Thursday, 14 April 2016

Cara Bikin Manisan Agar-Agar Kering Legendaris

Manisan agar-agar kering ini salah satu jajanan kesukaanku lho! Pasti teman-teman seangkatan (90an) juga pada tahu deh cemilan warna-warni ini. Dulu sih aku belinya di Mak Uri, tukang pecel langganan keluargaku. Bungkusnya pakai kotak plastik yang bening itu lho, yang kanan kirinya suka pakai steples biar rapet. 

Manisan Agar-Agar Kering (image:catatan Lyvie)

Harganya aku lupa, soalnya waktu itu masih kecil buanget, umur 3-5 tahun. Setelah pindah ke Cipaku, aku makin jarang ketemu cemilan ini, cuma sesekali saja aku santap. Nah, baru saja aku jalan-jalan di beranda Facebook, eh ada yang ngeshare resep Agar-Agar Kering Legendaris! 


Wow, girang banget aku! Secara, sudah beberapa kali aku coba Googling buat cari resep agar-agar ini, tapi enggak ada juga. Selama ini aku Googling pakai keyword agar-agar lapis gula, aku baru tahu ini namanya MANISAN AGAR-AGAR!

Nah, mumpung resepnya ketemu dan aku memang suka sama cemilan ini, mendingan aku share saja disini ya? Biar enggak lupa gitu deh!

Bahan : 

- 3 bungkus agar-agar (warna sesuai keinginan)
- gula setengah kilo
- air bersih 800ml


- masukkan agar-agar dan air plus gula, didihkan sampai gula larut
- terus masak agar-agar sampai mengental
- matikan api dan masukkan ke dalam cetakan. Boleh pakai baki (tebal agar-agar setebal buku jari), atau masukkan ke dalam cetakan agar-agar yang mungil-mungil biar unyu
- biarkan mengeras
- lepas dari cetakan (kalau di baki potong-potong dadu sesuai selera), susun di nampan dan jemur di bawah sinar matahari
- jemur tiap hari sampai kering betul dan hasilnya krispi (kurang lebih satu minggu)
- masukkan toples deh!

 Kyaaaaa, gampang buangetttt!! Besok bisa langsung eksekusi nih, kebetulan di rumah ada agar-agar sebungkus lagi, nganggur. Yaa walau hasilnya bakalan dikit banget, tapi seenggaknya bisa praktek resep kan ya? 

Nah, terima kasih sudah mampir yaa, jangan lupa baca juga Daftar Lagu Baper Paling Hits.

18 comments:

  1. Wiihhhh enak itu mbak manisannya hhee

    ReplyDelete
  2. Saya kok nggak menangi ya mbak Nunik, apa mungkin itu jajanan anak-anak karena tahun 90-an saya sudah SMA? :)

    ReplyDelete
  3. ooo gitu toh caranya, saya suka banget sama manisan agar2 ini. lain waktu mau nyoba ah...

    ReplyDelete
  4. Pengen nyoba makasi resepnya mba ^^

    ReplyDelete
  5. oooh...ternyata cuma gitu to. sederhana ya mbak. paling tantangannya adalah pas njemur dikerubuti semut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia...sama nunggu seminggunya itu loh..

      Delete
  6. terima kasih ya resepnya, akan saya coba :)

    ReplyDelete
  7. Jajanan kesukaan pas masih bocah ini :3 jadi bedanya cuma di jemurnya itu ya ternyata hee. Mau coba ah, thanks resepnya teh Nunik :)

    ReplyDelete
  8. Ini aku lahiran 96 yg masih beruntung bgt ngerasain jajanan kaya gitu. Aaah jd kepengen makan jajanan jaman dlu.

    Hihi resepnya pas bgt nih dicoba dirumah,jd kalo kangen jajanan sd yg kaya manisan agar2 bisa bikin sendiri lbh enak hehe. Makasih mba udh share info ini :).

    ReplyDelete

Model dan Jenis Sepatu Boots Wanita Masa Kini

Model dan Jenis Sepatu Boots Wanita Masa Kini  Model dan Jenis Sepatu Boots Wanita Masa Kini - Boots yang dulunya identik dengan k...