Saturday, 10 June 2017

Cara Membuat Fidget Spinner Sederhana Untuk Anak-Anak

cara membuat fidget spinner sederhana untuk anak-anak

Selama bulan puasa, anak saya jarang banget ada di rumah karena kebanyakan main di luar rumah. Apalagi sekolahnya libur panjang, jadilah dari pagi sampai sore hari aktivitasnya kebanyakan dia lakukan di luar rumah. Sepedaan, ngaji, dan kumpul-kumpul di depan rumah sama semua temannya. Sebelum puasa, biasanya mereka bakalan main kucing-kucingan, main bola, gobak sodor dan sesekali nonton Youtube bareng, tapi pas pada puasa jadilah mereka cari kegiatan yang menghemat energi yaitu main HP. 

Walaupun anak saya enggak punya gawai sendiri, tapi dia sering lama-lama nonton Youtube atau main game pas barengan sama teman-temannya itu dan hal itu lumayan bikin saya khawatir. Namanya alat elektronik, sinar radiasinya punya efek buruk buat kesehatan. Gimana kalo dia matanya jadi minus? atau jadi sakit kepala? dsb. 

Saat saya lagi cari cara buat ajak anak-anak mainan seru tanpa perlu pakai gawai apapun, eh si bocah minta dibelikan Fidget Spinner, itu lho mainan yang dijepit pakai jempol dan telunjuk, lalu diputar, trrrrrr! Awalnya sih saya pikir enggak perlu belikan mainan yang sedang happening itu, soalnya nanti juga enggak akan tahan lama populeritasnya. Tapi saya pikir lagi, daripada mainan HP mendingan anak-anak mainan spinner aja deh! secara, mainan ini aman buat mata dan syaraf anak, daripada bikin stress dan tegang kayak mantengin HP atau laptop, spinner ini justru punya efek relaksasi yang oke banget buat syaraf di kepala.

Ternyata dari keputusan saya belikan spinner (KW, harganya 20 rebuan aja, haha), saya jadi dapat ide buat bikin kegiatan yang seru sama anak-anak, yaitu bikin spinner sendiri di rumah! Yes, supaya bisa praktek dengan lancar di depan anak-anak yang lain, akhirnya saya tatar anak sendiri buat jadi tutornya (jiah, bahasanya gaya bener!). Maksudnya supaya dia bisa bikin spinner sendiri, kalau sudah lancar dia bisa ajari teman-temannya bikin mainan kekinian ini. Karena enggak semua temannya beli spinner, jadi kalau bisa bikin sendiri pasti bakalan jauh lebih seru.

Nah, setelah saya cari tutorial membuat fidget spinner di Youtube, akhirnya saya temukan tutorial yang ini --> 


Cara bikinnya juga gampang banget, bahan-bahannya juga kebetulan ada semua di rumah. Tanpa menunggu waktu lama, langsung saya eksekusi bareng si bocah. Yuk kita bikin spinner kita sendiri!

bikin spinner sendiri
Pertama-tama siapkan bahan dan alatnya terlebih dahulu, untuk pola saya cetak dari spinner yang sudah dibeli, bisa juga ambil polanya di Google lalu diprint. Pola terdiri dari dua macam, satu pola spinnernya dan satu lagi pola bulat untuk bagian tengah spinnernya. 

Berikut adalah bahan dan alatnya :

- Karton tebal. Saya pakai sampul belakang note book, bisa juga pakai dus sepatu atau dus susu
- Kancing berbagai warna. 
- Ring bulat kecil. Kita bisa dapat dari gantungan kunci yang sudah enggak dipakai, tapi ini enggak ada juga enggak apa kok!
- Pulpen untuk menggambar pola
- Peniti untuk melubangi spinner
- Tusuk gigi untuk melebarkan lubang spinner
- Gunting
- Glue gun

Nah, setelah siapkan semua bahannya saya pun langsung minta si bocah buat gambar polanya sendiri. Gampang banget pokoknya, anak-anak umur 7-8 tahunan juga udah bisa jiplak polanya sendiri kok! Bikin pola spinnernya satu dan pola bulatnya dua buah dan setelah itu digunting. Awasi baik-baik ya saat anak menggunting pola, takutnya kena tangan atau gimana. Berhubung karton yang saya pakai itu tebal, akhirnya saya yang guntingin itu pola karena si bocah nyerah. Haha.

gambar pola
gunting pola dengan hati-hati

Setelah semua pola selesai digunting, berikan titik tengah di semua pola yang kita buat dan lubangi pakai tusuk gigi. Untuk pola spinnernya usahakan lubangnya agak longgar supaya nanti spinnernya berputar dengan bagus, sementara untuk yang bulat dilubangi seadanya saja yang penting pas seukuran tusuk gigi. 

