Sunday, 3 April 2016

Kumpulan Resep Masker Madu DIY (Tutorial)

Madu adalah rajanya obat, semua penyakit bisa diikhtiarkan dengan mengkonsumsi madu secara rutin. Yang menariknya dari madu ini adalah, tak akan kedaluwarsa! Bahkan madu yang sudah berusia 100 tahun masih bisa disantap dan rasanya masih segar lho! Ternyata penyebab madu bisa awet sampai puluhan tahun itu karena kecilnya kemungkinan mikroorganisme berkembang, sebab kerendahan aktivitas air dalam madu yang hanya sekitar 0,6 saja. 

kumpulan resep masker madu DIY
Kumpulan resep masker madu DIY

Madu ini dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga, bentuknya kental seperti sirup. Warnanya bervariasi, dari kuning cerah, oranye kecokelatan, sewarna emas hingga kehitaman (madu pahit). Adanya unsur Monosakarida fruktosa dan glukosa dalam madu, membuat rasa si madu ini unik dan berbeda dengan gula atau pemanis sejenis. 

Selain oke untuk dijadikan obat, campuran jamu dan berbagai olahan sehat lainnya, madu juga bisa dijadikan skincare juga lho! Mau tahu caranya? Yuk simak beberapa resep masker madu yang bisa dibuat sendiri di rumah. Gampang banget kok!

Macam-macam warna madu

- Masker Untuk Menghilangkan Jerawat dan Mencerahkan Kulit

Bahan yang dibutuhkan adalah setengah butir lemon matang (yang berair banyak), dan dua sendok kecil madu. Peras lemon dalam sebuah mangkuk kecil lalu campur dengan madu. Setelah tercampur rata oleskan merata pada wajah yang sudah bersih. Diamkan selama kurang lebih dua puluh menit lalu bilas dengan air bersih.

- Masker Untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Hampir sama seperti bahan untuk masker sebelumnya, hanya saja ditambah dengan minyak kelapa. Jauh lebih bagus kalau minyak kelapa yang digunakan adalah VCO alias Virgin Coconut Oil.

- Masker Untuk Kulit Berminyak

Nah, kalau yang ini untuk kulit berminyak nih. Siapkan satu sendok makan madu murni, campur dengan satu buah kuning telur (ayam kampung). Lalu campur sedikit oatmeal sampai menjadi pasta yang lumayan kental, oleskan merata pada wajah dan leher. Diamkan selama setengah jam lalu basuh dengan air hangat.

- Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Yang satu ini cocok banget untuk aku nih, hehe. Memang agak ribet dan butuh lebih banyak bahan, tapi worth it kok dengan hasil yang akan kita dapatkan! Siapkan satu sendok teh bubuk pala, satu sendok teh bubuk kayu manis dan dua sendok madu plus air perasan lemon secukupnya. Campur sampai menjadi kental dan bisa dioleskan di wajah, diamkan lalu basuh dengan air hangat ya!

Masker yang sedang aku ikhtiarkan seminggu belakangan ini adalah masker madu doang. Cara pakainya juga super easy, hanya tinggal memanaskan satu sendok makan madu di atas api lilin. Jangan lupa cuci muka dengan air hangat dulu supaya pori-pori terbuka dan saat madu hangat kuku oleskan di wajah. 

Dulu pas aku kena cacar, bekasnya kan item-item tuh di wajah dan pakai masker madu ini rutin tiap malam, Alhamdulillah bekasnya hilang dan wajah juga jadi bersih. Sekarang mau dicoba lagi biar bekas jerawat bisa minggat! Hehe.

Terima kasih sudah mampir, baca juga Hadiah yang Paling Cocok Untuk Cowok.

8 comments:

  1. harus nyoba nih.. wajahku ada bekas jerawatnya..
    etapi stok madunya pas lagi kosong.. -_-

    ReplyDelete
  2. Kayaknya lebih ok kalau madu asli yaa. Susah cari madu asli
    Makasih infonya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai madu yang di apotek atau toko herbal juga boleh mbak,
      yukk sama-sama, semoga bermanfaat

      Delete
  3. Ternyata madu juga bisa di gunakan sebagai masker wajah ya mbak, hebat sekali .. mesti di coba ... terima kasih ya mbak infonya ...

    ReplyDelete
  4. Saya tidak pernah pakai masker madu, tapi setelah membaca artikel ini saya jadi berminat untuk mencoba. Makasih

    ReplyDelete

Begini Jadinya Kalo Sadako Keluar di TV Indonesia

Begini Jadinya Kalo Sadako Keluar di TV Indonesia - Habis Nonton The Rings, tetiba kepikiran gimana jadinya kalo Sadako keluar dar...