Wednesday, 10 May 2017

Prive Uri-Cran Itu Solusi Anyang-Anyangan yang Betul. Bukan Minum Air Soda!

Prive Uri-Cran Itu Solusi Anyang-Anyangan yang Betul. Bukan Minum Air Soda! - Pernah dengar enggak sih kalau lagi sakit anyang-anyangan itu obat yang paling bagus adalah minum air soda? Di desa kecil tempat saya dibesarkan dulu, air soda adalah obat yang paling populer saat kena sakit buang air kencing. Korelasinya dimana? Enggak tahu, sih. Haha.

Jadi begini, kalau sama sakit kencing itu saya sudah CS banget deh. Soalnya sejak masih kecil, saya punya kebiasaan yang kurang bagus buat ditiru, kebiasaan nahan kencing. (yakali ada orang yang terinspirasi buat nahan kencing kayak saya, pengen anyang-anyangan juga? Bhakk!) Entah kenapa rasanya males banget kalau harus ke kamar kecil buat BAK lebih dari 5 kali dalam satu hari, padahal kamar kecil masih dalam rumah, air juga Alhamdulillah enggak usah nimba dulu atau ambil pake gentong dari mata air, tapi ya namanya bocah...hal-hal sepele macam jalan kaki ke belakang buat kencing saja rasanya malas. Haha.

Prive Uri-Cran Itu Solusi Anyang-Anyangan yang Betul. Bukan Minum Air Soda!
Minum soda sembuhkan anyang-anyangan?

Saya yang cenderung beser ini malah lebih suka menahan kencing, dalam pikiran saya itu daripada nanti kencing dua kali mendingan tahan saja sampai tiba waktu pengen kencing lagi. Gimana rasanya? Enggak nyaman sist. Bukannya lebih efektif dan efisien, yang ada harus sering ganti pakaian dalam dan sering kena anyang-anyangan. Kalau sudah kena sakit kencing, rasanya perut bagian bawah itu agak kembung dan bawaannya jauh lebih beser. Sedikit-sedikit pengen kencing, sedikit-sedikit harus ke kamar kecil, dipaksa buat buang air eh enggak keluar, sekalinya bisa keluar rasanya perih! Kalau sudah begitu rasanya kayak diPHP sama tukang jualan yang katanya jualan tahu bulat, tapi taunya malah dikasih tahu kotak!

Kalau sudah begitu, biasanya mamah bakalan saranin saya buat minum air soda dengan merk Sp**te. Waktu itu rasaya girang kalau kena sakit kencing, karena saya bisa minum soda sebotol buat sendirian, enggak perlu bagi-bagi. Haha! Terus setelah minum soda, sakit buang air kecil jadi sembuh? Lupa deh langsung ampuh atau enggak, tapi kalau dipikir-pikir sekarang kok enggak ada hubungannya antara air soda dan sakit kencing, ya?

Pengalaman Kena Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

Sampai saya besar dan mengandung tahun 2009 silam, kebiasaan ajaib menahan kencing itu tetap saya lakukan. Saya pikir enggak ada masalah apa-apa yang terjadi karena menahan kencing, toh saya juga sudah membiasakan diri banyak minum air putih untuk mencegah susah buang air kecil. Enggak ada alasan khusus kenapa saya terbiasa menahan kencing, iseng saja. Tapi rupanya keisengan saya malah menimbulkan masalah yang bikin saya jantungan. Saya dinyatakan kena infeksi saluran kemih!

Bukan main, kaget lah saya waktu itu (sayang banget hasil tes urinnya sudah hilang, maklum sudah lama buangettt). Memang sih terdengar sepele, tapi kenyataannya enggak begitu, tuh! Daerah panggul dan pinggang terasa panas, saat kencing terasa terbakar dan nyeri, kencing bercampur darah dan ada rasa tak tuntas setiap kali BAK yang rasanya sama sekali enggak nyaman. Dokter bilang bahwa penyebab sakit saat buang air kecil yang berakibat infeksi itu gara-gara kebiasaan menahan kencing dan juga kurang tertib saat membersihkan organ intim, terutama setelah buang air kecil. Aduh!

"Lha wong cuma infeksi dikit, sama kan kayak anyang-anyangan biasa?" ya enggak dong sist! 

