Thursday, 12 May 2016

Siapa Daeng Soetigna? Orang Sunda Wajib Tahu!

Sudah buka Google Indonesia hari ini? Kita akan disuguhi doodle bernuansa warna kuning kecokelatan, yang memuat tulisan Google dari bilah-bilah bambu, lengkap dengan seorang pria tinggi kurus dengan setelan resmi dan sepasang bocah lelaki perempuan, satu hal yang sama dari ketiga ilustrasi tersebut adalah benda yang mereka pegang, apakah benda itu? Angklung.
Siapa Daeng Soetigna?

Seperti yang kita tahu, angklung itu alat musik dari Jawa Barat. Terbuat dari bambu dan dilubangi serta diraut sedemikian rupa hingga menimbulkan bunyi-bunyian khas saat digoyangkan ke samping. Angklung tradisional awalnya hanya memiliki nada pentatonis, yaitu hanya memiliki lima nada pokok. Tangga nada ini berlaku untuk Karawitan Sunda dan Jawa (da, mi, na, ti, la, da). Jadi dulu, angklung hanya bisa memainkan kawih-kawih Sunda saja.

Nah, pria yang ada di Google Doodle hari ini yang mendobrak tradisi dan menciptakan angklung modern dengan tangga nada diatonis (do, re, mi, fa, sol, la, si, do). Sehingga angklung tak hanya bisa memainkan kawih tradisional, namun juga bisa memainkan lagu-lagu internasional! Wow!

Siapakan sosok tersebut? Beliau adalah Daeng Soetigna. Seorang keturunan bangsawan Sunda kelahiran Garut, 13 Mei 1908. Beliau memodifikasi angklung pentatonis menjadi diatonis, serta menjadi komposer untuk banyak sekali lagu-lagu angklung. Musik-musik indah yang dialunkan dengan menggunakan alat musik bambu saat ini, salah satunya tentu hasil aransemen pria yang wafat 8 April 1984 ini. 

Semasa hidupnya, Daeng Soetigna merupakan seniman yang total mengabdikan hidup sebagai pecinta seni Sunda, setelah pensiun sebagai PNS beliau mengajar angklung ke berbagai sekolah dan juga aktif dalam berbagai pentas orkestra angklung. Berkat totalitasnya, pemerintah menggelari beliay dengan Satya Lencana Kebudayaan dari Presiden RI.


5 comments:

  1. Wah.. ilmuu baru. saya belum tahu nih hehehe :) terimakasih bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. Wiih, aku pun baru tahu lho tentang Beliau, thank you ya udah sharing disini :*

    ReplyDelete
  3. Aku baru tau lho teh. Hebat ya Daeng Soetigna. Makasih ilmunya yaa :) baca da-mi-na-ti-la-da jadi inget pelajaran karawitan pas smp hihi

    ReplyDelete
  4. Wah, keren! aku baru tahu Teh... :)

    ReplyDelete

Prive Uri-Cran Itu Solusi Anyang-Anyangan yang Betul. Bukan Minum Air Soda!

Prive Uri-Cran Itu Solusi Anyang-Anyangan yang Betul. Bukan Minum Air Soda! - Pernah dengar enggak sih kalau lagi sakit anyang-anyangan i...