Sunday, 24 April 2016

5 Jenis Usaha yang Cocok Untuk Jomblo yang Ingin Maju

Bicara mengenai usaha dan status hubungan (jomblo), memang sedikit sensitif dan terkadang ada beberapa pihak yang kelewat menghayati sampai akhirnya baper sendiri. Jadi sebelum membongkar tuntas jenis-jenis usaha yang cocok untuk para single, sebaiknya disimak terlebih dulu peringatan di bawah ini :

Disclaimer : Mohon jangan baper atau tersinggung dengan kata-kata sensitif semacam jomblo, mantan dan ditinggal nikah yang tercantum disini. Percayalah, tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri kaum minoritas (atau mungkin mayoritas?) yang masih sendiri, supaya menjalani hidup yang lebih berkualitas dan terbebas dari phobia pertanyaan "Kok masih jomblo?" atau yang lebih ekstrim "Kapan kawin?". Psst, dengan menyimak tuntas artikel ini, siapa tahu dapat inspirasi untuk cepat melepas masa lajang!
Bagaimana? sudah siap? Yuk mari kita mulai bongkar satu per satu dari 5 jenis usaha yang cocok untuk mereka yang masih single. Gelar tikar, siapkan berondong jagung dan jangan mengobrol!

1. Usaha Kafe/Angkringan


ilustrasi Angkringan Tradisional (pict : Detik Travel)

Pernah melihat drama Korea "Coffee Prince"? Pemilik kafe adalah seorang lelaki single ganteng nan charming. Ia begitu fokus mengurus kafe dan  melupakan statusnya yang masih sendiri, tak ada waktu bergalau ria di media sosial, meratapi status dan cari perhatian dari lawan jenis. Alih-alih mempermalukan diri sendiri layaknya jones kebanyakan, ia lebih memilih untuk membangun usaha yang sesuai dengan passionnya, yaitu kafe kopi.

Kenapa kita tidak coba? Coba cek dulu apa sih passion kita? Makanan atau minuman apa yang jadi favorit kita dan inovasi apa yang akan kita terapkan, supaya usaha yang akan kita rilis mampu bertahan?

Usaha kafe terlalu high class dan butuh modal yang tak sedikit? coba angkringan! Gerobak jajanan khas Jogja ini terkenal sebagai tempat nongkrong yang low profile, kekeluargaan dan keakrabannya itu terasa banget! Walau kesannya 'jadul', tapi dengan inovasi pembaruan yang kekinian, maka angkringan tradisional bisa disulap jadi tempat nongkrong asyik buat anak muda.

Pict by : Custom Bagus

Misalnya kita buat angkringan dengan konsep 'single only', khusus pengunjung yang masih sendiri dan menu yang disajikan juga berbau-bau single. Tuh, bisa sekalian modus! Jangan lupa, buat promo untuk mengenalkan angkringan kita ini. Contohnya bagikan pin khusus di tempat umum, yang memuat informasi singkat mengenai angkringan kita tersebut. Mengapa pin? karena harganya ekonomis sekali, apalagi jika cetak banyak. Pin diameter 4,4 cm dihargai 3.325 Rupiah per pcs. Bahkan ada produsen yang bisa custom sendiri dengan estimasi pembuatan hanya seminggu saja. 

2. Usaha Merchandise

Jadi manusia modern harus pandai menangkap kesempatan, apalagi bagi yang masih jomblo dan belum punya tanggungan pikiran pacar yang minta perhatian ekstra. Coba lihat deh fenomena yang muncul di lingkungan sosial kita! Misalnya fenomena Boy-Revaan yang sampai detik ini masih digandrungi kawula muda (sampai ibu-ibu), atau serial Uttaran yang fenomenal. Ayo jadikan momen angin-anginan ini sebagai ladang usaha yang 'subur'.

Buat merchandise sendiri dengan tema yang tenar
Pict by : Custom Bagus

Buat merchandise spesial berbau tokoh-tokoh dalam serial drama yang tengah in, atau aneka merchandise klub-klub bola lokal maupun internasional.  Takut kena copyright? Plesetkan saja! Misalnya, buat case Iphone dengan tulisan "Uttaran Team", atau bantal hugable "Boy-Reva" dan baseball cap dengan bordir "Maung Bandung nu Aing". Asyiknya lagi usaha ini, tak perlu cetak/produksi besar-besaran kalau pembelinya masih terbatas, ada banyak kok produsen yang mempermudah usaha level newbie kita, dengan menyediakan layanan cetak/produksi satuan.