Bakteri E.Colli yang menempel di saluran kemih dan bikin infeksi. Lucu sih, tapi bikin susah bumil! (Google)

Jadi begini lho, biar saya jelaskan sedikit tentang infeksi saluran kemih dan efeknya pada baby yang sedang dikandung. Adanya infeksi dalam saluran kemih dan kandung kemih disebabkan bakteri jahat dari luar badan yang masuk dan kemudian berkembang. Menahan kencing bikin pakaian dalam lembab dan disanalah tumbuh subur berbagai macam bakteri yang menyebabkan infeksi di saluran kemih. Belum lagi urin yang notabene sisa metabolisme tubuh lengkap dengan sisa-sisa racun makanan malah 'diendapkan' di kandung kemih alih-alih dibuang melalui kencing, bisa dibayangkan bukan efeknya untuk tubuh?

Infeksi saluran kemih yang sudah parah berisiko membahayakan nyawa ibu dan bayi yang sedang dikandung, enggak mustahil kalau si janin akan berhenti berkembang dan akhirnya meninggal dalam rahim. Itulah kenapa dokter kandungan saya waktu itu benar-benar serius mengobati infeksi saluran kemih saya dengan memberikan beberapa jenis obat, serta memberikan daftar do & don't yang harus saya patuhi kalau ingin sembuh dan menyelamatkan bayi dalam kandungan.

Proses Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Mendengar penjelasan dokter kandungan mengenai masalah yang akan muncul kalau infeksi saluran kemih saya makin parah, mau enggak mau bikin saya lebih waspada dan lebih gencar lagi mencari solusi untuk mengobati anyang-anyangan versi akut yang saya alami ini. Salah satunya adalah air soda, yes memang kedengarannya agak primitif atau apalah, tapi seriusan saya penasaran banget apa benar ada hubungan antara air soda dengan susah buang air kecil?

Kiri:Kandung kemih normal, kanan:kandung kemih anyang-anyangan tak bisa berfungsi normal (Google)

Karena penasaran, akhirnya saya pun cari tahu tentang cara mengatasi anyang-anyangan dengan menggunakan air soda dan eng-ing-eng! Muncullah beberapa informasi mengenai cara mengobati susah buang air kecil pakai baking soda dan enggak main-main, dalam artikel tersebut dicantumkan jumlah yang lumayan banyak buat mengobati anyang-anyangan, yaitu satu sendok teh baking soda dicampurkan segelas air dan diminum tiap hari saat perut kosong selama satu minggu. Gilingan! Mau obatin sakit kencing apa bikin apem nih banyak banget baking sodanya?

Memang sih katanya senyawa alkali yang satu ini bisa mengurangi tingkat keasaman pada urin sehingga mendorong tubuh lebih mudah untuk mengeluarkan urin, tapi kok ya agak horor gitu. Kalau nanti malah sakit maag gimana? Apalagi belum ada penelitian ilmiah tentang solusi obat anyang-anyangan yang satu ini. Intinya, not recommended.

Saya pun balik lagi ke dokter untuk berkonsultasi yang lebih banyak, perihal air soda sudah masuk blacklist ya ibuk-ibuk, secara belum ada penelitian ilmiahnya jadi belum jelas baik buruknya buat kesehatan. Dalam konsultasi kedua, dokter juga menjelaskan beberapa buah yang baik untuk mengobati anyang-anyangan, diantaranya semangka, jeruk dan satu buah yang sangat asing di telinga, yaitu Cranberries. Satu-satunya cranberry yang pernah saya dengar cuma The Cranberries yang bawakan hits Zombie itu, heheh. Diantara buah-buahan yang disebutkan, dokter bilang bahwa buah cranberry yang paling oke buat mengatasi anyang-anyangan dan mengobati infeksi saluran kemih. 

Cranberries obat anyang-anyangan & The Cranberries (Google)
Mau dimakan langsung atau dibuat jus, sama saja dan yang penting adalah hasilnya sangat bagus untuk saluran kencing. Waktu itu saya enggak ambil pusing perihal buah cranberry, karena masih ada  cara mengatasi anyang-anyangan dengan opsi buah lainnya yang lebih mudah ditemukan buat mengobati gejala ISK yang saya derita. Terus terang, dulu itu rasanya repot sekali ikut arahan dokter untuk terapi pengobatan, ditambah obat khusus untuk ibu hamil sulit didapatkan karena saya ada di pelosok. Mau bolak-balik ke dokter juga yaa..you know lah. 

