Wednesday, 20 April 2016

Cara Bikin Cheese Cream Rumahan yang Murah Meriah

Cara Bikin Cheese Cream Rumahan yang Murah Meriah - Niat hati mau eksekusi resep cheese cake lumer, apa daya lihat harga krim keju di supermarket bikin eungap. Kalau untuk porsi seorang dua orang, sebotol ukuran 250 gram oke lah masih bisa dibagi-bagi, lah buat enam orang? dengan porsi makan yang luar biasa? bisa jebol celenganku, sampai ke remah-remah (recehnya) juga ikut diangkut.

Nah, insting IRT ngiritku mulai kenceng...gimana caranya biar bisa bikin cheese cake lumer yang full keju, tapi biayanya lebih irit. Pemikiranku ini juga diprovokasi postingan jual cheese cake lumer punya temen FB. Harganya untuk kotak satu liter itu cuma 35 atau 47 ribu gitu, murah banget kan? Enggak mungkin kalau mereka pakai krim keju aselik.

Hmm pasti ada konspirasi di balik ini semua, hmmm *zoom in-zoom out* *dung tararara dung* Apasih? Gini nih kalau tiap hari dicekoki backsound Uttaran...terngiang-ngiang terus!

Alhasil aku googling dan ketemu deh beberapa resep cheese cream rumahan, hayuk dicatat-catat dulu siapa tahu ada yang butuh juga. Selain buat kue keju lumer, bisa juga buat tambahan saus spagheti atau topping pizza, kok!


cara membuat cheese cream homemade (pict by craftsy)

Cara Bikin Krim Keju 1 :

Bahan-bahan

Bahan A : 
1 1/2 gelas air
6 sdm susu bubuk
1 telur
50 gr keju (katanya bisa diganti 5 buah wafer keju, tapi mungkin rasa kejunya jadi kurang gurih ya?)
2 sdm penuh tepung jagung atau terigu
Garam secukupnya 

Bahan B : 

Sitrun secukupnya (secubitan)
1/3 gelas minyak goreng

Langkah

Blender semua bahan A hingga rata, kemudian masak sambil diaduk-aduk sampai kental seperti adonan.
Angkat, biarkan dingin,
Blender rebusan bahan A bersama bahan B kurang lebih dua menit, kalau terlalu kental boleh campur air selama proses blendernya.
Masukkan dalam wadah tertutup dan simpan dalam kulkas.

Note : keju ini bisa tahan kurang lebih tiga sampai empat hari dalam lemari es.

Cara Bikin Krim Keju 2

Bahan:

1300 ml susu segar atau susu UHT
200 ml krim kental (whipping cream, ada yang murah merk Pondan, tapi bubuk. Jadi harus diolah dulu baru bisa jadi krim kental)
2 sendok makan yogurt tanpa rasa
4 sendok makan air jeruk lemon atau jeruk nipis 

Langkah :

Masukkan susu cair dan krim kental ke dalam panci, diaduk rata. Tambahkan air jeruk lemon, aduk lagi sampai rata.
Dengan api sedang, rebus larutan susu sambil diaduk-aduk dan susu menggumpal, sampai terpisah dari airnya. Angkat panci, dinginkan.
Siapkan baskom plastik berlubang (saringan), alasi dengan sehelai kain tipis berwarna putih. Pakai kain untuk membungkus tahu, aku enggak tahu juga sih nama kainnya apa...tanya di toko kain mungkin ada.

Nih penampakannya (pict by shesimmers)

Saring gumpalan susu. Lalu cuci gumpalan tersebut pakai air mengalir supaya bau lemon dan rasanya hilang. Bisa dilakukan 2 atau 3 kali.
Tiriskan gumpalan susu sampai airnya habis betul, terus masukkan food processor atau mixer, tambahkan yogurt lalu proses deh sampai halus.
Selesai? belooom!
Setelah diproses sampai halus dan tercampur rata, pindahkan krim ke dalam kain (bekas menyaring tadi), ikat ujung-ujungnya dan gantung pakai tali. Jangan lupa pakai mangkok di bawahnya ya? untuk menampung air yang menetes. Diamkan selama kurang lebih enam jam.
Nah, setelah airnya habis kita bisa tuangkan krim keju ke dalam wadah (yang ada tutupnya) dan simpan dalam kulkas. Krim keju ini bisa awet sampai satu minggu.

Note : air bekas menyaring keju bisa dipakai buat bikin sup atau jus, soalnya masih cukup bergizi. Sayang kan kalau dibuang?

Wah, cara yang kedua agak ribet ya? tapi hasilnya jauh lebih meyakinkan daripada cara yang pertama. Tetapi yang jelas keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, tergantung gimana kita melihatnya saja sih, ya kan? mana yang lebih kita suka, mana yang menurut kita lebih baik untuk dipraktekkan, ya itu yang kita pilih.

Oke deh, selesai sudah catet-catet resepnya. Tinggal menunggu hilangnya rasa males untuk eksekusi, hihi. Terima kasih sudah mampir, jangan lupa baca juga Manisan Agar-Agar Kering Legendaris.

10 comments:

  1. Mantap mba resepnya pengen banget rajin kayak Mba apadaya si M selalu datang ahahaha

    ReplyDelete
  2. Adikku suka ini pasti... Ntar ah nunjukin resep ke dia. Pasti dia pengen deh haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukkk bikin bikinnnn~~
      asyik yaa punya adik perempuan, bisa sharing-sharing..

      Delete
  3. Owalaaaah... Jadi belum dicoba? Padahal aku udah mau mampir ke rumahnya mba nunik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belooommm, hihi
      kan ituu si M belum juga pergi..

      Delete
  4. Wah kayaknya mantap sekali nih mbak, nanati saya mau mencoba membuatnya :)

    ReplyDelete
  5. Makasih gan :D bisa dipraktekin nih artikel Magical Fingers: Cara Bikin Cheese Cream Rumahan yang Murah Meriah
    Kujungi balik + Komentar yuk gan :D Cari Dulu | Tutorial Bermamfaat Membahas Komputer & Blogging

    ReplyDelete
  6. Makasih mba resepnya, mau saya coba buat menaklukan hari camer hihihi. Ohya Mba, udah ikutan lomba blog Paybill.id? Katanya menarik hadiahnya hehe ini link-nya http://bit.ly/SatuBlogPaybill Semoga beruntung!

    ReplyDelete

Prive Uri-Cran Itu Solusi Anyang-Anyangan yang Betul. Bukan Minum Air Soda!

Prive Uri-Cran Itu Solusi Anyang-Anyangan yang Betul. Bukan Minum Air Soda! - Pernah dengar enggak sih kalau lagi sakit anyang-anyangan i...