisa diminum sebagai minuman segar buat batalin puasa. Aih mantap deh, badan langsung seger mana kurmanya yang udah lunak itu juga enak buat dimakan. Empuk!

baca juga : Lip Matte Cream

- Madu Hangat. Satu cangkir air hangat pake sesendok makan madu murni, memang manisnya enggak begitu kerasa tapi udah cukup buat bikin kita segar kembali setelah puasa seharian.

- Jus Tanpa Gula. Kalau yang satu ini saya belum coba, soalnya saya lebih suka makan buahnya langsung daripada dijus. Ribet, banyak cucian pula kalo bikin jus tuh. Hehe. Jus yang oke buat buka puasa itu jus pear atau jus mangga, manisnya udah alami, enggak perlu pake gula lagi. Tapi kalo mau pake madu sih boleh juga kok!

Itulah beberapa minuman segar untuk buka yang cocok banget buat yang lagi diet, tanpa gula, kalorinya rendah tapi cukup buat bikin badan segar bugar lagi. Semoga artikel ini bermanfaat yaa!

7 comments:

  1. wuih seger banget aku belum cobain rendaman kurma :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain deh, seger, manisss banget rasanya

      Delete
  2. Ya ampun, aku tergoda teh. Teteh harus tanggung jawab :D kirimin jeruk perasnya. Kayaknya udah lama banget deh nggak minum jeruk peras :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke pasar dulu borong jeruk manis, nanti dikirim fotonya wkwk

      Delete
  3. Nabeez water itu yg aku pengen coba, tp blm sempet beli kurma :p. Sama mba, kalo jus aju jg rada males bikinnya, mnding makan lgs buah :p. Ga ribet ama cucian jadinya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iyaa, namanya nabeez, lupaaa..hihi
      yess, tim makan buah langsung kita ya mbaaak? :D

      Delete
  4. Aku kadang bikin jeruk peras kalau merasa lagi ndut hehe lumayan juga hasilnya tapi kudu diimbangi dengan mengurangi takaran karbohidrat.

    ReplyDelete

Model dan Jenis Sepatu Boots Wanita Masa Kini

Model dan Jenis Sepatu Boots Wanita Masa Kini  Model dan Jenis Sepatu Boots Wanita Masa Kini - Boots yang dulunya identik dengan k...