Sedih, dan nyesel, kalau saja enggak punya kebiasaan nahan kencing, saya enggak perlu membahayakan janin akibat infeksi saluran kemih dan harus mengatasi susah buang air kecil pakai cara yang merepotkan. Qadarullah, saya pun sembuh dan terbebas dari risiko kehilangan buah hati akibat infeksi saluran kencing.

Khasiat Prive Uri-Cran & Berhenti Menahan Kencing

Kapok! akhirnya saya kapok betulan buat menahan kencing dan memilih buat 'normal'. Setiap merasa ingin kencing, enggak usah menunggu sampai kebelet lagi, langsung ke toilet. Cara membersihkan organ kewanitaan juga berubah, jika biasanya dari arah belakang ke depan, sekarang saya terbiasa membersihkan dari bagian depan ke belakang dan tidak menggunakan permukaan tisu atau handuk yang sudah digunakan untuk mengelap dua kali. Ditambah dengan minum air yang cukup dan makan makanan yang bergizi, hasilnya? Alhamdulillah, anyang-anyangan tak lagi saya rasakan. 

Walaupun sekarang sudah tak pernah menahan kencing lagi, saya masih penasaran dengan khasiat dari buah cranberry yang sempat disebut-sebut oleh dokter kandungan saya tempo hari. Sebagai emak-emak yang sudah kenal internet *Eaak* akhirnya saya Googling dan menemukan segambreng manfaat yang oke punya dari cranberry seperti dalam gambar :

Manfaat cranberry untuk kesehatan

Siapa yang menyangka kalau ternyata buah beri-berian ini punya khasiat yang luar biasa dan bahkan sudah ada produk praktis buat bumil dan orang-orang yang bermasalah dengan anyang-anyangan yang namanya Prive Uri-Cran. Agak kesel sih, kenapa dulu produk semacam Uri-Cran ini belum ada di daerah saya? sampai-sampai bikin saya repot pisan buat obati anyang-anyangan akut pas hamil dulu. Hicks.

Buat persiapan hamil berikutnya (someday, aamiin sih. Hahahh) dan juga buat jaga-jaga karena anyang-anyangan juga bisa terjadi pas kita bepergian jarak jauh, saya mau nyimpen info tentang Prive Uri-Cran disini, jadi ada dua varian Uri-Cran, yaitu Prive Uri-Cran dan Prive Uri-Cran Plus.

Prive Uri-cran berbentuk kapsul dan mengandung 250 mg Ekstrak cranberry dalam setiap kapsulnya.
Prive Uri-cran Plus berbentuk sachet. Mengandung 375 mg ekstrak cranberry plus probiotik dan Vit C recommended sekali untuk bumil dan busui. Aman cynt!
Selain jaga-jaga dengan nyetok Prive Uri-Cran di rumah untuk mengatasi susah buang air kecil, saya juga menghindari berbagai hal yang bisa menjadi penyebab anyang-anyangan seperti menahan kencing lama-lama tanpa alasan yang jelas, kurang higienis saat membersihkan diri setelah BAK dan BAB, plus menjaga kebersihan toilet supaya bebas bakteri penyebab anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih. Selain itu, perbanyak minum air putih dan jangan lupa makan buah-buahan, dijamin bebas deh dari anyang-anyangan! Well, setelah membaca kisah saya yang kena infeksi saluran kemih gegara iseng nahan kencing, dan penjelasan singkat tentang buah craberry, makin yakin dong ya bahwa yang Prive Uri-Cran Itu Solusi Anyang-Anyangan yang Betul. Bukan Minum Air Soda!

6 comments:

  1. Waaahhh, makasii banget artikelnya mba Nuniek.
    Iya nih, saya juga udah minum Prive Uri-Cran dan efektif banget menggempur anyang2an :)
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. wah sebetulnya anyang2an juga bisa akrena kurang minum ya. Dulu aku sering dan bolak balik ke dokter dan saat dinasehatin suruh banyak minum dan tak pernah lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess, sama harus teliti jaga kebersihan organ pribadi

      Delete
  3. komplit banget infonya mbak,,UriCran is our hero :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Uricran ini obat yang rasanya paling enak. heheh

      Delete

Prive Uri-Cran Itu Solusi Anyang-Anyangan yang Betul. Bukan Minum Air Soda!

Prive Uri-Cran Itu Solusi Anyang-Anyangan yang Betul. Bukan Minum Air Soda! - Pernah dengar enggak sih kalau lagi sakit anyang-anyangan i...