Friday, 29 April 2016

Fenomena Dear Mantan : Kenapa Harus Minta Maaf?

sumber : tertera di pict

Pernah lihat meme sejenis di timeline Facebook? atau yang lebih dulu heboh di Instagram dengan #mintamaafsamamantan? Apa sudah ikut bikin juga? Menyatukan dua foto, before dan after, lalu diberi caption di foto, "Dear mantan, maafin aku yang dulu yah?"

Rata-rata yang dipajang itu foto jadul yang masih kumel dan kucel, disandingkan sama foto kekinian yang sudah glowing dan di touch up oleh puberty. Banyak yang sukses menyandingkan foto transformasi masa culun ke masa gahoel, tapi tak jarang pula banyak yang failed. Dari yang fail dikit-dikit (beda foto dulu sama sekarang bedanya cuma karena pake aplikasi edit foto), sampai yang fail bangettt (foto dulu sama sekarang sama sekali enggak ada bedanya, atau malah jadi makin butek penampilannya).

Kenapa sih harus pakai "Dear mantan, maafin aku yang dulu yah?" di fotonya? Maksudnya apa, aku gagal paham sebenarnya. Mungkin maksudnya : "Maaf dulu kamu musti pacaran sama aku yang burik dan kumel ini, ya? sekarang aku cakep lho. Mau balikan?"

Entah deh, mungkin sih niat awalnya itu : "Hey mantan, lihat nih sekarang aku kece badai. Kamu nyesel gak?" Well, kalau mau gitu, captionnya jangan begitu atuh! Kalau malah minta maaf sama mantan, seakan kita yang salah dan sudah bikin malu si mantan dengan memiliki track record pacaran dengan kita di masa lalu. Huhuuu.

Seperti biasa, berbarengan dengan fenomena Dear Mantan ini ada meme tandingan. Beberapa diantaranya ada di bawah, gambarnya aku comot di IG dan di Google, ya kawan :

Dear Allah, maafin aku yang dulu.
Minta maaf sama Allah saja, atas semua kekhilafan yang sudah kita perbuat. Atas hubungan cinta yang tak halal, aurat yang belum sempurna tertutup dan mulut yang masih demen nyablak seenak jidat. *Weleh, malah ceramah nih* Hush, saling mengingatkan saja. Toh aku juga masih suka nyinyir, tapi seenggaknya kita bisa sama-sama berproses taat dari hari ke hari. Dear Allah, please forgive us then, now and the future

Maaf ayah, aku dulu tak berhijab
Yang satu ini juga kubilang permohonan maaf yang tepat. Tahu kan kalau anak perempuan yang enggak menutup aurat itu, dosanya ditambah ke beban ayah? Jadi rasanya tidak berlebihan kalau kita minta maaf pada ayah atas kekhilafan kita, dan jangan lupa bertaubat. Pakai jilbab dan ikrarkan hati untuk mengenakan jilbab dimanapun-kapanpun. Bukan cuma demi ayah atau suami, tapi juga demi diri kita sendiri.

Sayangnya, ada beberapa teman yang salah kaprah. Mereka memajang foto tanpa jilbab yang disanding foto mereka kini, yang sudah berjilbab dengan caption seperti tertulis di atas. Hmm, mendingan lekas dihapus saja mungkin ya? Katanya menyesal pernah buka aurat, eh malah dipajang lagi fotonya. Kan jadinya malah pencitraan doang.

Dear mantan, maaf kesalip yaa!

Ini meme yang paling baper! Gimana enggak, di-dear mantan-in sama mantan yang mau menikah, sementara kita sebagai mantannya masih begini-begini saja. Parahnya lagi masih ada yang gagal move on dan demen stalking IG si mantan. Sadar! Dia sudah mau menikah. Lepaskan, ikhlaskan. Daripada nanti baper sendiri lihat kebahagiaan manten anyar. Mendingan lupakan masa lalu, ya kan?

Selain meme-meme di atas, ada juga banyak meme kocak dear mantan lainnya. Kita bisa searching sendiri di internet, dengan keyword 'dear mantan' atau 'meme kocak dear mantan'. Tak usah terlalu diambil hati yaa fenomena beginian, jangan sampai berlebihan ikut-ikutan demi viral di medsos.