3. Reseller/Dropshipper

 Kalau yang ini cocok untuk single yang mager alias malas gerak, karena cuma berbekal ponsel dan internet unlimited, maka kita bisa memulai usaha. Dropshipper adalah orang yang menjual produk orang lain dengan nama olshop sendiri, tetapi masih berkaitan dengan produsen utama. Misalnya kita adalah dropshipper kaos dari merk "Bajuuinggaya", kita buat olshop sendiri dan promosikan jualan. Saat ada yang membeli, kita sampaikan pesanan pada produsen pusat 'Bajuuinggaya', lalu produsen pusat yang mengatur sisanya. Merekap pesanan, packaging dan mengirimkan pesanan atas nama olshop kita. Tak perlu stok barang, tak perlu takut rugi dan tak repot kirim-kirim, cukup ketak-ketik dan uang komisi dari produsen pusat nangkring di rekening.

cara daftar jadi reseller custom bagus
Program reseller Custom Bagus, hmm menggiurkan!

Lalu reseller, yang satu ini bisa dikatakan cabangnya produsen pusat. Ada dua sistem, sistem pertama membeli sekian banyak produk dan mendapat harga spesial dari produsen utama, lalu dijual kembali dengan harga normal, atau ditambah sedikit sewajarnya. Sistem yang kedua, mendaftarkan diri sebagai reseller dan mengikuti peraturan yang berlaku untuk berjualan. Kedua-duanya sama menguntungkan dan praktis kok!

Tapi kalau boleh menyarankan, menjadi reseller adalah pilihan yang sangat tepat. Karena kita bisa menunjukkan bukti bahwa kita reseller resmi dari pusat, dan menumbuhkan rasa percaya di hati calon pembeli. Secara, sekarang banyak olshop abal-abal yang menipu. Otomatis persaingan mencari kepercayaan antar penjual online semakin ketat, menjadi reseller terdaftar adalah salah satu jurusnya. Tertarik? Pelajari dulu Cara Jadi Reseller. Mudah kok! Tak perlu meet up sesama calon reseller, apalagi prospekan MLM berkedok meet up. Yang baru boleh pulang kalau sudah daftar jadi member. Sudah olangan wae, dipaksa member pula! Hicks, bisa hancur hati Hayati, bang!

4. Desainer Grafis Freelance

Yang satu ini memang butuh skill software illustrator,  atau setidaknya pintar menggambar ilustrasi dengan pensil atau aneka alat lukis lain. Tapi teteuuup, harus melek teknologi, lah iya! Bagaimana mau promo karya kita kalau gaptek? Kan kalau karya kita di atas kertas, harus di-scan supaya bisa di-post di aneka media sosial. Jangan lupa lengkapi dengan caption yang 'menghasut', iyaa menghasut supaya pakai jasa desain kita!

Untuk promosi usaha desainer grafis freelance ini biasanya ada diskon khusus, bisa 50% dari harga asli atau dengan membagikan desain gratis. Eitss tapi tidak cuma-cuma lho yaa, ada syarat yang harus diikuti, tapi jangan susah-susah! Misalnya saja syaratnya wajib follow sosmed kita, bantu reshare dan ajak teman untuk ikut follow, yang paling banyak ajak teman follow maka dapat desain gratis.


Kita bisa cetak contoh desain di kertas yang disisipkan dalam tumbler, praktis & efisien
Pict by : Custom Bagus
Mau lebih heboh dan fenomenal? tambah dengan souvenir khusus dengan info jasa desain kita. Misalnya dengan logo, atau kaligrafi artistik yang isinya akun medsos kita. Jadi, kapanpun dimanapun si pemenang membawa hadiah tersebut, dia dan orang yang kebetulan melihat logonya akan mengetahui jasa desain kita. Nah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, kan?