Nah, saat melubangi pola bulat pastikan kita melubanginya tegak lurus dan beri lem di salah satu sisinya yang paling pendek, kelak ini yang akan jadi poros putar spinner kita nanti. 

pola untuk dua spinner
lubangi spinner di titik yang sudah dibuat
Setelah lem mengering, gunting ujung tusuk gigi yang pendek itu pakai gunting atau pakai tang dan masukkan satu ring besi ke ujung tusuk gigi yang lebih panjang, susul dengan memasukkan spinner kertas dan boleh dicoba dulu, mantap enggak tuh muternya? Inget, supaya muternya bagus harus agak lebar dari tusuk gigi lubang spinnernya, ya!

Kalau sudah oke, masukkan lagi ring besi (enggak pake juga enggak apa sih, yang penting ada sedikit jarak antara spinner dan bulatan porosnya itu) lalu ditutup dengan pola bulat satunya lagi, bubuhkan lem di sisi pola bulat paling luar dan biarkan mengering. Kalau sudah kering, gunting lagi sisa tusuk giginya.

Ini sisi lainnya, lakukan sama seperti sisi sebelumnya
Setelah digunting ujung pendeknya


saat mengelem sisi spinner yang lain
Saat menggunting ujung pendek tusuk gigi
 Setelah selesai memasang poros putar pada spinner kertasnya, itu berarti kita sudah hampir selesai! Yes, tinggal menghias spinner pakai kancing deh. Kita bisa menghias spinner pakai tiga kancing, boleh juga pakai enam kancing, jadi setiap ujung spinner diisi dua kancing. Hasilnya jadi lebih berat dan muternya jadi lebih oke nanti spinner bikinan kita ini.


hias spinnernya pakai kancing

Hati-hati pas ngelem kancing pakai glue gun, soalnya kancing berlobang-lobang, nanti glue gunnya meleleh dari lobangnya dan kena tangan. Awasi anak kalau dia mau ngelem spinnernya sendiri. Nah, setelah dipasang kancing, bagian tengah spinner (untuk kita pegang) boleh ditempeli kancing lagi atau pakai kain flanel, supaya empuk dan nyaman dipegang karena ada sisa tusuk gigi yang menyembul disana.

Ini dia hasilnya~~ Spinnernya muternya lumayan lama, kenceng juga dan yang jelas enggak akan pecah atau berantakan kalo gak sengaja jatuh kayak spinner pabrikan. Kan kertas, jadi unbreakable spinner ini mah. Hehe.

Spinner bikinan anakku

Gimana? Gampang banget kan bikin spinner sendiri di rumah? kegiatan DIY bareng anak ini bukan cuma mengalihkan perhatian anak dari gadget, tapi juga bagus banget buat mengasah motorik halus dan kasarnya supaya lebih terlatih. Saat bareng-bareng bikin mainan kekinian ini juga memperkuat bonding ibu dan anak, kami berdua ngobrol asyik dan ketawa-ketawa. 

Sudah lama saya enggak bikin aktivitas berdua sama anak dalam ruangan kayak begini, secara anaknya main di luar terus dan saya juga sibuk dengan kerjaan rumah tangga. Terakhir main bareng itu pas ke pantai awal tahun ini, dia panas-panasan seharian dan malamnya kena demam, huhu. Sedih sih, tapi saya punya andalan Tempra Syrup enggak pernah mengecewakan. Berkat izin Allah, demam anak selalu cepat turun kalau minum Tempra.