Ingat fenomena geng Pegasus? nah, kita belajar dari situ saja yaa. Bercanda boleh, iseng-isengan bikin meme begini boleh, tapi jangan over juga. Apalagi sampai mempermalukan diri sendiri atau orang lain.

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa baca juga 5 Jenis Usaha yang Cocok Untuk Jomblo.

27 comments:

  1. aku kadang ngakak sendiri liat meme meme dear mantan gini XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan, hiburan. Aku juga suka lihat-lihat, hehe

      Delete
  2. Hmm iya nih lucu sekali dear mantan, tapi mungkin bentuk protes atau mungkin mnatannya masih ngarep untuk balikan atau hanya ingin memberi tahu bahwa sekarang dia sudah lebih oke jadi intinya pengen buat si mantan nyesel sudah putusin dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhu, iya. Semua orang punya kesempatan untuk berubah, jadi lebih kece.

      Delete
  3. Semoga tidak lantas mengaburkan esensi dari maaf dan saling memaafan baik yang dimaafkan maupun yang meminta maafnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hu-um. Gimana pun juga, maaf jadi gerbang untuk perdamaian.

      Delete
  4. Bener banget, meme ini kemaren ngehitz banget. Bahkan, aku sendiri sampe bingung awalnya. IYa, gak tau bahas apaan. Dan setelah bertanya, owalah tentang IG.

    Emang, sih. Meme kek gini selalu bikin ngakak gak jelas. Suka aneh2 soalnya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka adaaaa aja yang bisa bikin plesetannya, :D

      Delete
  5. rame banget ini kemaren di ig.. kocak bener dah :D , kreatif.
    siapa yang pertama bikin ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, tau-tau udah rameee aja..hihi

      Delete
  6. jadi, ada ndak nih kira2 lagu dangdut judulnya dear mantan? ngohaha..

    ReplyDelete
  7. meme-meme dear mantan memang lagi ngetrend banget. hahahaha, kasihan itu ya foto terakhir. maaf nya terselit diantara kata nikah duluan. ngenes banget...

    ReplyDelete
  8. aku malah gak ngerti ada beginian, lagian juga buat apa coba begituan.
    kalo yang berjilbab sama yang dulu ga berjilbab bener juga ngapain di pajang foto yang auratnya gak tertutup, aneh aneh aja.
    duh yang terakhir nikah duluan ngena, kampret.. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. yapp, percuma minta maaf karena gapake jilbab tapi masih dipajang juga yang gapake jilbab, huhu

      Delete
  9. Aku udah lama uninstall IG, jadinya tau fenomena ini dadi twitter. Aneh-aneh aja ya. Ini minta maafnya bukan minta maaf yang nggak baik. Ada kesan mau bikin si mantan jadi nyesel :'D

    ReplyDelete
  10. Wkwkkkk... Bingung sama fenomena ini. Ketawa aja ah. Rugi yah minta maap ma mantan. Ish ga banget deh. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta maaf sudah maksa cinta-cintaan, hihi

      Delete
  11. Wehhheee aku mau bikin kek gitu malu mbak. Xixiixixi ga trlalu ngerti jluntrungnya hheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendingan bikin postingan blog ajaah, hihi

      Delete
  12. Kesalip mantan terus dapet undangan pula *tsurhat* ehehe

    Saya cuma nyimak aja, sambil ngikik lihat tulisan ataupun meme tentang dear mantan Mbak :)

    ReplyDelete
  13. Pertama liat meme ini di IG-nya Pak Ridwan Kamil haha, eh sekarang-sekarang ini lagi ngehits banget :D

    ReplyDelete
  14. Aku kok nangkepnya itu semacam masih ngarep sama mantan muehehe itu maaaf aku nikah duluan nyesek ya hahaha

    ReplyDelete
  15. Akupun sebenernya ga mudeng maksd minta maaf ama mantan ini mbak.. smingguan ga buka medsos, kok tiba2 lgs heboh soal minta maaf mantan ini :D.. pada aneh2 lagi meme nya.. makanya semua postingan yg ttg minta maaf ke mant an ini rata2 aku baca smua, pgn tau asal mulanya dari mana :D

    ReplyDelete

Rekomendasi Tempat Kerja yang Cocok Buat Kamu yang Kreatif Tapi Bosenan

Rekomendasi Tempat Kerja yang Cocok Buat Kamu yang Kreatif Tapi Bosenan  - Kamu freshgraduate? Atau baru keluar dari perusahaan karena ribu...