5. Usaha Souvenir Ultah, Baby Shower atau Wedding

Baby shower as known as pesta jelang kelahiran bayi
Pict by : Ideas hallmark
Yang satu ini butuh ajian kebal hati. Bagaimana tidak? status yang masih available dan tak tahu kapan akan taken, malah jualan souvenir wedding dan baby shower. Bisa tercabik-cabik batin jadinya!

Tapi tidak, jomblo masa kini tidak lemah dan tidak baperan. Demi masa depan yang lebih cerah dan hidup sementara sendiri yang lebih berkualitas, usaha apapun itu asal halal dan tidak merugikan siapapun, hajar!

Ada banyak cara untuk memulai usaha ini, bisa produksi sendiri atau membeli grosiran di produsen kemudian kita jual lagi. Rata-rata souvenir yang dicari untuk pernikahan adalah benda-benda yang unik, tapi memiliki manfaat. Misalnya saja kalender, gelas/mug, gantungan kunci dan magnet kulkas. Begitu pula untuk souvenir ultah dan baby shower, yang dipilih pasti benda yang bermanfaat. Supaya tak hanya sebagai buah tangan, namun juga sebagai benda yang memiliki fungsi.

souvenir baby shower pakai flashdisk custom? kekinian banget deh!
Pict by : Custom Bagus
Ingin memulai usaha ini? mudah saja, tapi syaratnya harus memiliki produsen souvenir sendiri. Resikonya ya kita harus punya modal besar untuk membeli mesin, bahan baku dan membayar pegawai. Belum lagi harus belajar mengoperasikan mesin, mencari desain souvenir yang bagus serta berkualitas, dan juga harus lapang dada saat gagal produksi. Belum cukup sampai di situ, kita harus mau memproduksi satu jenis sovenir saja. Huah! Bisa-bisa konsumen ngacir karena produk yang kita jual itu cuma satu jenis. Hari gini, kalau jualan harus total dan lengkap, termasuk souvenir!

Tenang! Ada masalah, ada solusi. Jika tak punya modal besar dan skill untuk membuat souvenir sendiri, kita bisa memilih produsen souvenir yang terkenal kualitas dan profesionalitas kerjanya, selain itu bisa custom desain sesuai dengan keinginan kita (konsumen). Syarat lainnya adalah memiliki informasi lengkap mengenai sistem kerjanya, masa produksi, pembayaran plus aneka info mengenai hak kewajiban antara produsen dan konsumen.

Custom Bagus adalah satu-satunya produsen souvenir yang memenuhi semua syarat tersebut! Mau cetak apapun, dalam media apapun, jumlah berapapun, bisa! Yang tak bisa cuma satu, mencetak figur 3D mantan terindah, maaf yang itu simpan rapat dalam relung hati yang paling dalam, ya!

Nah, jadi Custom Bagus ini lokasinya di Grogol-Jakarta Barat (bisa cuss lokasi kalau tak percaya), merupakan satu-satunya partner souvenir dan merchandise yang menyediakan sampai 100 produk yang bisa dipilih. Dari mulai printilan kecil seperti gantungan kunci dan kartu nama, sampai yang besar seperti helm pun bisa diproduksi disini! Bisa custom? ya iya dong! Boleh mengajukan desain khusus yang akan dicetak di souvenir atau merchandise kita.

Harga? ekonomis banget deh! Bayangkan, aneka tumbler dan botol minum harganya mulai 14 ribuan, sementara kaos sablon mulai dari 42 ribu, apalagi kaosnya bisa disablon dengan macam-macam sablon, seperi rubber, plastisol, pigment, high density dan lain-lain. Di tempat lain, ada yang layanannya lengkap seperti Custom Bagus?

***

Itulah dia 5 Jenis Usaha yang Cocok Untuk Jomblo yang Ingin Maju, mau pilih yang mana nih? Tetapi, usaha apapun yang akan kita pilih, awali dengan niat untuk memperbaiki kualitas diri dan etos kerja yang kita miliki. Bekerja untuk menafkahi diri sendiri dan mandiri, tak usah pikirkan status diri yang masih olangan alias menjomblo. Jika kita sudah menjadi pribadi yang lebih baik, mapan dan percaya diri, jodoh akan Tuhan kirimkan, kok!