That's why sejak anak saya ini masih baby, sampai sekarang percaya banget sama obat penurun demam yang satu ini. Malam ini demam, minum Tempra, besoknya udah cengengesan lagi main di luar rumah, Hehe. Pas masih baby, saya kasih Tempra Drops dengan komposisi 80 mg paracetamol dalam 0,8 ml dropnya. Dianjurkan tiap 4 jam sekali pakai Tempra Drops yang termasuk dalam kemasan. Pakai pipet khusus begini jadi gampang kasih obat buat anak balita, secara anak balita mana mau buka mulut buat minum obat dari sendok obat yang bentuknya cekung? kalau pake pipet jauh lebih mudah dan enggak berceceran.

Varian Tempra Syrup (sumber bloggerperempuan.co.id)

Setelah usianya menginjak balita, saya ganti Syrup rasa anggur untuk anak 1-6 tahun. Dalam tiap 5 ml-nya mengandung paracetamol sebesar 160 mg dan berfungsi untuk meredakan nyeri, menurunkan demam anak dan bisa digunakan saat anak panas setelah imunisasi. Untuk saat ini karena usia anak saya sudah menginjak 8 tahun, maka saya pakai Tempra Forte yang untuk usia 7 tahun ke atas dengan dosis yang sudah disesuaikan dengan usianya. Wih, lengkap begini ya variannya? dari mulai bayi sampai anak baru gede, bisa pakai Tempra.

Jadi, gimana nih ibu-ibu? daripada main jauh-jauh, pana-panasan atau angin-anginan, apalagi ngasih anak buat nonton Youtube lama-lama supaya anteng, mendingan kita bikin fidget spinner sendiri di rumah, bisa dihias sesuka hati lho! mau dilukis, diwarnai, dikasih stiker, bebas! Yang penting selalu awasi dan bimbing anak saat bikin spinnernya sendiri. 

Selamat mencoba!



Sumber foto : www.duniaku.net (apa itu fidget spinner) dan dokumentasi pribadi
Video : Channel Draw So Cute


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Tempra yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi. Artikel ini tidak dapat menggantikan hasil konsultasi dengan tenaga kesehatan profesional.

57 comments:

  1. Cocok sekali ini. Dari kemarin anak saya ribut minta spinner. Fyuh. Beruntung ada tutorial ini. Saya copas save deh. Biar bisa nyontek pas bikin. Soalnya gak apal juga kalau baca sekali. :) Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat ya~
      lumayan buat seru-seruan sama anak, hehe

      Delete
  2. ih kreatif lagi kekinian y mba mainan spinner kek gini :)

    ReplyDelete
  3. haduuuh mainan ini nih yang bikin anakku ga mau pulang dari masjid karena temannya bawa spinner. Coba ah, biar ga usah beli

    helenamantra dot com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya mendingan bikin aja mbak, hemat, seru lagi!

      Delete
  4. Wah, patut dicoba nih. Kayaknya kalau bikin banyak terus dijualim sama si krucil kayaknya prospek juga ya Mbak 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya lho, anak saya jualin spinner bikinan ini sama temen-temennya, satu spinner 3ribu..hihi

      Delete
  5. Masih bingung sama permainan yang satu ini soalnya tetangga kelihatan asyik banget maininnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang banget mainannya, asyik buat lagi iseng hehe

      Delete
  6. Waah.. Anakku cewek tapi nagih main ini juga bund.. Masih belum punya juga nihh.. Bisa buat dijadiin inspirasi nih bund.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, ayo bikin sama anaknya, kalo cewek pasti lebih telaten deh

      Delete
  7. super kreatif ini mba Nuniek sama si adek :-D
    aku belum pernah mainan ini hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, kurang kerjaan ini mah mbak judulnya

      Delete
  8. kretif banget Mbaaak, anakku beli spinner gak ahu lagi sekarang ke mana. Awalnya emang aku enggak begitu ngijinin mainan spinner, tapi sama teman sekolahnya dirayu supaya beli. Kreatif e bikin pakai karton y

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah, anak-anak maunya beli doang, kalo udah beli ya terserah mau dipake atau mau hilang juga boleh. Huhu
      iyes, karton tebel