So, tunggu apa lagi? Ayo bangkit dan jadi high quality jomblo!


40 comments:

  1. Replies
    1. Hihi, jangaaann mari jaga hati untuk yang sudah halal.

      Delete
  2. Nomor satu lumayan banyak pemilik cafe atau angkringan yang muda-mudah xD

    ReplyDelete
  3. Kok teh nuniek bisa baca pikiran aku sih? Wkwkwk aku emang mau merintis yang nomor lima, souvenir wedding. Sapa tau pas mantan gebetan nikah dia pesen souvenir ke aku kan lumayan hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi bonusnya hati yang celekitan, mantan gebetan mau nikah hicks sedihhh

      Delete
  4. wahh..menarik mba. Trims sudah sharing :)

    ReplyDelete
  5. cetak 3D mantan kira kira buat di jadikan apa? buat di hajar klo lagi kesal hehehe

    ReplyDelete
  6. Wuih idenya boleh juga tuh buat dicoba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo! jangan menyerah sama kesingle-an!

      Delete
  7. nomer satu goodest...setuju banget

    thanks, moga gue semaKin jadi singles yang mantap :D

    ReplyDelete
  8. Aseek niyy~ buka usaha guna membasmi kejombloan. Tsadessst qaqaaaa~~~

    ReplyDelete
  9. Nomor satu,proyek impian saya yg blm juga terwujud.simpel dan hasilnya wow..

    ReplyDelete
  10. sangat inspiratif
    mbaknya memang paling mengerti para jomblo
    :)))

    ReplyDelete
  11. Hheee jadi high jomblo quality dg berbekal jdi pebisnis ya mba ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, kalo udah sukses pasti gampang ketemu jodohnya, hehe

      Delete
  12. Aaakh, sebagai penikmat angkringan, dulu sempet berminat usaha angkringan sih, tapi belum kesampaian wkwk :D

    3D mantan terindah :( jangan deh ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seindah apapun, teteup aja namanya mantan. Hicks

      Delete
  13. 3D mantan boleh tu sist:D
    pengen punya angkringan sis, tp blm kesampean. sementara freelance dulu sambil belajar jualan :)
    salam kenal ya sist:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3D mantan buat disiram air keras, hihi

      yaa salam kenal juga dari Banjar :)

      Delete
  14. wah custom bagus lagi bagi" rejeki ya mbak... wah moga" kecipratan rejeki juga dah aamiin....

    ReplyDelete
  15. Keren dungs kalau dibuat usaha khusus buat jomblo atau yang pura-pura jomblo. Hehhee

    ReplyDelete
  16. GILA! TERIMA KASIH! GUE SEKARANG HARUS TAU HARUS NGAPAIN!

    Anyway, buka angkringan kayaknya paling pas deh buat gue. Mengingat gue punya banyak temen-temen jomblo. Kan asik kalau minum kopi di angkringan sambil inget mantan bareng-bareng.

    ReplyDelete
  17. Yang terakhir butuh mental lebih tuh. :))
    Kayaknya gue paling pas yang dropship itu deh. \(w)/

    ReplyDelete
  18. Judul artikel yang insfiratif, keren banget
    Kalau boleh usul buat jasa pacar sewaan juga ok mbk buat para jomblo.. haha

    ReplyDelete
  19. Judul artikel yang insfiratif, keren banget
    Kalau boleh usul buat jasa pacar sewaan juga ok mbk buat para jomblo.. haha

    ReplyDelete
  20. Ide buka warung angkringan itu bagus buat jomblo cewe mba, secara banyak cowo yang nangkring di angkringan kan.. Kalo jomblo cowo cocoknya usaha jual kosmetik kali ya hehehe

    ReplyDelete
  21. Kalau jadi reseller kayaknya cocok nih udah mudah, tanpa modal lagi :-) paling modal kuota.. tau sendiri kan yang jomblo tuh banyak kuota karena ingin cari gebetan :D

    ReplyDelete

Dengan Jarvis Store Semua Bisa Jualan Online!

Sebenernya sih saya ini punya bakat dagang, dari turunan mamah itu semuanya pedagang. Mamah saya juga pinter jualan, apa aja (yang halal) b...