      Delete
  9. Emang mainan ini bisa pecah ya mbak? saya baru tau mainan kekinian ini. Pas baca blog mbak, ada bule yang nanya kalo saya baca apaan. saya bilang tentang Fidget Spinner. Dan dia bilang mainan itu sangat murah, "about a dollar. I can buy you one."
    Yee mau dibiliin si bule.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak, ini lho yang murahan kalo jatuh itu pecah, si ringnya bisa copot. wkwk
      aihh asyiknya spinner rasa bule atuh itu mah, :p

      disini jadi mahal spinnernya, maklum lahlagi musim, hoho

      Delete
  10. Kemarin malah aku liat tutorial bikin fidget spinner dari cookies coba. Sungguh kreatif sekali. Kalau aku gak telatenan, mending beli, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari cookies mah capek-capek diputer terus laper bisa dimakan, wkwk

      Delete
  11. Oh bisa dibuat ya. Thanks sharingnya Mom. Tempra juga mantab buat anak kita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samas-sama~
      Iyes, Tempra ampuh bangett.

      Delete
  12. Waaah bisa dibuat sendiri yaa Mbak..baru tahu saya..keren euy

    ReplyDelete
  13. waah pinter ya bs bikin spinner sendiri

    ReplyDelete
  14. Wah...mainan kekinian, bisa bikin sendiri pula. Pinter, si Kecil udah bisa diajak bikin2 juga. Udh pinter menggunting...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, seneng dia bikin spinner sendiri, hehe

      Delete
  15. Anakku beli spinner 80rb tuh. Wah kalau tau caranya gini mau coba buat sendiri ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, spinner itu aslinya murah banget lho mbak di negara asalnya, sampai di kita jadi mahal bangett

      Delete
  16. Kreatif sekali, aku rasa lebih baik bikin kali ya, jadi kan bisa kita sesuaikan juga besar kecilnya. Dan bisa dengan bahan sederhana juga.. Keren..

    Bikin, gak ya..he

    ReplyDelete
  17. Waaah pasti asyik banget ya mbak. Kreatif. Buatan putranya juga lumayan bagus. Salut buat ibunya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh, makasih mbak.
      Iyanih asyik banget bikinnya bareng-bareng

      Delete
  18. Waahh seru ya mbak, bikin sendiri spinner.. anak mah udah seneng aja pasti ya hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iyaa, yang penting muter spinnernya

      Delete
  19. wah, serunya bikin spinner sendiri!

    ReplyDelete
  20. Ihhhhh.... bagus. Kreatif mbak. Bikin jiga ah ^^

    ReplyDelete
  21. Si kecil antusias bgd bikinnya, ekspresinya smpek begitu, seneng ppastinya yak, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dia senengnya karena bisa dijual dan dia dapet tambahan uang jajan. hihi

      Delete
  22. Kreatif banget ^_^, langsung bookmark :)

    ReplyDelete
  23. Bisa bikin sendiri ya. Padahal ibu-ibu di grup kelas anak2 ramai mau mencari mainan ini. Di daerahku kan jarang.

    Aku share ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kita bikin aja..lebih hemat pula. hehe
      makasih ya mbaak

      Delete
  24. Aku mupeng banget pengen punya dan main fudget spinner ini mbak 😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau beli apa bikin? mending bikin..nanti gambarin biar makin baguus

      Delete
  25. *clap clap clap* super duper kreatif deh mba. Salut! Aku jadi penasaran sama mainan ini, tapi kalau dilihat dari video nya sih gak kepengen mainin juga hehehe maklum udah tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, saya mah teteup aja ikutan mainan mbak, soalnya penasaran sih

      Delete
  26. Bener-bener happening banget ya mainan ini, mbak.. Sampe-sampe ada cookies yang dibikin bentuk spinner. Btw itu yang lagi bikin spinner serius banget ekspresinya 😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyesss happening bangettt, kalo spinner dari cookies mah enak, bisa dimakan nantinya, hehe

      Delete
  27. Wahhh jadi pengen bikin nih soale harga asli ampe ratusan ribu hehe.

    ReplyDelete
  28. Mainan ini lg trend bgt disini anak2 byk yg mainin, wah kreatif mba bisa bikin sendiri

    ReplyDelete
  29. Wah.., keren! kreatif banget mbak, daripada beli, mending buat sendiri, pasti senang banget anaknya tu karena buatan sendiri.

    ReplyDelete

60 Tahun Astra Untuk Indonesia

60 Tahun Astra Untuk Indonesia - Belakangan ini kita disuguhi berita yang mengerikan, dimana hutan di Indonesia semakin gundul dan mengkha...